Lupus: Penyakit Gangguan Autoimun Kronis, Simak Faktanya

Ilustrasi nyeri sendi, nyeri otot
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Lifestyle  – Jika Anda mengalami gejala yang Anda curigai sebagai lupus, atau dokter Anda mengira Anda menderita lupus, Anda mungkin akan googling seperti orang gila atau pikiran Anda berputar-putar dengan pertanyaan: Apa artinya ini bagi masa depan Anda? Bagaimana Anda akan diperlakukan? Apakah Anda akan merasa sehat/normal kembali? Dan apa itu lupus?

Selain Diserang Stroke, Cori Broadus Juga Alami Sakit Lupus di Usia Muda 

Ilustrasi gejala penyakit lupus.

Photo :
  • U-Report

Lupus bisa menjadi penyakit yang rumit karena kompleksitasnya. Gejalanya dapat membingungkan karena penyakit ini memengaruhi setiap pasien secara berbeda. Lupus juga bisa memengaruhi jutaan orang di seluruh dunia, membahayakan sistem pertahanan tubuh mereka. Pelajari lebih lanjut tentang penyebab, gejala, dan sifat penyakit ini melalui fakta lupus ini.

Shena Malsiana Sempat Idap Sakit Lupus Hingga Fungsi Ginjal Menurun Sebelum Meninggal

Untuk membantu Anda mempelajari lebih lanjut tentang lupus, berikut adalah tujuh hal penting yang perlu diketahui:

Lupus memiliki banyak gejala

Fahmi Bo Tuangkan Perjuangan Hidupnya dalam Sebuah Buku

Nyeri sendi dan pembengkakan adalah gejala lupus yang paling umum, biasanya menyerang tangan dan lutut. Ruam wajah juga mempengaruhi 50% dari semua pasien lupus. Gejala lain termasuk nyeri dada, bisul di mulut, dan penurunan berat badan. Beberapa pasien juga mengalami radang sendi karena lupus.

Kebanyakan pasien mengembangkan lupus muda

Lupus umumnya berkembang antara usia 15 dan 44 tahun, dengan gejala yang semakin parah semakin muda pasien mendapatkannya. Namun, tingkat kematian lebih tinggi untuk pasien yang lebih tua. Ini adalah salah satu fakta lupus yang lebih disayangkan.

Pasien Asia menderita lupus lebih buruk daripada pasien Kaukasia

Studi menunjukkan bahwa pasien Kaukasia memiliki tingkat kelangsungan hidup 94% hingga 96%. Sebaliknya, sebagian besar pasien Asia memiliki tingkat kelangsungan hidup hanya 79% hingga 92%. Pasien Korea adalah pengecualian, sebaliknya memiliki tingkat kelangsungan hidup yang lebih tinggi yaitu 98%. Alasan untuk perbedaan ini masih belum diketahui.

Tidak ada obat untuk lupus

Salah satu fakta lupus yang paling menyedihkan adalah tidak ada obatnya. Sebaliknya, dokter hanya dapat mengelola gejalanya dan mengurangi efeknya. Lupus ditandai dengan sistem kekebalan tubuh yang menghancurkan dirinya sendiri, sehingga imunosupresan biasanya digunakan untuk menangani penyakit ini. Namun, ia memiliki efek samping yang tidak menguntungkan, yaitu meningkatkan kerentanan tubuh terhadap infeksi sekunder. Pasien pria juga lebih rentan terhadap infeksi sekunder dibandingkan wanita.

ilustrasi penyakit lupus.

Photo :
  • U-Report

Penyebab Lupus masih belum diketahui

Para ilmuwan mengatakan bahwa banyak faktor yang memicu penyakit ini. Salah satunya adalah genetika , meskipun para ilmuwan masih belum menemukan gen yang tepat di balik lupus. Mereka juga menduga kombinasi gen tertentu juga dapat menyebabkan lupus, atau membuat seseorang rentan terhadap lupus. Faktor lain termasuk lingkungan sekitar dan penyakit lainnya. Studi ini sedang berlangsung, tetapi para ilmuwan masih belum memiliki kesimpulan.

Bayi rentan terhadap jenis lupus

Lupus eritematosus neonatal berkembang di antara bayi baru lahir dan bermanifestasi sebagai ruam beberapa minggu setelah lahir. Untungnya, varian lupus ini jinak dan langka.

Lupus diskoid meninggalkan bekas luka

Discoid lupus erythematosus adalah varian lupus yang menyebabkan lesi pecah pada kulit. Lesi ini memiliki penampilan bersisik atau berkerak dan dapat menyebabkan kerontokan rambut jika muncul di kulit kepala. Sayangnya, kulit kepala adalah tempat di mana mereka biasanya muncul, bersama dengan pipi dan telinga.

Ilustrasi wanita terkena lupus.

Photo :
  • thinkstock.com

Salah satu varian lupus terlihat seperti psoriasis

Ini disebut lupus eritematosus kulit subakut. Ruam penyakit dimulai sebagai lesi bersisik yang kemudian tumbuh terlihat seperti psoriasis. Ruam juga biasanya tidak muncul di wajah tetapi di sepanjang garis leher dan lengan bawah. Dokter juga mengatakan bahwa varian penyakit ini kemungkinan merupakan efek samping dari obat-obatan yang sensitif terhadap sinar matahari. Konon, ada juga bukti yang menghubungkannya dengan penyakit autoimun lain seperti rheumatoid arthritis.

Obat-obatan tertentu dapat menyebabkan lupus

Yang paling umum adalah yang mengandung hydralazine, procainamide, dan quinidine. Varian lupus ini lebih dekat dengan reaksi alergi daripada penyakit yang sebenarnya. Pasien berhenti menggunakan obat-obatan yang bertanggung jawab sudah cukup untuk menyebabkan gejala memudar dalam beberapa hari. Pasti salah satu fakta lupus yang perlu diingat.

Lupus adalah penyakit autoimun kronis

Penyakit autoimun adalah kondisi serius yang terjadi ketika sistem kekebalan tubuh Anda sendiri menyerang sel-sel sehat Anda. Lupus merupakan penyakit autoimun yang bersifat kronis, artinya merupakan penyakit yang berlangsung lama dengan kondisi yang dapat berlangsung berbulan-bulan, bertahun-tahun, atau bahkan seumur hidup.

Lupus bisa sulit didiagnosis karena banyak gejalanya

Setidaknya ada 13 gejala dan tanda umum penyakit lupus pada penderita. Karena ini adalah penyakit yang sangat individual, pasien mungkin memiliki gejala yang berbeda . Pasien memerlukan setidaknya empat gejala yang ada untuk didiagnosis dengan lupus. Kadang-kadang dibutuhkan waktu lama bagi dokter untuk memberikan diagnosis lupus karena penyakit ini dapat mempengaruhi bagian tubuh mana pun dari pasien dan tidak ada satu tes khusus untuk mencapai diagnosis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya