Bakrie Untuk Negeri Bantu Puskesmas Terdampak COVID-19 di Kaltim

Revitalisasi Puskesmas dan bantuan medis di Kutai Kartanegara, Kaltim.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Lifestyle – Pandemi COVID-19 yang sempat melanda dua tahun silam, memberi banyak dampak buruk di berbagai sektor yang tidak dapat terelakkan di berbagai negara dan benua, termasuk Indonesia. Selain ekonomi dan sosial, dampak yang sangat terpengaruh adalah pada bidang kesehatan. 

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Akibat virus COVID-19 banyak masyarakat yang kehilangan orang-orang terdekatnya, tidak hanya orang biasa namun juga tenaga medis yang gugur saat menangani pasien yang terinfeksi. 

Kekurangan tenaga medis inilah yang semakin memperparah kondisi. Hal ini menyebabkan banyak tempat kesehatan terpaksa berhenti beroperasi. Bukan di kota besar saja, pun di pedalaman-pedalaman Indonesia mengalami hal serupa. 

Gara-gara Wanita, Bripda DR Aniaya Tenaga Kesehatan Hingga Hidungnya Patah

Salah satu contoh adalah pusat kesehatan masyarakat atau Puskesmas Pembantu Gunung Sari yang berada di Desa Gunung Sari, Kecamatan Tabang, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Puskesmas tersebut terpaksa berhenti beroperasi karena tenaga medis (bidan) yang bekerja meninggal dunia akibat COVID-19. 

"Untuk mencapai Rumah Sakit terdekat warga sekitar harus menempuh waktu lima jam perjalanan. Puskesmas Pembantu Gunung Sari tidak lagi beroperasi karena bidan terdahulu meninggal dunia akibat COVID-19, sedangkan layanan kesehatan sangat dibutuhkan oleh warga sekitar," jelas Aninditha Anestya Bakrie, Dewan Pendiri Yayasan Bakrie Untuk Negeri (BUN).

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Perlu diketahui, Ditha merupakan putri kedua Abu Rizal Bakrie, dan saat ini menjabat sebagai Direktur PT Kutai Bara Nusantara, sebuah perusahaan tambang yang beroperasi di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur yang memayungi PT Guruh Putra Bersama (GPB).

Bakrie Untuk Negeri berikan bantuan untuk puskesmas di Kaltim.

Photo :
  • Istimewa

Yayasan Bakrie Untuk Negeri melalui PT Guruh Putra Bersama (GPB) berkolaborasi dengan Pemda untuk melakukan revitalisasi sekaligus menyediakan kelengkapan peralatan medis, ambulans beserta tenaga medis dengan harapan dapat memudahkan dan melayani warga sekitar yang membutuhkan.

"GPB berkolaborasi dengan Pemda merevitalisasi Puskesmas Pembantu Gunung Sari, melengkapi dengan alat-alat kesehatan yg dibutuhkan, ruang melahirkan dan ruang tindakan. GPB juga berkomitmen untuk secara kontinuitas mendukung adanya tenaga medis juga ambulans," ungkap Ditha. 

Acara penyerahan dan peresmian berlangsung pada hari Kamis, 01 September 2022, pukul 11.00 WITA. Acara ini juga turut dihadiri oleh Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah, Kadis Kesehatan Dr Martina Yulianti, Kadis Lingkungan Hidup Alfian, Ketua BPD Darwin, dan Ketua Dayak Besar Dale.

Turut hadir pula Direktur PT GPB & PT Kutai Bara Nusantara Satya Putra, Komisaris PT Kutai Bara Nusantara Nalin Rathod, dan Chief Legal PT Kutai Bara Nusantara Aulia Dasril.

Rangkaian acara peresmian di antaranya adalah penyerahan mobil ambulans, tenaga medis, alat-alat kesehatan, juga biaya langsung tunai (BLT).

"Dengan adanya kolaborasi yang baik bersama Pemda, bantuan kesehatan ini diharapkan menjadi tepat sasaran. Kami berharap bisa terus mendapat masukan-masukan apa saja yang benar dibutuhkan oleh masyarakat. Kami berharap bisa terus bekerja sama, saling bantu dan terus memberi manfaat bagi masyarakat sekitar," ujar Ditha.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya