3 Orang Meninggal Usai Terjangkit Pneumonia Misterius di Argentina

Ilustrasi bakteri / Pneumonia
Ilustrasi bakteri / Pneumonia
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Lifestyle – Tiga orang telah meninggal dan lima pasien dirawat di rumah sakit setelah diduga mengidap pneumonia misterius di wilayah Argentina. Otoritas kesehatan bertekad untuk mengidentifikasi penyakit itu setelah sembilan orang terjangkit secara total.

Dikutip dari laman Metro, penyakit telah memicu kekhawatiran setelah penyakit lain yang serupa seperti COVID-19, influenza dan hantavirus dikesampingkan oleh pengujian. Awalnya, enam orang di klinik swasta Tucuman diduga alami gejala antara 18 dan 22 Agustus 2022. 

Hari ini, 2 September 2022, diumumkan bahwa tiga orang lagi sakit. Lebih dari separuh kasusnya menjangkiti petugas kesehatan. Untuk itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah diperingatkan dan tim intelijen epidemi Pusat Pengendalian Penyakit Eropa sedang melacak kasus. Seperti apa hasilnya? Yuk scroll artikelnya berikut ini !

Pneumonia atau infeksi paru-paru.

Pneumonia atau infeksi paru-paru.

Photo :
  • U-Report

Para ahli telah memperingatkan itu menunjukkan kerentanan penularan terhadap patogen berbahaya pada sampel masih menjalani pemeriksaan lebih lanjut. Tetapi semuanya menjelaskan bahwa lebih banyak informasi diperlukan sebelum 'alarm' pandemi dibunyikan.

"Kesamaan pasien ini adalah kondisi pernapasan parah dengan pneumonia bilateral dan kompromi dalam gambar [x-ray] yang sangat mirip dengan COVID, tetapi itu dikesampingkan," ujar Menteri Kesehatan Tucumán, Luis Medina Ruiz.

Meski kabar itu mengkhawatirkan, tetapi informasi penting tentang penularan dan penyebab yang mendasarinya masih dipelajari, kata Prof Devi Sridhar, ketua kesehatan global di Universitas Edinburgh.