Bangun Tidur Jangan Basuh Pakai Air Hangat, Ini Alasannya

Ilustrasi cuci muka.
Sumber :
  • Pexels/Leah Kelley

VIVA – Bangun tidur di pagi hari biasanya menjadi rutinitas tetap tiap orang dalam menjalani aktivitasnya yang dimulai dengan membasuh wajah. Sayangnya, banyak yang salah ketika hendak membasuh wajah saat baru membuka mata dengan air yang cenderung lebih hangat. Apa bahayanya?

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Dokter spesialis kulit, dr Matahari Arsy SpKK mengatakan, air dingin dan hangat sebaiknya digunakan sesuai kebutuhan kulit tubuh. Sejatinya, ada waktu di mana tubuh lebih membutuhkan air dengan suhu lebih dingin, termasuk saat bangun tidur di pagi hari. Kenapa ya?

"Air dingin membuat pembuluh darah kulit mengecil. Paling baik kalau pagi, untuk mengatasi bengkak wajah di pagi hari, boleh dengan air dingin," ujarnya dalam acara Hidup Sehat, TvOne, beberapa waktu lalu.

Pemprov Bali Bantah Komersialisasi Ritual Melukat Bagi Delegasi WWF

Ilustrasi bangun tidur.

Photo :
  • Freepik/freepik

Menurut dokter Tari, sapaannya, pemakaian air hangat sebaiknya untuk membasuh muka untuk menghapus riasan wajah. Air hangat berfungsi untuk melunturkan bahan-bahan makeup sehingga wajah akan lebih bersih.

Rey Mbayang Nyaris Meninggal saat Diving di Papua, Tabung Oksigen Bocor dan Kejang-kejang

"Pakai air hangat dulu, bersihkan dengan pembersih wajah, lalu tutup dengan air dingin," bebernya.

Selain membasuh dengan air, perhatikan juga kecukupan cairan agar kulit tetap sehat dengan terhidrasi. Sebab, cairan yang tepat yakni 8 gelas sehari, mampu mencegah dan obati jerawat yang meradang di kulit wajah. Bahkan, cairan yang mencukupi tubuh membuat imunitas terjaga.

Cuci Muka

Photo :
  • http://3.bp.blogspot.com

"Tidak secara langsung. Dia bisa obati secara tidak langsung, minum cukup kulit terhidrasi membuat mikrobiota sehat jadi baik. Air cukup membuat imun membaik sehingga cegah peradangan atau jerawat. Kalau kulit terhidrasi sehingga akan menua lebih lama," terangnya.

Ada pun cara lain dalam menjaga kulit wajah adalah dengan pemakaian tabir surya yang cenderung terlupakan. Pria dan wanita memiliki jenis kulit yang hampir sama sehingga membutuhkan perawatan kulit paling dasar dengan tabir surya.

"Kulit ada batas kemerahan kalau kena matahari. Perlu perlindungan tambahan dengan sunscreen atau tabir surya. Laki-laki juga harus pakai karena sama aja tipe kulit laki dan wanita. Tipe kulit indonesia harus ulang pakai sunscreen tiap 4 jam. Manfaatnya ada spv untuk mencegah wajah merah," kata dokter Tari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya