5 Cara Manjakan Panca Indra untuk Meningkatkan Kualitas Tidur

Ilustrasi tidur nyenyak
Sumber :
  • Eat This

VIVA Lifestyle – Kualitas tidur dan istirahat yang baik akan berpengaruh kepada aktivitas sehari-hari. Saat ini, ada banyak orang yang memiliki masalah tidur, seperti insomnia dan sleep deprivation, yaitu kondisi di mana seseorang mengalami kekurangan tidur secara kualitas maupun kuantitas. 

Kenapa Serangan Jantung Terjadi Pada Saat Tidur di Malam Hari?

Menurut Philips Global Sleep Survey yang dilakukan pada tahun 2019, sebanyak 62 persen orang dewasa di seluruh dunia mengatakan bahwa mereka tidak tidur sebaik yang mereka inginkan. Scroll yuk untuk simak artikelnya.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Scott AJ, Webb TL, Rowse G. pada tahun 2017 juga menemukan bahwa kurang tidur merupakan konsekuensi dari kondisi kejiwaan. Sebaliknya, kesehatan mental juga dapat memperburuk tidur yang tidak berkualitas. 

3 Solusi Ampuh Bibir Sehat dan Merona, Caranya Simpel Banget!

Menyambut Hari Kesehatan Mental Sedunia (World Mental Health Day) yang jatuh pada 10 Oktober 2022, ada beberapa tips untuk tidur cukup dan berkualitas, sehingga kesehatan mental akan tetap terjaga.

Salah satu caranya adalah dengan memanjakan kelima indra dengan pemilihan beberapa produk rumah tangga. Untuk itu, IKEA Indonesia mendukung perayaan Hari Kesehatan Mental Sedunia dengan produk-produk unggulannya.

Makan Burger dari Restoran Terkenal di Arab Saudi, 75 Orang Keracunan

Berikut ini adalah tips memanjakan panca indra untuk membantu menunjang kualitas tidur, melansir dari keterangan yang diterima VIVA dari IKEA Indonesia.

1. Batasi penerangan 

Agar dapat tidur dengan nyenyak, penting untuk mempertimbangkan kondisi penerangan di kamar. Pastikan semua lampu yang ada di kamar dimatikan atau diredupkan, dan tutuplah tirai untuk mengurangi masuknya cahaya dari luar ruangan. 

Walaupun mata dalam keadaan terpejam, cahaya yang terang dapat mengganggu kualitas tidur. Bagi yang tidak bisa tidur dalam kondisi gelap, penggunaan night light atau lampu tidur yang tidak terlalu terang juga sangat disarankan.

2. Mengurangi kebisingan yang mengganggu

Indra pendengaran cukup sensitif dalam mendengar suara-suara tertentu, terlebih lagi ketika tertidur. Saat beristirahat, akan ada suara yang dapat mengganggu kualitas tidur kita. Suara tersebut dapat datang dari luar rumah, atau dari dalam seperti suara detik jam yang bisa mengganggu ketenangan dan menimbulkan rasa cemas ketika tidur. 

Sebagai alternatif, penggunaan jam yang didesain tanpa suara atau jam digital bisa dipilih sebagai dekorasi kamar tanpa memengaruhi kualitas tidur.

3. Buat nyaman indra peraba dengan bantal ortopedi dan seprai lembut

Penting untuk memanjakan indra peraba yang bisa dilakukan dengan menggunakan material yang terbuat dari bahan breathable atau sejuk, dan lembut di kulit

Kulit merupakan salah satu indra yang sensitif, dengan menggunakan material tersebut, tidur  pun akan semakin nyaman karena mengurangi risiko kepanasan dan gatal-gatal di kulit yang akan mengganggu dan membuat kita terbangun. 

Selain kenyamanan pada kulit, perhatikan juga bagaimana posisi tertidur, pastikan jangan sampai punya masalah lain ketika terbangun seperti sakit leher.

4. Manjakan indra perasa dengan makanan dan minuman yang membantu tidur nyenyak

Ada banyak makanan lezat yang dapat kamu nikmati untuk meningkatkan kualitas tidur kamu. Seperti kacang almond, buah kiwi, teh chamomile, susu hangat, dan cokelat yang tidak hanya memiliki banyak manfaat, tetapi juga meningkatkan hormon melatonin yang berperan penting dalam membantu mengatur pola tidur.

5. Tenangkan suasana dengan wewangian aromatik

Indra penciuman juga bisa merelaksasi tubuh dengan menghirup berbagai wangi-wangian aromatik yang diletakkan di kamar tidur untuk menciptakan suasana yang lebih tenang dan rileks. Wewangian ini juga berguna ketika ingin menutupi bau tidak sedap yang mengganggu. 

Untuk itu penggunaan lilin aroma terapi dan potpourri atau campuran bahan-bahan kering organik yang memiliki aroma atau wangi tertentu. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya