Jangan Lengah, Gejala Kanker Paru-paru Ini Tidak Terdeteksi

Ilustrasi kanker paru
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Kanker paru merupakan penyebab kematian utama di beberapa negara. Ini adalah salah satu kanker paling umum, terhitung hampir 2,21 juta kasus global dan 1,80 juta kematian pada tahun 2020, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Riset: Produk Tembakau Alternatif Kurangi Risiko Kebiasaan Merokok

Seperti diketahui, kanker paru-paru adalah pertumbuhan sel kanker di paru-paru yang dapat menyebar ke area tubuh lainnya. Siapapun bisa terkena kanker paru-paru tapi merokok adalah salah satu penyebab utama kanker paru-paru.

Salah satu faktor paling mengkhawatirkan yang terkait dengan sebagian besar kanker adalah bahwa gejalanya hampir tidak terlihat selama tahap awal, itulah sebabnya menjadi sulit untuk didiagnosis dan diobati tepat waktu. 

Disfungsi Ereksi Bukan Cuma Masalah Pria Tua! Kenali 5 Faktor Pemicunya di Usia 20-an

Dilansir dari Times of India, gejala kanker paru-paru yang berhubungan dengan paru-paru dan tidak berhubungan dengan paru-paru sangat penting.

Ilustrasi kanker paru-paru.

Photo :
  • U-Report
Produk Tembakau Alternatif untuk Perokok Dewasa, Bukan bagi Generasi Muda

Apa itu sindrom Paraneoplastik dan bagaimana kaitannya dengan kanker paru-paru?

Menurut Cancer Research UK, meskipun jarang, beberapa jenis sel kanker paru-paru menghasilkan hormon yang masuk ke aliran darah.

"Hormon-hormon ini dapat menyebabkan gejala yang tampaknya tidak berhubungan dengan kanker paru-paru. Dokter menyebutnya sindrom paraneoplastik," kata badan kesehatan itu.

Sindrom paraneoplastik pada sistem saraf adalah sekelompok gangguan yang tidak umum yang berkembang pada beberapa orang yang menderita kanker, lapor Mayo Clinic. Ini adalah sekelompok penyakit autoimun langka yang dapat terjadi karena kanker paru-paru, terutama kanker paru-paru sel kecil (SCLC).

Sesuai laporan, sindrom paraneoplastik terjadi pada sekitar 10% pasien dengan kanker paru-paru. Dua dari sindrom paraneoplastik yang paling umum adalah hiperkalsemia humoral keganasan (HHM) pada karsinoma sel skuamosa dan sindrom sekresi hormon antidiuretik yang tidak tepat (SIADH) pada kanker paru-paru sel kecil.

Gejala yang harus diwaspadai (ini mungkin tampaknya tidak terkait dengan kanker paru-paru)

Sesuai Cancer Research UK, gejala berikut dapat dikaitkan dengan kanker paru-paru:

- Pin dan jarum atau mati rasa di jari tangan atau kaki
- Kelemahan otot
- Mengantuk, lemah, pusing dan kebingungan
- Pembengkakan payudara pada pria
- Pembekuan darah

Gejala kanker paru-paru lainnya yang perlu diperhatikan

Menurut Layanan Kesehatan Nasional Inggris, beberapa gejala kanker paru-paru lainnya meliputi:

- Batuk terus menerus
- Batuk berdarah
- Sesak napas terus menerus
- Kelelahan dan penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan
- Sakit atau nyeri saat bernafas atau batuk

Apa saja faktor risikonya?

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), merokok adalah faktor risiko nomor satu untuk kanker paru-paru. American Cancer Society (ACS) juga percaya bahwa perokok pasif juga dapat menyebabkan kerusakan yang cukup besar.

"Jika Anda tidak merokok, menghirup asap orang lain (disebut perokok pasif atau asap tembakau lingkungan) dapat meningkatkan risiko terkena kanker paru-paru," kata organisasi tersebut.

"Perokok pasif diperkirakan menyebabkan lebih dari 7.000 kematian akibat kanker paru-paru setiap tahun," ujarnya.

Anda juga mungkin rentan terhadap kanker paru-paru jika Anda memiliki riwayat keluarga kanker.

Paparan asbes - diketahui menyebabkan mesothelioma - dan pernah umum digunakan dalam bahan bangunan dan isolasi juga dapat meningkatkan risiko kanker. Selain itu paparan lingkungan terhadap bahan kimia atau zat lain (radon) juga dapat menjadi faktor risiko kanker paru.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya