7 Makanan Penyebab Jerawat, No 6 Favorit Banget

Beruntusan, jerawat
Sumber :
  • Pixabay/ SharonMcCutcheon

VIVA LIfestyle – Ada banyak makanan penyebab jerawat, namun justru daftar makanan tersebut rata-rata yang disukai banyak orang. Bagi sebagian orang jerawat sangat mengganggu penampilan khususnya bagian wajah dan kening. Jerawat akan menimbulkan rasa sakit, gatal dan perih. Jerawat hilang, tapi bekasnya juga tetap saja mengganggu.

7 Tips Pakai Sunscreen yang Tepat, Dijamin Bisa Hempas Komedo

Seperti yang dijelaskan di laman halodoc, jerawat adalah gangguan pada kulit. Kondisi ini berhubungan dengan produksi minyak (sebum) yang terjadi secara berlebihan. Tak hanya makanan, jerawat juga disebabkan karena banyaknya kulit mati yang menyumbat pori-pori kelenjar pilosebasea. Kemudian, produksi minyak (sebum) berlebihan juga akan menyebabkan jerawat. Selain itu, ada pertumbuhan bakteri Propionibacterium acnes pada wajah yang juga menyebabkan jerawat merajai wajah.

Selain penggunaan skincare yang tepat untuk mencegah dan mengobati jerawat, makanan juga sangat berpengaruh. Oleh sebab itu, berikut beberapa makanan penyebab jerawat yang dapat dihindari secara bertahap:

Daftar Harga Pangan 29 April 2024: Beras hingga Telur Ayam Naik

1. Makanan dan Minuman Manis

Melansir dari PubMed Central, bahwa orang yang sering mengonsumsi gula tambahan memiliki risiko 30 persen lebih tinggi terkena jerawat. Sementara mereka yang rutin makan kue manis memiliki risiko 20 persen lebih tinggi. Peningkatan risiko ini terjadi akibat efek karbohidrat olahan pada gula darah dan kadar insulin. Perlu diketahui, kadar insulin yang tinggi tidak baik untuk orang yang berjerawat.

5 Tips Pilih Camilan Sehat Buat Anak, Jangan Cuma Lezat Bun!

Insulin membuat hormon androgen lebih aktif dan meningkatkan faktor pertumbuhan seperti insulin 1 (IGF-1). Hal ini berkontribusi pada perkembangan jerawat dengan membuat sel-sel kulit tumbuh lebih cepat, dan dengan begitu produksi sebum juga meningkat.

2. Produk olahan susu

Makanan cepat saji, seperti burger, nugget, kentang goreng, soda, dan milkshake, adalah makanan utama yang dapat meningkatkan risiko jerawat. Belum jelas mengapa mengonsumsi makanan cepat saji dapat meningkatkan risiko timbulnya jerawat. Namun, beberapa peneliti menemukan bahwa makanan cepat saji dapat mempengaruhi ekspresi gen dan mengubah kadar hormon dengan cara yang mendorong perkembangan jerawat.

Namun, penting untuk dicatat, bahwa sebagian besar penelitian tentang makanan cepat saji dan jerawat telah menggunakan data yang dilaporkan sendiri. Jenis penelitian ini hanya menunjukkan pola makan dan risiko jerawat, dan tidak membuktikan bahwa makanan cepat saji menyebabkan jerawat.

3. Alkohol

Meskipun alkohol belum terbukti berdampak langsung pada jerawat, tapi alkohol biasanya menciptakan ketidakseimbangan kadar estrogen dan testosteron. Hal tersebut merupakan faktor utama dalam tingkat keparahan jerawat. 

Ketika kadar hormon meningkat, kulit menghasilkan zat yang disebut sebum yang yang menyumbat pori-pori dengan minyak dan bakteri. Alhasil, jerawat pun muncul. 

4. Telur

Telur adalah salah satu sumber protein yang sangat mudah didapat, sayang telur termasuk makanan penyebab jerawat. Inilah mengapa telur tidak dapat disarakan untuk semua orang. Sebagian orang justru merasakan reaksi seperti jerawat bahkan bisul setelah mengonsumsi telur. Sama seperti ayam, kamu harus mengatur agar tidak terlalu sering makan makanan penyebab jerawat seperti telur. Sebenarnya tidak ada larangan untuk mengonsumsinya, namun disarankan saja untuk tidak terlalu sering karena bisa menjadi salah satu makanan penyebab jerawat di wajah.

5. Keju

Seperti kebanyakan makanan dalam kategori produk olahan susu, keju merupakan salah satu bahan makanan penyebab jerawat. Makanan penyebab jerawat ini merupakan salah satu produk olahan susu yang paling digemari. Produk olahan susu ini dapat memicu kelenjar minyak memproduksi minyak lebih banyak sehingga dapat menimbulkan jerawat. Sekarang ini mungkin kamu bisa menemui keju di mana-mana dalam bentuk berbagai olahan, kamu harus jeli dalam melihat dan memesan makanan.

6. Cokelat

Cokelat sebagai salah satu makanan penyebab jerawat memang sudah banyak dipercaya oleh masyarakat sejak dulu. Hal ini berkaitan dengan kandungan olahan cokelat yang banyak mengandung gula sehingga dapat menyebabkan jerawat. Peningkatan gula darah dapat meningkatkan hormon penyebab jerawat. Mengonsumsi makanan penyebab jerawat seperti cokelat putih bisa menimbulkan jerawat karena bisa memicu panas dalam kulit.

Produk kacang dan olahannya tak lepas menjadi makanan penyebab jerawat. Hal ini memang tidak berlaku pada setiap orang namun kacang-kacang dapat merangsang minyak berlebih sehingga muncul jerawat. Makanan penyebab jerawat ini membuat produksi sebum meningkat, sehingga bakteri pada kulit bisa berkembang menjadi jerawat. Bagi sebagian orang, kacang merupakan salah satu makanan penyebab jerawat yang wajib untuk dihindari. Kacang yang dimaksud adalah kacang tanah karena kacang tanah merupakan kacang yang paling umum ditemukan dalam makanan. Meskipun begitu, banyak juga orang yang sensitif terhadap jenis kacang lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya