Menyesap Kopi di Pagi Hari Atasi Sakit Kepala, Ini Resepnya

Ilustrasi kopi.
Sumber :
  • Freepik/freepik.diller

VIVA Lifestyle – Sejumlah orang enggan terus-menerus bergantung dengan obat sakit kepala ketika masalah kesehatan ini menyerang. Sebab, sakit kepala termasuk gangguan kesehatan yang mudah muncul karena beragam penyebab. Namun sebenarnya, terdapat cara alami untuk meredam sakit kepala tersebut.

Cara Menumbuhkan Rasa Cinta Masyarakat Indonesia pada Kopi

Praktisi Herbal Medik dr. Rianti Maharani.M.Si, mengatakan bahwa kopi bisa menjadi alternatif alami untuk meredam sakit kepala. Di dalam bubuk kopi, mengandung senyawa yang mampu melebarkan pembuluh darah sehingga tepat untuk mengatasi sakit kepala.

"Untuk kurangi sakit kepala butuh bahan-bahan bersifat vasodilatasi. Karena adanya sakit kepala disebabkan pembuluh darah yang menyempit makanya bisa pakai kopi sebagai anti-nyeri," ujarnya dalam acara Hidup Sehat, tvOne, Senin 1 Agustus 2022.

Viral Sensasi Baru Kopi Daun Bawang Jadi Tren di Tiongkok, Gimana Rasanya?

Ilustrasi bubuk kopi.

Photo :
  • Pixabay/Elias Shariff Falla Mardini

Bubuk kopi sendiri bisa diseduh dengan cara manual dengan ditambah air hangat. Selain itu, seduhannya bisa ditambah dengan air rebusan bahan herbal lain yang juga bersifat meredakan nyeri yakni jahe dan kayu manis.

Kabar Gembira Ini untuk Penggemar BTS dan Kopi

"Untuk ringankan sakit kepala dengan cara mengurangi pelebaran pembuluh darah yang memicu migren. Kopi bantu juga untuk tingkatkan fokus," bebernya.

Tak hanya kopi, bahan alami lainnya yang juga ampuh atasi sakit kepala adalah daun pegagan. Khasiat daun pegagan sendiri bisa berfungsi sebagai anti-nyeri sehingga sakit kepala perlahan bisa mereda usai mengonsumsinya.

"Jadi kandungan pegagan ada senyawa untuk berbagai khasiat, ada analgesik, antioksdan, dan anti-inflamasi. Uji preklinis menunjukkan bahwa daun pegagan bisa untuk sakit kepala seperti migren," terangnya.

Untuk kedua bahan herbal tersebut, dapat dikonsumsi pagi dan sore hari. Namun pada racikan kopi, sebaiknya berhati-hati pada penderita lambung agar mengisi dengan makanan terlebih dahulu. Berikut resep kopi dan daun pegagan untuk sakit kepala.

Racikan Kopi Jahe Kayu Manis

Ilustrasi secangkir kopi.

Photo :
  • U-Report

Bahan:
36 gram kopi bubuk
3 ruas jahe
3 batang kayu manis
Gula aren secukupnya
450 ml air

Membuat:
Panaskan air sampai mendidih. Masukan jahe dan kayu manis.
Rebus beberapa menis, saring.
Ambil airnya untuk menyeduh kopi
Tambah gula aren. Racikan siap dinikmati.

Racikan Daun Pegagan

Jika ingin dikonsumsi mentah seperti lalapan, boleh saja asal sudah dicuci bersih. Jika ingin diracik, berikut bahan dan cara membuat.

Daun pegagan.

Photo :
  • U-Report

Bahan:
1  genggam pegagan
2 ruas jari kunyit
2 daging buah mahkota dewa
1 jumput dewa kering
1 lembar daun pandan
1 batang sereh
Madu
1 liter air

Cara Membuat:
Panaskan air sampai mendidih, masukan daun pegagan, jahe, daging buah mahkota dewa dan dewa kering. Tunggu beberapa menit, lalu tambah sereh dan daun pandan untuk aroma yang menyenangkan. Matikan kompor dan saring. Tambah madu, siap dinikmati.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya