Dokter Ungkap Trik Bikin Gorengan Sehat dan Renyah, Tambah Baking Soda

Ilustrasi gorengan
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Meski kerap dianggap tidak sehat, tetap saja, banyak orang akan mencari gorengan untuk menu berbuka puasa di bulan Ramadhan, selain makanan dan minuman manis. 

Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

Tapi jangan khawatir, asal tepat pengolahan dan pas memilih bahan-bahan yang digunakan, gorengan juga bisa diolah dengan cara yang sehat lho. Bagaimana caranya?

Spesialis gizi klinik, dr. Diana F Suganda, SpGK, mengatakan, jika melihat dari titik didih atau panasnya, untuk menggoreng kita bisa menggunakan minyak sunflower, minyak canola, minyak zaitun, baru alternatif terakhir menggunakan minyak sawit. 

Meninggalnya Babe Cabita Ternyata Bikin Para Sahabat Iri, Kok Bisa?

"Tapi balik lagi, biasanya minyak-minyak tersebut agak mahal harganya. Jadi mungkin gak semua orang bisa mengonsumsinya. Jadi kalau misalnya kita sayang dengan harga minyak yang mahal, pindah ke (minyak) sawit lagi," ujarnya dalam tayangan Hidup Sehat tvOne, Senin 4 April 2022. 

Ilustrasi gorengan.

Photo :
  • U-Report
Bukan Cuma Rancang Busana, IFPC Lahirkan Pengusaha Mode Muda Indonesia

Jika memang hanya mampu menggunakan minyak kelapa sawit, dokter Diana punya trik jitu mengakali agar gorengan tetap sehat dan justru jauh lebih renyah. Yaitu, dengan menambahkan sedikit baking soda pada adonan gorengan.

"Mungkin saya bisa kasih tips sedikit pada saat ibu-ibu menggoreng di rumah, itu mungkin bisa ditambahkan baking soda. Jadi di dalam adonan, misalkan kita bikin gorengan nih, ada tepung, sayuran, kita bikin bakwan segala macem, kasih baking soda di dalam adonannya," terang dia. 

Diana menjelaskan, pada saat digoreng, baking sodanya akan menimbulkan gelembung-gelembung, sehingga minyak yang terdapat di dalamnya akan keluar. 

"Jadi gak terlalu banyak minyak yang ada di dalam gorengannya. Justru makin renyah, makin crunchy (jika ditambah baking soda)," ungkapnya. 

Baking soda.

Photo :
  • U-Report

Meski terdengar tidak lazim, namun Diana memastikan, cara ini aman untuk kesehatan, asal tidak menggunakannya secara berlebihan.

"Cuma sedikit aja (baking soda). Misalnya untuk satu bowl kita menggoreng, paling seujung sendok teh, dikit aja," pungkasnya. 

Selain minyak untuk menggoreng, Diana juga mengingatkan untuk memerhatikan jenis tepung yang dipakai untuk membuat gorengan. Ternyata, tepung terigu yang biasa dipakai banyak orang, malah menyerap minyak lebih banyak lho. Lalu, apa alternatifnya?

"Nah, kita bisa gantikan, tepung terigunya kita kurangin, kita tambahkan tepung beras atau tepung jagung. Dia lebih tidak menyerap minyak," papar dr. Diana F Suganda. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya