10 Negara Termurah untuk Dikunjungi di Tahun 2024

Bendera Bolivia
Sumber :
  • Wikipedia

VIVA – Apakah kamu ingin berlibur tanpa menguras kantong? Ternyata ada beberapa destinasi negara termurah yang tidak hanya memukau tetapi juga ramah di dompet. Siapkan ranselmu dan mari temukan keindahan dunia tanpa merusak rencana keuangan. Dilansir dari Wonderlist, berikut ini 10 negara termurah yang bisa kamu kunjungi di tahun 2024. Scroll ke bawah untuk simak artikel selengkapnya. 

5 Kota dengan Biaya Hidup Termurah di Indonesia,Tegal Termasuk?

1. Kamboja

Ilustrasi Angkor, Tuk Tuk di Kamboja

Photo :
  • Pixabay/ travel photographer
Bumi Resources Masuk 7 Perusahaan Wajib Pajak Terbaik versi DJP Kemenkeu

Kamboja menduduki peringkat pertama dalam daftar negara termurah untuk dikunjungi. Kamboja juga merupakan salah satu tujuan liburan termurah dan paling aman. Menginap di hotel hanya sekitar 10 euro atau sekitar Rp169 ribu, makan malam yang fantastis bahkan lebih murah.

Negara ini juga dikenal murah sehingga sekarang Kamboja terutama menjadi rute bagi para backpacker. Padahal dulu masih belum banyak dikunjungi.  Atraksi terbesar negara ini adalah Angkor Wat, salah satu kompleks candi paling terkenal dan menakjubkan di dunia.

Sri Mulyani Ungkap APBN Surplus Rp 8,1 Triliun hingga Maret 2024

2. Vietnam

Ilustrasi bendera Vietnam.

Photo :
  • Antara Foto.

Meskipun semakin populer, Vietnam masih menjadi salah satu negara termurah untuk ditinggali dan juga salah satu destinasi liburan murah. Banyak kota dan terutama daerah pedesaan sangat indah untuk dilihat, misalnya seperti Hanoi. Biaya yang dikeluarkan sehari sekitar 15-20 euro atau kurang lebih Rp300 ribu-an.

(ilustrasi) Kuil di india

Photo :
  • The Gurdian

Kamu bisa dengan cepat menghabiskan banyak uang di India jika memang mau, terutama jika kamu berbelanja atau ingin menginap di hotel internasional mewah. Jauh dari area pariwisata dan mewah, biaya hidup rendah, bahkan jika kamu suka naik taksi. Dengan sekitar 15-20 euro atau Rp300 ribu-an, kamu bisa menghabiskan sehari di India, yang juga membuatnya menjadi salah satu negara liburan termurah.

Bendera Bolivia

Photo :
  • Wikipedia

Selanjutnya beralih ke Amerika Selatan. Di Bolivia, kamu dapat mengambil gambar yang unik seperti yang terlihat di Salar de Uyuni, padang garam terbesar di dunia. Tetapi juga di jantung kota La Paz, kamu dapat menemukan area yang sangat fotogenik, seperti kota tua Calle Jaén.

Di sini kamu dapat mengagumi gang kolonial terbaik yang terawat dengan baik di Bolivia. Seolah itu belum cukup, sulit menemukan harga makanan yang lebih murah daripada di Bolivia di Amerika Selatan. 

Hungaria

Photo :
  • pixabay

Budapest, kota indah yang melintasi tepi Sungai Danube, menawarkan petualangan hemat. Meskipun tidak lagi menjadi destinasi eksklusif, Budapest tetap menjadi surga bagi wisatawan yang ingin menjelajahi Eropa tanpa membobol dompet.

Menikmati kue lezat atau secangkir kopi sebagai penutup makanan adalah salah satu kesenangan sederhana yang bisa kamu nikmati di kota ini. Tidak hanya itu, berkeringat di pemandian air panas yang menenangkan juga bisa menjadi pengalaman yang tak terlupakan. 

Bukan Belize, bukan Costa Rica, tetapi Honduras menjadi destinasi terjangkau di Amerika Tengah. Meski kurang populer karena reputasi keamanannya, negara ini menyimpan keindahan yang tak terkalahkan. 

Jika kamu bersedia memahami situasi politik dan menghindari beberapa wilayah tertentu, Honduras membuka pintu ke surga Karibia yang ekonomis. Pantainya yang berpasir putih, laut biru yang memesona, dan hidangan lezat yang ramah kantong menanti untuk dijelajahi.

Bulgaria

Photo :
  • Pixabay

Resort di sepanjang Laut Hitam menjadi destinasi favorit wisatawan dunia, dan Bulgaria menarik perhatian dengan pesonanya. Mungkin karena musim panas dan matahari bersinar secerah di Bulgaria seperti di destinasi populer lainnya, hanya saja dengan biaya yang lebih terjangkau.

Bagi mereka yang lebih menyukai petualangan kota daripada liburan di pantai, Sofia, ibu kota Bulgaria, menawarkan pengalaman yang menggoda. Makanan lezat, suasana yang ramah, dan pemandangan yang menakjubkan juga dapat dinikmati di kota-kota lain seperti Burgas dan Varna di selatan. 

Srilanka

Photo :
  • pixabay/VectorGallery

"Pantai berpasir lembut, gunung berawan, air terjun yang menakjubkan, kebun teh yang hijau, dan angin sepoi-sepoi di pohon kelapa - Sri Lanka benar-benar surga!" demikian kata banyak panduan perjalanan.

Tapi jangan kira hanya itu yang ditawarkan. Antisipasi kenikmatan menyantap kari ikan yang lezat, trekking di hutan belantara yang menakjubkan, atau menginap di hotel tepi pantai yang nyaman. 

Semua ini dapat dinikmati dengan harga yang ramah kantong - kurang dari 25 euro atau Rp425 ribu sehari sudah cukup untuk mengeksplorasi Sri Lanka, sebuah tujuan impian dengan pemandangan hijau dan pantai yang memukau. 

Buenos Aires, ibu kota Argentina, sering disebut sebagai salah satu kota paling menarik di dunia karena kehidupan malamnya yang penuh semangat. Metropolis ini terletak di salah satu negara liburan termurah di Amerika Latin.

Jika kamu menjauh dari malam pesta liar, kamu bisa merasakan gaya hidup berwarna dan ekstravagan kota Argentina dengan biaya kurang dari 40 euro atau Rp670 ribu sehari. Tetapi siapa yang ingin berada di kota dan daerah perkotaan ketika kamu dapat menemukan keajaiban alam seperti Air Terjun Iguazu di Argentina?

10. Yunani

Athena, Yunani.

Photo :
  • pixabay

Di pulau-pulau terkenal Yunani, kamu dapat bermalam dengan baik dan murah serta juga bisa mendapatkan berbagai makanan lezat dengan harga terjangkau. Ketika berbicara tentang destinasi liburan murah, Yunani mungkin menjadi negara yang paling diremehkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya