Menghisap Es Batu Dapat Membantu Meredakan Sakit Tenggorokan?

Ilustrasi perempuan memakan es batu
Sumber :
  • Times of India

VIVA Lifestyle  – Sakit tenggorokan sangat umum terjadi terutama karena perubahan cuaca dan musim. Ini biasanya menjadi lebih baik dengan sendirinya dalam waktu seminggu. Namun, sakit tenggorokan bisa sangat tidak nyaman dan dalam banyak kasus, menyakitkan. 

Bukan Dibakar, Begini Cara Buktikan Keaslian Madu Murni

Beberapa orang juga mengalami kesulitan dalam berbicara dan menelan makanan karena sakit tenggorokan. Menurut National Health Service, Inggris, mereka yang sakit tenggorokan harus tetap terhidrasi dengan baik, meskipun minuman panas harus dihindari. Scroll untuk simak artikel selengkapnya.

Disarankan bahwa mengisap es batu, es loli, atau permen keras dapat meredakan peradangan! Apakah ini bekerja? Mari cari tahu dari kutipan di laman Times of India.

5 Cara Masukkan Lemon ke Dalam Makanan untuk Menurunkan Berat Badan

?1. Bagaimana terapi dingin bekerja

Mengisap es batu atau es loli bisa menenangkan dan melembabkan. Menurut pakar kesehatan, es loli bisa menjadi pengobatan yang baik untuk sakit tenggorokan karena memiliki efek pendinginan lokal pada jaringan yang meradang. Es muncul menurunkan suhu ujung saraf di tenggorokan, sehingga mengurangi sinyal rasa sakit.

Penyanyi Hizrah yang Sempat Viral Kini Sukses Jadi Milyarder di Bisnis Herbal

Bahkan setelah tonsilektomi, dokter menyarankan pasien makan es krim. Es krim dingin bersentuhan dengan amandel yang meradang dan meminimalkan pembengkakan serta mengurangi ketidaknyamanan dan rasa sakit. Berikut adalah beberapa cara yang lebih efektif untuk mengatasi sakit tenggorokan di rumah:

2. Berkumur air garam

Ilustrasi air garam.

Photo :
  • U-Report

Berkumur dengan air garam hangat juga dapat membantu mengurangi peradangan. Namun, tidak dianjurkan untuk anak-anak. Untuk membuat obat kumur sendiri, larutkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air matang suam-suam kuku atau setengah dingin. Berkumurlah dengan larutan tersebut dan ludahkan. Ulangi sesuai kebutuhan.

3. Susu kunyit

Cara Mudah Redakan Nyeri Dan Kram Haid Dengan Susu Kunyit Hangat

Photo :
  • U-Report

Kunyit adalah antioksidan kuat dan memiliki kekuatan untuk melawan banyak infeksi serius. Untuk sakit tenggorokan, Anda bisa minum susu kunyit sebelum tidur. 

Jika Anda cenderung kembung karena mengonsumsi susu di malam hari, Anda meminumnya dalam jumlah yang lebih sedikit atau pada waktu lain di siang hari. Pastikan Anda juga menambahkan sejumput bubuk kunyit ke dalam secangkir susu. Menambahkan sedikit bubuk lada hitam dapat meningkatkan manfaat kesehatan dari kunyit.

4. Menghirup uap

Inhalasi uap melibatkan menghirup uap air yang membantu membuka saluran hidung Anda. Udara hangat dan lembab mengendurkan lendir yang tersumbat dan lengket di saluran hidung, tenggorokan, dan paru-paru. 

Pastikan Anda menyimpan wadah air panas atau penghirup uap listrik di permukaan yang keras seperti meja. Hati-hati dengan prosesnya atau ada risiko melukai diri sendiri dari air panas.

5. Teh jahe

Teh jahe

Photo :
  • thedailymeal

Teh jahe panas adalah obat rumah yang populer dan efektif untuk mengobati sakit tenggorokan. Ini menenangkan tenggorokan yang meradang. Anda bisa merebus jahe dalam air dan meminumnya seteguk demi seteguk. Anda juga bisa merebus jahe dengan air sebelum menambahkan daun teh dan susu ke dalam chai sehari-hari Anda.

6. Jus jahe madu

Sesuai penelitian, jahe mungkin memiliki efek antimikroba yang lebih kuat bila dikombinasikan dengan madu, yang juga memiliki sifat antimikroba. Pertama, parut jahe lalu tekan dengan sendok untuk memeras semua sarinya. Tambahkan satu sendok teh madu ke jus ini, campur dan teguk. Minum ini bisa membantu meredakan sakit tenggorokan.

7. ?Beristirahat

Ilustrasi flu

Photo :
  • Eat This

Istirahat yang cukup sangat penting untuk pemulihan yang tepat. Tidur membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Kurang tidur dapat membahayakan kadar sel darah putih dalam tubuh, yang diperlukan untuk melawan infeksi yang menyebabkan sakit tenggorokan.

Meskipun pengobatan rumahan dapat membantu memberikan sedikit kelegaan, penting untuk berkonsultasi dengan dokter Anda jika Anda mengalami gejala baru, terutama jika gejala tersebut berlangsung lebih dari seminggu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya