Jangan Abai, Ini 5 Tanda Peringatan Diabetes Menurut Dokter

Ilustrasi Diabetes
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Menurut Central of Disease Control (CDC) Amerika Serikat, lebih dari 122 juta orang Amerika hidup dengan diabetes. Banyak orang tidak tahu bahwa mereka memiliki kadar glukosa darah tinggi sampai mereka didiagnosis menderita diabetes tipe 2. 

Jangan Asal Pilih Lensa Kontak, Bisa Sebabkan 5 Masalah Serius Ini

"Seringkali pada titik ini, mereka sudah mengidapnya selama beberapa waktu. Mengetahui faktor risiko Anda dan tanda-tanda awal diabetes tipe 2 dapat membantu mencegah atau menunda perkembangan kondisi kronis ini yang memengaruhi jutaan orang," kata ahli endokrinologi Athena Philis-Tsimikas, MD.

Berikut adalah lima tanda peringatan diabetes, menurut para ahli yang dilansir dari laman Eat This.

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

Infeksi dan penyembuhan luka lambat

Infeksi konstan dan penyembuhan luka yang lambat bisa menjadi tanda diabetes tipe 2. Menurut Amy Hess-Fischl, MS, RD, LDN, BC-ADM, CDCES, dan Lisa M. Leontis RN, ANP-C, efek diabetes tipe 2 membuat tubuh Anda lebih sulit melawan infeksi, sehingga Anda mungkin sering mengalami infeksi.

Ada Luka di Dada hingga Leher pada Wanita yang Ditemukan Tewas di Dermaga Pulau Pari

“Wanita mungkin sering mengalami infeksi vagina (ragi) dan/atau kandung kemih. Itu karena bakteri dapat berkembang biak ketika ada kadar glukosa yang tinggi dalam darah. Mirip dengan ketidakmampuan tubuh untuk melawan infeksi, mungkin diperlukan waktu lebih lama untuk luka (bahkan luka kecil). luka) untuk menyembuhkan. Tingkat glukosa darah yang tinggi memengaruhi seberapa baik sel darah putih (yang bertanggung jawab atas penyembuhan luka) bekerja."

Penglihatan buram

Mata terasa buram dan silau.

Photo :
  • U-Report

Penglihatan kabur, terutama setelah makan, bisa menjadi gejala diabetes. 

"Kadar gula darah tinggi dapat menyebabkan cairan masuk dan keluar dari bagian mata Anda, sering menyebabkan pembengkakan lensa mata," kata Dr Russel Lazarus, B.Optom. 

Ia menambahkan, lensa bertanggung jawab untuk memfokuskan cahaya ke retina di bagian belakang mata Anda. Ketika lensa membengkak, bentuk lensa terpengaruh, akibatnya memengaruhi kemampuan Anda untuk melihat dengan jelas. 

Ketika penglihatan kabur adalah akibat dari hiperglikemia, penglihatan jernih biasanya akan kembali ketika kadar gula darah turun dalam kisaran normal. 

Seiring waktu, diabetes yang tidak terkontrol atau hiperglikemia kronis dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah di seluruh tubuh, termasuk di mata Anda.

Kelaparan ekstrem

Apakah Anda merasa lapar tidak peduli berapa banyak makanan yang Anda makan? Lapar terus-menerus bisa menjadi tanda diabetes tipe 2, dokter memperingatkan. 

"Bahkan setelah Anda makan, Anda mungkin masih merasa sangat lapar," kata Hess-Fischl dan Leontis. 

"Itu karena otot Anda tidak mendapatkan energi yang mereka butuhkan dari makanan; resistensi insulin tubuh Anda mencegah glukosa memasuki otot dan menyediakan energi. Oleh karena itu, otot dan jaringan lain mengirim pesan 'lapar', mencoba mendapatkan lebih banyak energi. ke dalam tubuh."

Sering buang air kecil 

Ilustrasi buang air kecil.

Photo :
  • U-Report

"Pergi ke kamar mandi lebih dari biasanya, terutama di malam hari, adalah tanda gula darah tinggi," kata James Salem, MD. "Diabetes menyebabkan ginjal bekerja lebih keras untuk membuang kelebihan gula dari darah Anda. Ketika ginjal Anda tidak dapat mengimbangi, mereka menumpahkan kelebihan gula ke dalam urin Anda, yang menyebabkan lebih sering buang air kecil."

Perubahan kulit

Gejala kulit diabetes.

Photo :
  • U-Report

Perubahan kulit yang tidak dapat dijelaskan tidak boleh diabaikan, dokter memperingatkan. "Diabetes dapat menyebabkan bercak gelap seperti beludru pada kulit di lipatan leher, ketiak, atau selangkangan karena kelebihan insulin dalam darah," kata Dr. Salem.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya