Gejala Stroke Ini Perlu Kamu Ketahui, Begini Pencegahannya

Ilustrasi serangan jantung/stroke.
Sumber :
  • Freepik/rawpixel.com

VIVA Lifestyle – Tanda dan gejala stroke bervariasi setiap orang, tetapi biasanya dimulai secara tiba-tiba. Karena berbagai bagian otak mengendalikan bagian tubuh yang berbeda, gejala yang dirasakan akan tergantung pada bagian otak yang terpengaruh dan tingkat kerusakannya.

KPK Cegah Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor Usai jadi Tersangka Kasus Korupsi Potongan Insentif

Stroke merupakan suatu kondisi ketika pasokan darah ke otak mengalami gangguan akibat penyumbatan (stroke iskemik) atau pecahnya pembuluh darah (stroke hemoragik). Tanpa pasokan darah, otak tidak mendapatkan asupan oksigen dan nutrisi, sehingga sel-sel pada sebagian area otak tidak berfungsi atau mati. Kondisi ini menyebabkan bagian tubuh yang dikendalikan oleh area otak yang rusak tidak dapat berfungsi dengan baik.

Jika kamu mengalami gejalanya, dan gejalanya hilang saat kamu menunggu ambulans, tetap penting untuk pergi ke rumah sakit untuk tindakan selanjutnya. Setelah penilaian awal, kamu akan dirujuk ke spesialis untuk pemeriksaan lebih lanjut guna membantu menentukan penyebab stroke. Kamu harus dirujuk untuk menemui spesialis dalam waktu 24 jam sejak awal gejala. Perawatan juga dapat dimulai jika perlu.

Lebaran Aman dari Gangguan Terorisme, Komisi III DPR Apresiasi BNPT

Gejala stroke

gejala stroke

Photo :
  • U-Report
Waspada! Flu Singapura Merebak, Kenali Gejala dan Cara Pencegahannya

Gejala stroke yang hilang dengan cepat dan dalam waktu kurang dari 24 jam bisa jadi berarti kamu mengalami transient ischemic attack (TIA). Gejala-gejala ini juga harus diperlakukan sebagai keadaan darurat medis untuk mengurangi kemungkinan terkena stroke lagi. Dikutip dari NHS, berikut beberapa gejala utama stroke:

- Wajah – wajah mungkin jatuh di satu sisi, orang tersebut mungkin tidak dapat tersenyum, atau mulut atau matanya mungkin terkulai.
- Lengan – orang tersebut mungkin tidak dapat mengangkat kedua lengan dan menahannya di sana karena kelemahan atau mati rasa pada salah satu lengannya.
- Bicara – bicaranya mungkin tidak jelas atau kacau, atau orang tersebut mungkin tidak dapat berbicara sama sekali meskipun tampak terjaga; mereka mungkin juga kesulitan memahami apa yang kamu katakan kepada mereka.
- Waktu – saatnya untuk segera menghubungi dokter jika kamu melihat salah satu dari tanda atau gejala ini.
Penting bagi semua orang untuk menyadari tanda dan gejala ini, terutama jika kamu tinggal bersama atau merawat seseorang yang berada dalam kelompok berisiko tinggi, seperti seseorang yang lanjut usia atau menderita diabetes atau tekanan darah tinggi.

Gejala lain

Gejala dalam tes FAST mengidentifikasi sebagian besar stroke, tetapi terkadang stroke dapat menyebabkan gejala yang berbeda. Tanda dan gejala lain mungkin termasuk:

  • kelumpuhan total pada 1 sisi tubuh
  • kehilangan atau penglihatan kabur secara tiba-tiba
  • pusing
  • kebingungan
  • kesulitan memahami apa yang dikatakan orang lain
  • masalah dengan keseimbangan dan koordinasi
  • kesulitan menelan (disfagia)
  • sakit kepala yang tiba-tiba dan sangat parah yang mengakibatkan rasa sakit yang membutakan tidak seperti yang pernah dialami sebelumnya
  • penurunan kesadaran

Tapi mungkin ada penyebab lain dari gejala ini.

Jenis-jenis penyebab stroke berdasarkan jenisnya

Ilustrasi serangan jantung/stroke.

Photo :
  • Freepik/rawpixel.com

Secara umum, ada dua penyebab utama stroke yaitu arteri yang tersumbat (stroke iskemik) atau kebocoran atau pecahnya pembuluh darah (stroke hemoragik). 

Selain itu, beberapa orang mungkin hanya mengalami gangguan sementara aliran darah ke otak, yang dikenal sebagai stroke ringan atau Transient ischaemic attack (TIA). Berikut penjelasan mengenai penyebab stroke yang dibedakan sesuai jenisnya:

Stroke Iskemik

Stroke iskemik merupakan jenis stroke yang paling umum terjadi ketika pembuluh darah otak menyempit atau tersumbat. Ketika stroke iskemik terjadi maka akan menyebabkan aliran darah sangat berkurang (iskemia). 
Pembuluh darah yang tersumbat atau menyempit ini disebabkan oleh timbunan lemak yang menumpuk di pembuluh darah atau oleh bekuan darah dan kotoran lain yang mengalir melalui aliran darah, paling sering dari jantung, kemudian bersarang di pembuluh darah di otak.

Stroke Hemoragik

Stroke hemoragik terjadi ketika pembuluh darah di otak mengalami kebocoran atau pecah. Pendarahan otak dapat terjadi akibat banyak kondisi yang mempengaruhi pembuluh darah. Faktor yang berhubungan dengan stroke hemoragik meliputi tekanan darah tinggi (hipertensi) yang tidak terkontrol, pengobatan berlebihan dengan pengencer darah (antikoagulan), adanya tonjolan di titik lemah di dinding pembuluh darah (aneurisma), mengalami trauma seperti kecelakaan mobil, dan deposit protein pada dinding pembuluh darah yang menyebabkan kelemahan pada dinding pembuluh darah (cerebral amyloid angiopathy).

Serangan transient ischemic attack (TIA)

Gejala serangan iskemik transien (TIA), juga dikenal sebagai stroke ringan, sama dengan stroke, tetapi cenderung hanya berlangsung antara beberapa menit dan beberapa jam sebelum menghilang sepenuhnya.

Meskipun gejalanya membaik, TIA tidak boleh diabaikan karena merupakan tanda peringatan serius dari masalah dengan suplai darah ke otak. Ini berarti kamu berada pada peningkatan risiko terkena stroke dalam waktu dekat.
Penting untuk segera menghubungi rumah sakit dan meminta ambulans jika kamu atau orang lain memiliki gejala TIA atau stroke. Jika dicurigai TIA, kamu akan ditawari aspirin untuk langsung diminum. Ini membantu mencegah stroke.

Bahkan jika gejalanya hilang saat kamu menunggu ambulans tiba, penilaian di rumah sakit tetap harus dilakukan. Kamu harus dirujuk untuk menemui spesialis dalam waktu 24 jam sejak awal gejala.

Jika kamu merasa pernah mengalami TIA sebelumnya, tetapi gejalanya telah berlalu dan kamu tidak mencari nasihat medis pada saat itu, buatlah janji segera dengan dokter umum. Mereka dapat merujuk kamu untuk pemeriksaan rumah sakit, jika perlu.

Pencegahan Stroke

Ilustrasi jangan merokok.

Photo :
  • Pixabay

Cara utama untuk mencegah stroke dengan menerapkan gaya hidup sehat. Selain itu, kenali dan hindari faktor risiko yang ada serta ikuti anjuran dokter. Berbagai tindakan pencegahan stroke, antara lain:

  • Menjaga pola makan

Terlalu banyak mengonsumsi makanan asin dan berlemak dapat meningkatkan jumlah kolesterol dalam darah dan risiko hipertensi yang memicu terjadinya stroke. Oleh sebab itu hindari konsumsi garam yang berlebihan. Makanan yang disarankan adalah makanan yang kaya akan lemak tidak jenuh, protein, vitamin, dan serat. Seluruh nutrisi tersebut bisa diperoleh dari sayur, buah, biji-bijian utuh, dan daging rendah lemak seperti dada ayam tanpa kulit.

  • Rutin berolahraga

Dengan olahraga secara teratur dapat membuat jantung dan sistem peredaran darah bekerja lebih efisien. Olahraga juga mampu menurunkan kadar kolesterol dan menjaga berat badan serta tekanan darah pada tingkat yang sehat.

  • Stop merokok

Orang yang merokok berisiko dua kali lipat lebih tinggi terkena stroke. Sebab, rokok dapat mempersempit pembuluh darah dan membuat darah mudah menggumpal. Tidak merokok berarti turut mengurangi risiko berbagai masalah kesehatan lainnya, seperti penyakit paru-paru dan jantung.

  • Hindari konsumsi minuman beralkohol

Minuman keras mengandung kalori tinggi. Jika dikonsumsi secara berlebihan, seseorang rentan terhadap berbagai penyakit pemicu stroke, seperti diabetes dan hipertensi. Dengan mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan juga dapat membuat detak jantung menjadi tidak teratur.

  • Hindari penggunaan NAPZA

Beberapa jenis Narkotika, Psikotropika dan Zat adiktif (NAPZA) dapat menyebabkan penyempitan arteri dan mengurangi aliran darah. Maka hindari penggunaan NAPZA.

Demikian ulasan tentang gejala stroke, dan cara pencegahannya. Semoga artikel ini membantu kamu dalam menangani gejala stroke dan segera bertindak jika mengalaminya.

Kucing Maine Coon

5 Fakta Penting tentang Penyakit FLUTD pada Kucing

Seringkali diabaikan, tetapi memiliki dampak yang serius pada kesehatan kucing, Feline Lower Urinary Tract Disease (FLUTD) atau penyakit saluran kemih bawah pada kucing.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024