Ketahui Penyebab Flek Hitam di Wajah dan Cara Menutupinya

Ilustrasi flek di wajah
Sumber :
  • Shutterstock

VIVA Lifestyle – Ini adalah impian utama setiap wanita untuk memiliki kulit bebas noda sehingga dia tidak harus bergantung pada pasukan concealer dan alas bedak untuk menutupi bintik-bintik gelapnya. 

Harus Dicegah Sejak Dini, Inilah Masalah Kulit yang Rentan Dialami oleh Wanita Hamil

Tetapi karena pilihan gaya hidup dan faktor lingkungan kita, bintik hitam atau hiperpigmentasi telah menjadi penyebab umum yang menjadi perhatian sebagian besar orang. 

Usia, paparan sinar matahari, dan ketidakseimbangan hormon adalah beberapa dari banyak penyebab bintik hitam yang menjadi menonjol ketika melanin di kulit kita meningkat sehingga memberikan tampilan yang gelap dan tidak merata.

5 Dampak Buruk Stres Buat Kesehatan Kulit, Penuaan Dini Hingga Bikin Kusam

Beruntung bagi kita, flek hitam bisa terkelola. Flek hitam pada wajah disebabkan oleh banyak faktor. Penyebab flek hitam di wajah yang paling umum adalah sebagai berikut.

Paparan sinar matahari 

Sidak ke 731 Klinik Kecantikan, BPOM Temukan 51.791 Kosmetik Ilegal Senilai Rp2,8 Miliar

Cahaya biru adalah cahaya yang dipancarkan dari perangkat digital seperti ponsel dan laptop dan berbeda dengan cahaya UVA dan UVB. 

Dosis paparan cahaya biru yang signifikan terjadi setiap hari karena gaya hidup kita saat ini yang selanjutnya berkontribusi pada bintik-bintik coklat dan hiperpigmentasi. Sama seperti paparan sinar matahari, cahaya biru juga menambah rusaknya kolagen di kulit yang menyebabkan kerutan.

Penyebab medis 

Perubahan hormon dapat memicu pigmentasi sehingga tidak jarang pada ibu hamil memiliki flek hitam yang berlebihan. Dalam beberapa kasus, PCOS juga bertanggung jawab atas melasma dan masalah kulit lainnya yang pada akhirnya menyebabkan kulit berbintik-bintik.

Oleh karena itu menjadi impian bagi semua wanita untuk mendapatkan hasil riasan dengan complexion terbaik yang mampu menyamarkan hingga menutupi permasalahan di wajah seperti bekas jerawat, noda hitam dan warna kulit yang tidak merata. 

Cara menghilangkan flek hitam di wajah

Photo :

Lumecolors sebagai merek kosmetik lokal yang telah sukses dengan dua produk pertamanya di tahun 2019, yaitu Kissproof Velvet Lipcoat dan Lip & Cheek Mousse kembali membuat gebrakan barunya melalui rangkaian produk riasan wajah untuk kategori complexion di April 2020.

Produk complexion dari Lumecolors yaitu foundation, compact powder dan loose powder, langsung disambut hangat dan antusias oleh para pengguna setia hingga kalangan Make Up Artist. 

Produk-produk base riasan wajah ini tentunya sudah diformulasikan menggunakan bahan dan proses yang aman dengan kandungan skincare seperti vitamin E dan SPF 15 yang bermanfaat untuk melembabkan kulit wajah, anti aging, oil control hingga UV protection.

"Kami berkomitmen untuk menghadirkan rangkaian riasan wajah yang tidak hanya menghasilkan complexion terbaik dengan hasil natural, namun juga menutrisi dan melindungi kulit wajah secara maksimal,” ungkap Christina Lie selaku Brand Owner dari Lumecolors, dari keterangan tertulisnya, Sabtu 23 Juli 2022.

Christina menceritakan bahwa inspirasinya untuk meluncurkan produk foundation disaat brand kosmetik lain justru berlomba-lomba meluncurkan produk cushion berawal dari keinginannya untuk membuat liquid base makeup yang mampu menutupi noda dengan sempurna (high coverage) namun tetap ringan di wajah. 

"Memahami hal tersebut, kami menghadirkan foundation dengan formulasinya yang ringan seperti cushion namun mampu menutupi noda dengan sempurna (high coverage) meskipun hanya digunakan 2 pump saja. Lebih dari itu, kulit wajah juga tetap terhidrasi dengan maksimal karena foundation dari Lumecolors ini juga memiliki kandungan skincare,” tutur Christina.

Loose powder dan compact powder dari Lumecolors yang baru diluncurkan dua bulan setelahnya turut menyusul kesuksesan dari produk sebelumnya, yaitu foundation

Foundation dari Lumecolors memberikan beberapa kelebihan lainnya seperti 12x lebih ringan karena memiliki tekstur lightweight, menutupi atau meratakan warna kulit wajah dengan klaim (full coverage), tahan lama (long wear up) hingga 16 jam, dibuat dengan cara yang baik. 

Produk kosmetik

Photo :
  • Instagram Lumecolors

Kemudian berbahan dasar alami dan tidak mengandung unsur hewani (vegan based), berbahan dasar air agar wajah tetap terhidrasi sehingga terasa ringan saat digunakan sehingga tidak menyumbat pori-pori dan aman untuk kulit sensitif dan berminyak, hingga formula true match yang membuat warna semakin menyatu dengan kulit setelah 3 menit pemakaian..

“Melihat respons positif dan antusiasme wanita Indonesia untuk tampil lebih percaya diri, kami semakin terpacu untuk menghadirkan rangkaian produk terbaik di setiap kategori,” ujar Christina. 

Saat ini Lumecolors juga sedang mempersiapkan rangkaian produk baru untuk perawatan rambut, tubuh dan kulit yang akan menyesuaikan dengan kebutuhan wanita Indonesia masa kini yang akan diluncurkan di penghujung tahun 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya