5 Tips yang Perlu Diperhatikan dalam Olahraga Berlari, Dijamin Auto Semangat!

ilustrasi olahraga lari.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Lifestyle – Lari merupakan olahraga yang paling cepat membakar kalori karena saat berlari dalam waktu sekitar 30 menit saja, sudah banyak keringat yang dikeluarkan oleh tubuh. Lari juga salah satu olahraga yang direkomendasikan jika seseorang ingin menurunkan berat badan.

5 Alasan Mengapa Kucing Peliharaan Harus Disteril

Selain menurunkan bobot tubuh, lari juga bermanfaat untuk memperkuat tulang, menguatkan otot, menurunkan risiko terkena stroke dan kanker, memperbaiki kualitas tidur, serta mengurangi risiko penyakit saraf.

Untuk melakukan olahraga lagi secara konsisten memang dibutuhkan tekad yang kuat. Apalagi jika di tengah jalan banyak godaannya seperti rasa malas. Namun jangan khawatir, ada beberapa cara agar kamu menjadi rutin berlari. Apa saja itu? Berikut lima tips sebelum berlari seperti yang dilansir dari kanal YouTube Kata Dokter. 

Lebih Dari Sekadar Lezat! Alpukat Ternyata Punya Segudang Manfaat untuk Kesehatan Jantung dan Kulit

Outfit yang matching

Ilustrasi olahraga lari.

Photo :
9 Karbohidrat yang Sehat dan Aman untuk Penderita Diabetes, Bebas Khawatir Gula Darah Naik!

Percaya atau tidak, pemilihan warna memengaruhi mood seseorang. Kendati demikian pilihlah warna yang sesuai dengan keinginan pada hari itu. Dengan begitu, mood yang bagus akan membuatmu lebih semangat berolahraga. 

Isi perut 

Ilustrasi makanan sehat.

Photo :
  • Ist.

Ibarat mobil yang perlu bensin untuk berjalan, manusia juga membutuhkan asupan makanan untuk berlari agar ada tenaga. Namun sebaiknya beri jarak antara makan dan berlari alias jangan terlalu mepet – yaitu antara satu hingga dua jam sebelum berlari. Pilihlah makanan yang mudah dicerna supaya saat berlari perut tidak dalam keadaan mencerna makanan. 

Pemanasan

Pemanasan sebelum lari

Photo :
  • Tangkapan layar

Sebelum berlari, panaskan otot-otot agar badan tidak ‘kaget’ ketika berlari. Apabila tidak pemanasan, otot bisa kram yang berujung kesakitan. Jika sudah sakit tentu kamu tidak bisa melanjutkan olahraga larinya. 

Lari bersama komunitas 

Ilustrasi olahraga lari

Photo :
  • Istimewa

Lari sendiri mungkin bagi sebagian orang akan lebih cepat membosankan. Kalau begitu, lari bersama komunitas adalah jawabannya. Jika berlari dengan teman bisa sambil mengobrol atau istirahat dan berfoto-foto sehingga suasananya menjadi berbeda dan tidak monoton. Bersama komunitas, kamu bisa bertanya dengan orang-orang yang lebih berpengalaman dan pastinya akan mendapat ilmu baru.

Mendengarkan musik

Mendengarkan musik

Photo :
  • huffington post

Selain pakaian yang matching, mendengarkan musik juga bisa membuat mood seseorang meningkat. Apalagi lagu dengan irama penuh semangat yang seolah-olah bisa menular menjadi ikut semangat berkegiatan, dalam hal ini melakukan olahraga lari. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya