Studi: Diabetes Tipe 2 Meningkatkan Risiko 57 Penyakit, Ada Kanker

Ilustrasi diabetes.
Sumber :
  • Pexels/Nataliya Vaitkevich

VIVA – Sebuah penelitian di Inggris menemukan, orang dengan diabetes mengembangkan penyakit serius lebih sering dan rata-rata lima tahun lebih awal. Diabetes tipe 2 meningkatkan risiko kanker, penyakit jantung dan ginjal serta menyebabkannya risiko yang lebih cepat.

Kemenkes Luncurkan SISP Healthcare, Misinya Ingin Hilangkan Penyakit Kanker

Dilansir dari The Sun, lebih dari empat juta orang Inggris memiliki kondisi tersebut dan sekarang menghadapi risiko kesehatan ekstra di usia paruh baya. Dr Elizabeth Robertson, direktur penelitian di Diabetes UK, mengatakan komplikasi diabetes bisa serius dan mengancam nyawa.

"Studi ini menggambarkan secara rinci mengkhawatirkan prevalensi kesehatan yang buruk pada orang paruh baya dengan diabetes tipe 2 yang tidak dapat diterima," kata dia.

5 Fakta Penting tentang Gym untuk Kesehatan Tubuh hingga Kehidupan Seksual

ilustrasi cek gula darah naik

Photo :
  • U-Report

Diabetes tipe 2 terjadi ketika tubuh kehilangan kemampuan untuk memproses gula, terutama sebagai akibat dari penambahan berat badan dan gaya hidup yang buruk.

Pangeran William Bagikan Kabar Terbaru Kate Middleton dan Anak-Anaknya

Lebih dari empat juta orang Inggris terpengaruh oleh kondisi tersebut, yang menghabiskan biaya perawatan NHS sekitar £10 miliar per tahun. Ini sering dapat dicegah atau dibalik dengan makan sehat dan berolahraga.

Studi yang dipimpin oleh Universitas Cambridge dan terungkap pada konferensi Diabetes UK, menggunakan data dari tiga juta orang berusia di atas 30 tahun di Inggris. Penderita diabetes tipe 2 memiliki risiko lebih tinggi terkena 57 dari 116 kondisi kesehatan serius di usia paruh baya.

Risiko penyakit ginjal lima kali lebih tinggi sementara kanker hati empat kali lebih mungkin daripada rata-rata. Dan penderita mengalami masalah mata sekitar delapan tahun lebih awal dan penyakit jantung enam tahun lebih awal dari orang lain pada usia yang sama.

Penulis studi Dr Luanluan Sun menambahkan: "Mencegah dan menunda diabetes tipe 2 sangat penting untuk mengurangi kemungkinan kesehatan yang buruk di usia paruh baya."

Direktur klinis NHS untuk diabetes dan obesitas, Profesor Jonathan Valabhji, mengatakan: “Studi ini adalah pengingat yang jelas tentang implikasi yang lebih luas dari diabetes tipe 2 dan obesitas untuk individu, dan untuk NHS.

“Layanan kesehatan memainkan perannya, dengan sekitar setengah juta orang telah menawarkan dukungan melalui Program Pencegahan Diabetes NHS, dan data baru minggu ini menunjukkan program tersebut dapat mengurangi peluang Anda terkena diabetes tipe 2 hingga lebih dari sepertiga," tuturnya.

Diet

Photo :
  • Times of India

"Anda dapat dengan mudah memeriksa risiko Anda melalui alat 'Know Your Risk' Diabetes UK dan maju ke depan untuk mendapatkan dukungan, sehingga NHS dapat membantu Anda untuk mencegah kondisi berkembang di tempat pertama."

Itu terjadi setelah kami memberi tahu bagaimana risiko orang Inggris yang kelebihan berat badan untuk mengembangkan diabetes tipe 2 turun sepertiga setelah menyelesaikan kursus melawan lemak NHS gratis.

Sekitar setengah juta orang dewasa yang kelebihan berat badan telah mengambil bagian dalam skema pelangsingan sejak diluncurkan pada 2016. Dengan rata-rata peserta yang berhasil melepaskan setengah berat badannya [3,3kg], para ahli sekarang memperkirakan telah mencegah 18.000 kasus baru diabetes tipe 2.

Ada penurunan

Analisis Universitas Manchester mengungkapkan ada penurunan tujuh persen dalam jumlah diagnosis baru penyakit ini di Inggris antara 2018 dan 2019. Penderita diabetes harus memberi perhatian khusus pada apa yang mereka konsumsi karena mereka perlu menjaga kadar glukosa mereka pada kisaran normal.

Pada tipe 2, sel-sel dalam tubuh menjadi resisten terhadap insulin, sehingga diperlukan jumlah yang lebih besar untuk menjaga kadar glukosa darah dalam kisaran normal. NHS mengatakan bahwa kadar gula darah yang sangat tinggi dapat menyebabkan komplikasi yang mengancam jiwa seperti ketoasidosis diabetik (DKA) yang dapat menyebabkan koma diabetes.

Dengan diet yang begitu tinggi pada daftar prioritas penderita diabetes, seorang ahli mengungkapkan lima makanan yang harus dihindari penderita diabetes - atau setidaknya, konsumsi moderat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya