Akui Mulai Cari Jati Diri, Camillia Azzahra Putri Ridwan Kamil Putuskan Lepas Hijab

Camillia Laetitia Azzahra atau Zara bersama Atalia dan Ridwan Kamil.
Sumber :
  • Instagram @ataliapr

Jakarta – Camillia Laetitia Azzahra (Zara), anak kedua Ridwan Kamil dan Atalia Praratya membuat pengumuman yang membuat heboh media sosial. Ia mengumumkan melalui akun Instagramnya pada Jumat, 5 April 2024 bahwa ia memilih untuk melepas hijabnya.

Mengenal Agama Sikh, Keyakinan yang Dianut Bunga Zainal dan Anak-anaknya

“Hi semuanya, setelah banyak pertimbangan dan diskusi yang sangat amat panjang dengan keluarga, aku memutuskan untuk melepas kerudung,” ujarnya di pembukaan unggahan tersebut. 

Zara menegaskan bahwa jika suatu saat ia memilih untuk kembali memakai jilbab, itu akan terjadi setelah proses pencarian panjang dan atas keyakinannya sendiri. Dengan demikian, keputusannya bukanlah hasil tekanan dari lingkungan atau orang lain.

Golkar Tepis Isu Istri Ridwan Kamil Mundur dari Bursa Pilkada Kota Bandung

Camillia Azzahra Putri Ridwan Kamil Putuskan Lepas Hijab

Photo :
  • Tangkapan Layar: Instagram

“Izinkan aku memulai pencarian ini dengan caraku sendiri. Karena bagiku, seorang muslim yang baik melakukan syariat agama dari hati. Bukan soal penampilan, tapi soal hati yang bersih,” ungkapnya. 

Top News: AHY Wanti-wanti Prabowo, Heboh Wali Nagari di Sumbar Digerebek Warga Mesum

Dalam penjelasan lebih lanjut, Zara menyatakan bahwa pengungkapan ini adalah upaya untuk menjadi jujur terhadap dirinya sendiri dan orang lain. Dia juga berharap agar publik tidak memiliki harapan yang terlalu tinggi terhadapnya.

“(Karena) aku bukan papaku, mamaku, dan (almarhum) kakakku. Tapi aku adalah gabungan mereka semua dan didikan mereka selalu aku terapkan. (Karena) aku adalah AKU,” tuturnya lagi. 

Selanjutnya, adik kandung mendiang Emmeril Kahn Mumtadz itu mengajak publik untuk tidak menyalahkan kedua orangtuanya atas keputusannya. Ia menekankan bahwa melepas hijab adalah keputusan yang diambilnya sebagai dewasa mandiri.

Putri Ridwan Kamil, Camillia Laetitia Azzahra atau Zara

Photo :
  • Instagram @camilliazr

“Jangan menyalahkan orangtuaku. Mereka mendidik aku menjadi perempuan cerdas, berkarakter, dan beragama. Semua ini adalah pilihan aku sendiri,” katanya menambahkan.

Di akhir unggahannya, Zara menegaskan bahwa ia akan bertanggung jawab atas dampaknya terhadap pengiklan yang mungkin merasa dirugikan dengan keputusannya. Ia juga mengundang netizen yang tidak setuju dengan keputusannya untuk berhenti mengikuti akunnya.

“Biarkan Ramadan tahun ini menjadi langkah baru bagi kami semua. Selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang melaksanakannya,” kata Camillia Laetitia Azzahra.

Sontak saja unggahan tersebut menuai beragam komentar dari warganet dan disukai oleh sekitar 95.000 pengguna Instagram. Salah satu komentarnya datang dari selebgram Clara Shinta yang menyayangkan keputusan tersebut, tapi tetap  mendoakannya. 

“Sayang sekali Kak. Tapi kita semua enggak bisa memaksakan karena ini kehidupan dan pilihanmu. Tapi izinkan kami semua untuk mendoakan yang terbaik buat kamu ya. Terbaik bukan menurut kamu atau kami, tapi menurut Allah,” tulis Clara Shinta. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya