Mendeteksi Kanker Pankreas, Penting untuk Diketahui Sejak Dini!

kanker pada pankreas
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Kanker pankreas mungkin tidak terdeteksi sampai stadium lanjut. Pada saat gejala muncul, mendiagnosis kanker pankreas biasanya relatif mudah. Sayangnya, penyembuhan jarang memungkinkan pada saat itu.

Jangan Remehkan Nyeri Ulu Hati, Bisa Jadi Tanda Kanker Pankreas seperti yang Dialami Rizal Ramli

(Bagian ini berfokus pada adenokarsinoma pankreas , yang menyebabkan lebih dari 95 persen kanker pankreas. Bentuk lain dari kanker pankreas disebutkan di akhir.

Scrool ke bawah untuk mengetahui lebih jauh informasi tentang kanker pankreas!

Terpopuler: Penyebab dan Gejala Kanker Pankreas hingga Kepuasan yang Didambakan Wanita

Mendiagnosis kanker pankreas biasanya terjadi ketika seseorang datang ke dokter setelah mengalami gejala berminggu-minggu atau berbulan-bulan. Gejala kanker pankreas sering termasuk sakit perut , penurunan berat badan, gatal , atau penyakit kuning ( kulit kuning ).

Ilustrasi kanker pankreas.

Photo :
  • U-Report
Rizal Ramli Tutup Usia karena Idap Kanker Pankreas, Kenali Penyebab dan Gejalanya

Seorang dokter kemudian memulai pencarian penyebabnya, menggunakan alat perdagangan: Dengan mengambil riwayat medis, seorang dokter mempelajari kisah penyakit, seperti waktu timbulnya, sifat dan lokasi nyeri, riwayat merokok, dan masalah medis lainnya.

Selama pemeriksaan fisik , dokter mungkin merasakan massa di perut dan melihat pembengkakan kelenjar getah bening di leher, kulit kuning, atau penurunan berat badan. Tes laboratorium mungkin menunjukkan bukti bahwa aliran empedu tersumbat, atau kelainan lainnya.

Pemeriksaan dokter

Photo :
  • U-Report

Berdasarkan pemeriksaan seseorang, tes laboratorium, dan deskripsi gejala, dokter sering memerintahkan tes pencitraan:

  • Computed tomography (CT scan): Pemindai mengambil beberapa gambar sinar-X, dan komputer merekonstruksinya menjadi gambar detail bagian dalam perut. CT scan membantu dokter membuat diagnosis kanker pankreas.
  • Pencitraan resonansi magnetik (MRI): Menggunakan gelombang magnetik, pemindai membuat gambar perut yang detail, khususnya area di sekitar pankreas , hati , dan kantong empedu .
  • Ultrasound : Gelombang suara yang tidak berbahaya yang dipantulkan dari organ di perut membuat gambar, berpotensi membantu dokter membuat diagnosis kanker pankreas.
  • Positron emission tomography (PET scan): Glukosa radioaktif yang disuntikkan ke dalam pembuluh darah diserap oleh sel kanker. Pemindaian PET dapat membantu menentukan tingkat penyebaran kanker pankreas.

Jika studi pencitraan mendeteksi massa di pankreas , kemungkinan diagnosis kanker pankreas, tetapi tidak pasti. Hanya biopsi - mengambil jaringan aktual dari massa - yang dapat mendiagnosis kanker pankreas. Biopsi dapat dilakukan dengan beberapa cara:

  • Biopsi jarum perkutan: Di bawah panduan pencitraan, ahli radiologi memasukkan jarum ke dalam massa, menangkap beberapa jaringan. Prosedur ini juga disebut aspirasi jarum halus (FNA).
  • Endoscopic retrograde cholangiopancreatography (ERCP): Sebuah tabung fleksibel dengan kamera dan alat-alat lain di ujungnya ( endoskop ) dimasukkan melalui mulut ke usus kecil, dekat pankreas. ERCP dapat mengumpulkan gambar dari area tersebut, serta mengambil biopsi kecil dengan kuas.
  • Ultrasonografi endoskopi: Mirip dengan ERCP, endoskopi ditempatkan di dekat pankreas. Sebuah probe ultrasound pada endoskopi menempatkan massa, dan jarum pada endoskopi mencabut beberapa jaringan dari massa.
  • Laparoskopi adalah prosedur pembedahan yang menggunakan beberapa sayatan kecil. Menggunakan laparoskopi, ahli bedah dapat mengumpulkan jaringan untuk biopsi, serta melihat ke dalam perut untuk menentukan apakah kanker pankreas telah menyebar. 
  • Namun, laparoskopi memiliki risiko lebih tinggi daripada pendekatan biopsi lainnya.
  • Jika kanker pankreas tampaknya sangat mungkin terjadi, dan tumor tampak dapat diangkat dengan pembedahan, dokter dapat merekomendasikan pembedahan tanpa biopsi.

Deteksi Dini Kanker Pankreas

Kanker Pankreas.

Photo :
  • U-Report

Mengobati kanker pankreas merupakan tantangan ketika ditemukan pada stadium lanjut, seperti yang biasanya terjadi. Para peneliti sedang mencari metode deteksi dini, tetapi sejauh ini tidak ada yang terbukti bermanfaat. Metode ini meliputi:

Tes darah

Zat tertentu, seperti antigen carcinoembryonic (CEA) dan CA 19-9, meningkat pada orang dengan kanker pankreas. Namun, tes darah tidak memungkinkan deteksi dini kanker pankreas, karena tingkat ini mungkin tidak meningkat sampai kanker pankreas stadium lanjut, jika sama sekali. Tes ini juga dapat menghasilkan hasil positif palsu.


USG endoskopi

Beberapa keluarga memiliki banyak anggota yang terkena kanker pankreas. American Cancer Society mengatakan bahwa hingga 10% dari kanker pankreas mungkin disebabkan oleh perubahan DNA yang diwariskan.

Studi sedang berlangsung untuk melihat apakah skrining agresif dengan ultrasound endoskopi berfungsi untuk deteksi dini kanker pankreas pada anggota keluarga yang sehat. Hasil awal menjanjikan. Namun, endoskopi adalah prosedur invasif, sehingga penggunaannya hanya dibenarkan pada orang yang sudah berisiko tinggi terkena kanker pankreas.

Kanker Neuroendokrin Pankreas

Tumor neuroendokrin pankreas muncul dari kelompok terpisah sel penghasil hormon di pankreas. Seperti adenokarsinoma, kanker sel pulau umumnya didiagnosis dengan pencitraan dan biopsi. Jenis tumor ini mungkin tidak menimbulkan gejala atau gejala yang berhubungan dengan hormon yang disekresikan oleh tumor.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya