Ini Buah Terbaik untuk Liver, Kata Ahli Diet

Blueberry.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Anda harus mencintai hati atau liver Anda. Organ tubuh terbesar kedua (di belakang kulit Anda) bekerja keras di belakang layar untuk membuat tetap hidup. 

Kolesterol Naik Usai Lebaran? Jangan Panik, Ini 5 Tips Menurunkannya

Anda mungkin tahu bahwa fungsi utamanya adalah membuang racun dari tubuh, tetapi juga memproses nutrisi dari makanan, menyaring darah dan memetabolisme obat yang Anda minum, menyimpan glikogen, menghasilkan bahan kimia yang membantu pembekuan darah, membuat empedu, dan membantu mengatur gula darah. 

Lihat, hati atai liver layak mendapatkan perhatian Anda dan dosis teratur buah-buahan paling sehat untuk kesehatan hati yang baik.  Mungkin Anda pernah mendengar tentang NAFLD, penyakit hati berlemak nonalkohol. 

Olahraga Ini Ampuh Bakar Lemak Opor dan Rendang, Bye-bye Perut Buncit!

Ini adalah salah satu penyebab utama kematian di seluruh dunia dan memengaruhi seperempat dari populasi AS, menurut Mayo Clinic yang dikutip dari Eat This, Kamis 21 Juli 2022. 

NAFLD tidak terkait dengan konsumsi alkohol, tetapi ditandai dengan peradangan hati dan dapat menyebabkan kerusakan yang sama yang disebabkan oleh minum berat—jaringan parut pada hati yang dikenal sebagai sirosis.

Akui Mulai Cari Jati Diri, Camillia Azzahra Putri Ridwan Kamil Putuskan Lepas Hijab

NAFLD adalah masalah lemak. Deposit bentuk lemak di hati biasanya karena kelebihan berat badan atau obesitas, memiliki gula darah tinggi, dan trigliserida tinggi, lemak darah. 

Ilustrasi organ hati.

Photo :
  • U-Report

Menghindari NAFLD berarti melakukan semua hal yang mendukung tubuh yang lebih sehat secara keseluruhan—menurunkan berat badan, mengurangi makan gula, berolahraga, dan menjaga kadar kolesterol.

Satu hal yang dapat dilakukan untuk melindungi hati Anda adalah makan makanan yang melawan peradangan hati. Bisa dibilang buah terbaik yang bisa Anda makan untuk kesehatan hati yang baik adalah blueberry.

"Blueberry liar memiliki konsentrasi anthocyanin tertinggi: pigmen alami yang memberi buah berry rona biru yang indah," kata ahli gizi terdaftar Lauren Manaker, MS, RDN, yang merupakan anggota dewan penasihat medis Eatthis.com dan penulis Buku Resep Ibu Hamil Pertama Kali. 

"Data menunjukkan bahwa antosianin dapat melawan stres oksidatif yang dapat terjadi di hati dan mengurangi peradangan terkait hati."

Antosianin ditemukan di kulit buah merah, ungu, dan biru; Sayuran; dan biji-bijian sereal. Penelitian menunjukkan bahwa kandungannya sebanding dengan kerapatan warnanya. 

Jadi, blueberry, blackberry, raspberry, cranberry, kismis, dan stroberi adalah sumber antioksidan yang baik—semakin dalam dan kaya warnanya, semakin baik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya