10 Tanda-tanda Hamil yang Perlu Kamu Ketahui, Ada Sembelit

Ilustrasi ibu hamil
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Ketahui tanda-tanda hamil berikut ini jika kamu merasakan perbedaan dalam kebiasaan kamu. Apakah kamu bertanya-tanya apakah kamu mungkin hamil? Satu-satunya cara untuk mengetahui secara pasti yaitu dengan melakukan tes kehamilan. Tetapi ada gejala awal kehamilan yang mungkin menunjukkan kemungkinan itu. 

Terkuak, Usia Janin Wanita Hamil di Kelapa Gading yang Tewas Dibunuh

Apakah Semua Wanita Mengalami Gejala Awal Kehamilan?

Setiap wanita berbeda. Begitu pula dengan pengalaman kehamilan mereka. Tidak setiap wanita memiliki gejala yang sama atau bahkan gejala yang sama dari satu kehamilan ke kehamilan berikutnya. Juga, karena gejala awal kehamilan sering kali menyerupai gejala yang mungkin kamu alami sebelum dan selama menstruasi. Hal ini memungkinkan kamu tidak menyadari bahwa kamu sedang hamil.

Pentingnya Deteksi Dini: Gejala Awal serta Faktor Risiko Kanker Serviks yang Harus Diwaspadai

Melansir dari webmd, berikut ini adalah deskripsi dari beberapa tanda-tanda hamil, atau gejala awal kehamilan yang paling umum terjadi. Perlu kamu ketahui bahwa gejala tersebut dapat disebabkan oleh hal lain selain hamil. Jadi fakta bahwa kamu memperhatikan beberapa gejala ini tidak berarti kamu hamil. Satu-satunya cara untuk memastikannya adalah dengan tes kehamilan.

10 Tanda-tanda hamil

Wanita Hamil Tewas di Ruko Kelapa Gading Dipaksa Aborsi oleh Kekasih Gelapnya

Hamil

Photo :
  • Pinkvilla

1. Bercak dan Kram

Setelah pembuahan, sel telur yang telah dibuahi menempel pada dinding rahim. Ini dapat menyebabkan salah satu tanda awal kehamilan yaitu bercak dan kram. Itu disebut pendarahan implantasi. Itu terjadi di mana saja dari enam hingga 12 hari setelah sel telur dibuahi. 
Kram tersebut menyerupai kram menstruasi, sehingga beberapa wanita salah mengira bahwa kram dan pendarahan sebagai awal menstruasi. Pendarahan dan kram merupakan salah satu tanda-tanda hamil meskipun persentasenya sedikit. 
Selain pendarahan, seorang wanita mungkin melihat cairan putih susu dari vagina mereka. Itu terkait dengan penebalan dinding vagina, yang dimulai segera setelah pembuahan. Peningkatan pertumbuhan sel-sel yang melapisi vagina menyebabkan keluarnya cairan. 
Keputihan ini, yang dapat berlanjut selama kehamilan, biasanya tidak berbahaya dan tidak memerlukan perawatan. Tetapi jika ada bau tidak sedap yang berhubungan dengan keputihan atau sensasi terbakar dan gatal, beri tahu dokter kamu agar mereka dapat memeriksa apakah kamu mengalami infeksi jamur atau bakteri.

2. Perubahan Payudara

Perubahan payudara adalah tanda-tanda hamil lainnya. Tingkat hormon wanita berubah dengan cepat setelah pembuahan. Karena perubahan tersebut, payudara mereka mungkin menjadi bengkak, sakit, atau kesemutan satu atau dua minggu kemudian. Atau mereka mungkin merasa lebih berat atau lebih penuh atau terasa lembut saat disentuh. Area di sekitar puting, yang disebut areola, juga bisa menjadi gelap. 
Hal-hal lain dapat menyebabkan perubahan payudara. Tetapi jika perubahan tersebut merupakan gejala awal kehamilan, perlu diingat bahwa perlu beberapa minggu untuk membiasakan diri dengan tingkat hormon yang baru. Tetapi ketika itu terjadi, nyeri payudara akan mereda.

3. Kelelahan

Tanda-tanda hamil lainnya yaitu merasa kelelahan. Merasa sangat lelah adalah hal yang wajar dalam kehamilan, dimulai sejak dini. Seorang wanita dapat mulai merasa sangat cepat lelah setelah satu minggu masa kehamilan. 
Mengapa? Ini sering dikaitkan dengan tingkat tinggi hormon yang disebut progesteron, meskipun hal-hal lain seperti kadar gula darah yang lebih rendah, tekanan darah yang lebih rendah, dan peningkatan produksi darah semuanya dapat berkontribusi. 
Jika kelelahan berhubungan dengan kehamilan, penting untuk banyak istirahat. Makan makanan yang kaya protein dan zat besi bisa membantu mengimbanginya.

4. Mual (Morning Sickness)

Tanda-tanda hamil selanjutnya yaitu seorang wanita merasakan mual. Morning sickness adalah gejala kehamilan yang sangat umum terjadi. Tapi tidak semua wanita hamil merasakan hal itu. Penyebab pasti mual di pagi hari tidak diketahui tetapi hormon kehamilan kemungkinan berkontribusi pada gejala ini. Mual selama kehamilan dapat terjadi kapan saja sepanjang hari tetapi paling sering di pagi hari.

Juga, beberapa wanita mendambakan, atau tidak tahan, makanan tertentu saat mereka hamil. Itu juga terkait dengan perubahan hormonal. Efeknya bisa begitu kuat bahkan memikirkan apa yang dulunya menjadi makanan favorit bisa membuat perut ibu hamil berubah. Ada kemungkinan bahwa mual, mengidam, dan keengganan makanan dapat berlangsung selama kehamilan. Untungnya, gejalanya berkurang bagi banyak wanita sekitar minggu ke-13 atau ke-14 kehamilan mereka.

Sementara itu, pastikan untuk makan makanan yang sehat sehingga kamu dan bayi kamu yang sedang berkembang mendapatkan nutrisi penting. Kamu dapat berbicara dengan dokter untuk konsultasi tentang itu.

5. Telat haid

Tanda-tanda hamil yang paling jelas dan salah satu yang mendorong sebagian besar wanita untuk melakukan tes kehamilan adalah telat haid. Namun tidak semua menstruasi yang terlewat atau tertunda disebabkan oleh kehamilan. Juga, wanita dapat mengalami beberapa pendarahan selama kehamilan.
Jika kamu hamil, tanyakan kepada dokter apa yang harus kamu waspadai dengan pendarahan. Misalnya, kapan pendarahan itu normal dan kapan itu merupakan tanda kedaruratan. Ada alasan lain selain kehamilan, untuk melewatkan menstruasi. Mungkin berat badan kamu naik atau turun terlalu banyak. 
Masalah hormonal, kelelahan, atau stres adalah kemungkinan lain. Beberapa wanita melewatkan menstruasi ketika mereka berhenti minum pil KB. Tetapi jika menstruasi terlambat dan kemungkinan hamil, kamu mungkin ingin melakukan tes kehamilan.

Gejala Awal Kehamilan Lainnya

Ilustrasi hamil/ibu hamil.

Photo :
  • Freepik/user18526052

Kehamilan membawa perubahan dalam keseimbangan hormonal Anda. Dan itu dapat menyebabkan gejala lain yang meliputi:
Sering buang air kecil. Bagi banyak wanita, ini dimulai sekitar minggu keenam atau kedelapan setelah pembuahan. Meskipun ini bisa disebabkan oleh infeksi saluran kemih, diabetes, atau penggunaan diuretik, jika kamu sedang hamil, kemungkinan besar karena kadar hormon.

  1. Sembelit. Selama kehamilan, kadar hormon progesteron yang lebih tinggi dapat membuat kamu sembelit. Progesteron menyebabkan makanan melewati usus kamu lebih lambat. Untuk meringankan masalah, minum banyak air, olahraga, dan makan banyak makanan berserat tinggi.
  2. Perubahan suasana hati. Ini umum terjadi, terutama selama trimester pertama. Ini juga terkait dengan perubahan hormon.
  3. Sakit kepala dan sakit punggung. Banyak wanita hamil melaporkan sering sakit kepala ringan, dan yang lain mengalami sakit punggung.
  4. Pusing dan pingsan. Ini mungkin terkait dengan melebarkan pembuluh darah, menurunkan tekanan darah, dan menurunkan gula darah.
  5. Seorang wanita hamil dapat memiliki semua gejala ini, atau mungkin hanya memiliki satu atau dua. Jika salah satu dari gejala ini mengganggu, bicarakan dengan dokter kamu tentang hal itu sehingga kamu dapat membuat rencana untuk mengimbanginya.

Perubahan hormonal yang signifikan terjadi selama kehamilan. Ini memicu berbagai gejala. Beberapa wanita mengalami banyak gejala kehamilan, sementara yang lain mungkin hanya sedikit. Gejala awal kehamilan secara umum memang seperti telat haid, perubahan payudara, kelelahan, sering buang air kecil, serta mual dan muntah (morning sickness). Namun, gejala-gejala ini mungkin disebabkan oleh faktor-faktor lain dan tidak selalu berarti bahwa kamu hamil, jadi jika kamu mencurigai bahwa kamu hamil, lakukan tes kehamilan di rumah dan temui dokter umum.

Demikian informasi mengenai tanda-tanda hamil yang mungkin belum kamu ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat.

Mpok Alpa.

Selamat! Mpok Alpa Umumkan Hamil di Usia 37 Tahun

Kabar bahagia datang dari komedian sekaligus presenter Nina Carolina atau yang akrab dengan nama Mpok Alpa. Saat ini, Mpok Alpa tengah berbadan dua alias hamil anak ke-3.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024