Penyebab Haid Tak Teratur, Lengkap dengan Gejala dan Tindakannya

Ilustrasi menstruasi/nyeri haid.
Sumber :
  • Pixabay/Saranya7

VIVA Lifestyle – Bukan hal yang aneh lagi, jika wanita kerap mendapati siklus haid yang tidak teratur. Hal ini disebabkan karena adanya beberapa faktor. Penyebab haid tidak teratur itu biasanya membuat wanita bertanya-tanya apa yang sebenarnya terjadi pada kondisi tubuhnya saat itu sehingga mereka harus mendapatkan siklus menstruasi secara acak. 

Keluar Haid Jelang Berbuka Batalkah Puasanya? Begini Kata Ustaz Adi Hidayat

Ilustrasi darah haid.

Photo :
  • U-Report

Jangan panik, sebenarnya untuk mengatasi haid tidak teratur sangatlah mudah. Pastikan Anda tahu lebih dulu penyebab haid  yang tidak teratur ini. Siklus haid setiap wanita tentu berbeda-beda. Beberapa terjadi seperti jarum jam yang tepat dan tidak terpeleset. Dan ada beberapa orang, yang meleset dan tidak sesuai dengan prediksi.

Ramai Seblak Jadi Penyebab Endometriosis, Begini Kata Dokter

Rata-rata, seorang wanita mendapatkan menstruasi setiap 24 hingga 38 hari. Suatu periode biasanya berlangsung sekitar 2 sampai 8 hari. Apakah menstruasi Anda tidak teratur dan jika ya, apakah perlu perawatan?

Kadang-kadang mengalami menstruasi yang tidak teratur cukup umum. Tetapi jika seseorang sering mengalami siklus menstruasi yang sangat panjang atau pendek, siklus yang berubah dari bulan ke bulan, atau periode yang terlewat, ini dapat berasal dari masalah kesehatan yang mendasarinya.

Biasa Minum Obat Pereda Nyeri saat Menstruasi? Dokter Ungkap Dampak Buruknya

Tips agar cepat haid

Photo :
  • U-Report

Dokter menganggap seseorang yang mengalami haid tidak teratur ini jika siklusnya lebih lama dari 38 hari , atau jika panjang setiap siklus bervariasi lebih dari 7-9 hari.

Umumnya, siklus haid dihitung dari hari pertama periode ke hari pertama di bulan berikutnya. Seperti yang dilansir dari laman U.S Department of Health and Human Services, jika siklus haid rata-rata adalah 28 hari. Lantas, apa saja penyebab haid tidak teratur? Nah di bawah ini adalah beberapa penyebab haid tidak teratur, gejala, beserta perawatannya.

Penjelasan Haid Tidak Teratur

Penyebab Haid Tidak Teratur Setelah Menikah.

Photo :
  • U-Report

Kebanyakan wanita memiliki periode haid yang berlangsung empat sampai tujuh hari. Periode seorang wanita biasanya terjadi setiap 28 hari, tetapi siklus menstruasi yang normal dapat berkisar dari 21 hari hingga 35 hari.

Contoh masalah menstruasi meliputi:

  • Periode yang terjadi kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari.
  • Hilang tiga periode atau lebih berturut-turut.
  • Aliran menstruasi yang jauh lebih berat atau lebih ringan dari biasanya.
  • Haid yang berlangsung lebih dari tujuh hari.
  • Periode yang disertai dengan rasa sakit, kram, mual atau muntah.
  • Pendarahan atau bercak yang terjadi di antara periode, setelah menopause atau setelah berhubungan seks.

Contoh menstruasi yang tidak normal adalah sebagai berikut:

  • Amenore adalah suatu kondisi di mana menstruasi seorang wanita telah berhenti sama sekali. Tidak adanya periode selama 90 hari atau lebih dianggap abnormal kecuali seorang wanita hamil, menyusui, atau mengalami menopause (yang umumnya terjadi pada wanita antara usia 45 dan 55). Wanita muda yang belum mulai menstruasi pada usia 15 atau 16 atau dalam tiga tahun setelah payudara mereka mulai berkembang juga dianggap mengalami amenore.
  • Oligomenore mengacu pada periode yang jarang terjadi.
  • Dismenore mengacu pada periode yang menyakitkan dan kram menstruasi yang parah. Beberapa ketidaknyamanan selama siklus adalah normal bagi kebanyakan wanita.
  • Pendarahan rahim yang tidak normal dapat terjadi pada berbagai ketidakteraturan menstruasi, termasuk: aliran menstruasi yang lebih banyak; periode yang berlangsung lebih dari tujuh hari; atau perdarahan atau bercak antara periode, setelah berhubungan seks, atau setelah menopause.

Penyebab Haid Tidak Teratur

Ilustrasi terlambat haid.

Photo :
  • U-Report

Banyak hal yang bisa menyebabkan haid tidak teratur . Perubahan tingkat hormon estrogen dan progesteron tubuh Anda dapat mengganggu pola normal menstruasi Anda. Oleh karena itu, remaja putri yang memasuki masa pubertas dan wanita menjelang menopause umumnya mengalami menstruasi yang tidak teratur .

Berikut ini terdapat penyebab umum lainnya dari periode tidak teratur yang dilansir dari laman webmd.com:

  • Memiliki alat kontrasepsi dalam rahim ( IUD )
  • Mengganti pil KB atau menggunakan obat- obatan tertentu
  • Terlalu banyak berolahraga
  • Sindrom ovarium polikistik ( PCOS )
  • Kehamilan atau menyusui
  • Menekankan
  • Tiroid yang terlalu aktif ( hipertiroidisme ) atau tiroid yang kurang aktif ( hipotiroidisme )
  • Penebalan atau polip pada lapisan rahim
  • Fibroid rahim
  • Penyebab yang kurang umum adalah jaringan parut ( adhesi ) yang parah pada lapisan rahim, suatu kondisi yang oleh dokter disebut sindrom Asherman.

Tindakan yang Bisa Dilakukan

Ilustrasi wanita konsultasi ke dokter.

Photo :
  • U-Report

Anda mungkin tidak memerlukan pengobatan untuk menstruasi yang tidak teratur kecuali jika hal itu mengganggu Anda atau jika Anda memerlukan pengobatan untuk kondisi lain yang mempengaruhi siklus menstruasi Anda .

Sindrom ovarium polikistik ( PCOS ) dan hipotiroidisme adalah dua penyebab umum menstruasi tidak teratur pada wanita. Secara umum, tujuan pengobatan adalah mengembalikan keseimbangan hormon dalam tubuh.

Jika Anda menderita PCOS, dokter Anda mungkin merekomendasikan pil KB atau hormon lain untuk memicu menstruasi. Jika Anda menderita hipotiroidisme ( tiroid kurang aktif ), Anda mungkin perlu mengonsumsi hormon tiroid .

Hal-hal lain yang dapat membantu termasuk:

  • Mengubah kontrol kelahiran . Jika Anda mengalami menstruasi yang tidak teratur setelah 3 bulan kontrasepsi hormonal , dokter Anda mungkin merekomendasikan jenis kontrasepsi lain . Beberapa wanita mengalami menstruasi yang tidak teratur saat menggunakan Nexplanon , Depo- Provera , atau IUD.
  • Perubahan gaya hidup. Beberapa wanita mengalami perubahan menstruasi karena terlalu banyak berolahraga . Anda mungkin perlu membuat latihan Anda kurang intens, atau berolahraga lebih jarang. Jika stres adalah masalahnya, mempelajari cara mengelola stres Anda -- dan mungkin juga berbicara dengan seorang konselor -- mungkin bisa membantu.
  • Perubahan ekstrim dalam berat badan Anda dapat mempengaruhi menstruasi Anda. Penambahan berat badan dapat mempersulit tubuh Anda untuk berovulasi, jadi penurunan berat badan bisa membantu dengan itu. Tetapi penurunan berat badan yang ekstrem dan tiba-tiba juga dapat menyebabkan menstruasi yang jarang atau tidak teratur.
  • Terapi hormon (HT). Siklus menstruasi yang tidak teratur seringkali disebabkan oleh kurangnya atau ketidakseimbangan hormon tertentu dalam tubuh. Dokter sering meresepkan pil KB ( kontrasepsi oral ) yang mengandung hormon estrogen dan progesteron untuk membantu mengontrol menstruasi yang tidak teratur. Obat hormon  yang disebut progestin juga dapat membantu memicu menstruasi pada wanita yang tidak mendapatkannya.

Jika Anda mengalami menstruasi yang tidak teratur dan sedang mencoba untuk hamil , dokter Anda mungkin akan meresepkan perawatan hormon lainnya.

  • Operasi. Terkadang, jaringan parut atau masalah struktural di rahim (rahim) atau saluran tuba dapat menyebabkan menstruasi yang tidak teratur. Dokter Anda mungkin merekomendasikan operasi untuk memperbaiki masalah struktural atau cacat lahir , terutama jika Anda tahu Anda ingin memiliki anak. Ini juga dapat dilakukan untuk menghilangkan jaringan parut yang parah di saluran reproduksi.

Selain itu adapun cara alami yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi haid tidak teratur seperti yang akan kami jelaskan berikut ini.

Cara Mengatasi Haid Tidak Teratur

Bagaimana cara mengatasi haid yang tidak teratur? Jenis tindakan sebenarnya, tergantung pada apa yang menyebabkan haid tidak teratur. Namun, ada beberapa cara yang dapat dicoba di rumah untuk mengembalikan siklus haid jadi teratur kembali.

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya:

Minum Cuka Sari Apel secara Teratur

Jurnal penelitian yang diterbitkan oleh U.S. Library of Medicine menunjukkan bahwa cuka apel bisa membantu mengatasi haid tidak teratur. Minum 0,53 oz (15 ml) cuka sari apel setiap hari dapat mengembalikan menstruasi ovulasi pada wanita yang menderita PCOS.

Cuka sari apel ternyata juga membantu menurunkan berat badan dan menurunkan kadar gula darah dengan memperbaiki kinerja insulin pada tubuh.

Konsumsi Kayu Manis

Melansir American Journal of Obstretics & Ginecology, kayu manis merupakan pilihan pengobatan yang efektif untuk wanita dengan PCOS. Meskipun studi tersebut dibatasi oleh sejumlah kecil peserta.

Ini juga telah terbukti secara signifikan mengurangi nyeri haid dan perdarahan, dan meredakan mual dan muntah yang terkait dengan dismenore primer.

Pepaya Muda

Cara lain untuk mengatasinya yaitu dengan mengonsumsi pepaya muda. Pepaya muda berwarna hijau dianggap berguna dalam mengatur aliran menstruasi karena membantu mengontrak serat otot di rahim. Konsumsi jus pepaya mentah secara teratur selama beberapa bulan tetapi jangan meminumnya selama haid.

Kunyit

Kunyit dianggap sebagai salah satu ramuan obat terbaik yang juga cukup menghangatkan. Ini membantu dalam mengatur menstruasi dan menyeimbangkan hormon. Sifat antispasmodik dan antiinflamasi meredakan nyeri haid.

Konsumsi seperempat sendok teh kunyit dengan susu, madu, atau jaggery. Minumlah setiap hari selama beberapa minggu atau sampai Moms melihat peningkatan dan haid mulai teratur.

Olahraga Teratur

Olahraga memiliki banyak manfaat kesehatan yang dapat membantu haid berjalan lancar. Olahraga juga dimasukkan ke dalam bagian dari rencana perawatan pengidap PCOS, yang bisa menyebabkan ketidakteraturan menstruasi agar berat badan dan gula darahnya terkontrol.

Selain itu, dengan rutin berolahraga, dapat melancarkan sirkulasi darah, termasuk di daerah rahim yang berkaitan dengan siklus menstruasi.

Olahraga Yoga

Cara mengatasi haid yang terakhir adalah dengan rajin olahraga yoga. Olahraga ini terbukti menjadi alternatif pengobatan yang efektif untuk berbagai masalah haid. Disebutkan bahwa melakukan 35 hingga 40 menit yoga, 5 hari seminggu selama 6 bulan, dapat menurunkan kadar hormon yang berkaitan dengan haid tidak teratur.

Yoga juga telah terbukti mengurangi nyeri haid dan gejala emosi yang berhubungan dengan haid. Di antaranya, seperti depresi dan kecemasan, serta meningkatkan kualitas hidup pada wanita dengan dismenore primer.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini ada video penjelasan langsung dari dokter yang bisa Anda simak dan catat baik-baik terkait penyebab haid tidak teratur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya