Kandungan Skincare yang Cocok dan Aman untuk Kulit Remaja

Ilustrasi skincare.
Sumber :
  • Freepik/jcomp

VIVA Lifestyle – Skincare memang digunakan untuk merawat dan menunjang kesehatan kulit wajah serta membantu mengatasi masalah-masalah pada kulit. Namun, tidak boleh sembarang skincare yang digunakan, di mana kamu harus memilih sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit. 

Dokter Spesialis Ungkap Keajaiban Cellbooster, Teknologi Canggih untuk Tampil Awet Muda

Bagi kamu yang masih remaja, mungkin ingin mengetahui kandungan apa sih yang baik dalam skincare yang digunakan. Pada kali ini akan diberikan penjelasan mengani kandungan apa saja yang baik dan aman untuk kulit remaja. Scroll ke bawah untuk simak artikel selengkapnya. 

Kandungan skincare untuk kulit remaja

Terpopuler: Saran Dokter Soal Skincare sampai Wulan Guritno Masih Alami Bereakout

Dokter kecantikan, Olivia Kosim

Photo :
  • VIVA/Trisya

Dijelaskan oleh dokter kecantikan Olivia Kosim bahwa kandungan yang direkomendasikan untuk kulit remaja adalah skincare yang mengandung niacinamide di dalamnya. Namun, kandungan niacinamide juga harus disesuaikan dengan jenis kulit dari remaja tersebut. . 

Bingung Pilih Skincare Lokal atau Luar? Begini Saran Dokter

“Biasanya dilihat dari skin type-nya seperti apa. Kalau yang safety biasanya sih aku sarankan yang banyak niacinamide-nya. Nah, tergantung kalau misalkan kulit dia sensitif mungkin aku sarankan kadar niacinamide-nya kurang lebih 2 persen aja cukup. Tapi kalau misalnya dia bener-bener ingin mencerahkan boleh niacinamide-nya sampai maksimal di 5 persen,” jelas Olivia Kosim saat ditemui VIVA di kawasan Jakarta Pusat pada Kamis, 24 November 2022. 

Kandungan skincare yang harus dihindari oleh kulit remaja

Ilustrasi produk perawatan kulit.

Photo :
  • Bellvada

Jika remaja disarankan untuk menggunakan skincare yang mengandung niacinamide, rupanya ada juga kandungan yang harus dihindari oleh kulit remaja. Salah satunya adalah yang mengandung sodium lauryl sulfate (SLS). 

“Kalau bisa ingredients yang alami aja, no sodium lauryl sulfate atau no SLS karena sebenernya SLS itu banyak sekali digunakan dalam pasta gigi atau pun shampo yang emmang tujuannya itu dia sebenernya intinya adalah surfaktan anionic yang digunakan untuk membersihkan noda-noda,” ujarnya. 

“Jadi kalau digunakan untuk wajah terutama mereka-mereka yang punya wajah dengan tipe-tipe kulit sensitif terus berjerawat itu sangat-sangat tidak dianjurkan karena nanti takutnya malah timbul iritasi, kemerahan, malah nanti PR-nya lebih banyak lagi,” sambungnya. 

Bolehkan remaja menggunakan chemical serum?

Ilustrasi mencerahkan wajah.

Photo :
  • U-Report

Menurut dokter Olivia, chemical serum boleh saja digunakan oleh remaja, akan tetapi tidak dianjurkan untuk dipakai setiap hari. Paling tidak exfoliate kulit dapat dilakukan hanya dua kali dalam seminggu. 

“Chemical serum sebenernya boleh, tapi tidak dianjurkan setiap hari seperti itu. Katakanlah misalnya sebenernya kalau pun pakai chemical serum kita boleh menggunakan kayak scrub atau peeling katakanlah dua kali seminggu jadi  jangan setiap hari,” terangnya. 

“Karena kalau misalkan kita menggunakan exfoliate setiap hari atau chemical scrub setiap hari, itu kan nanti akan membuatnya si kulitnya akan kering untuk yang sensitif berjerawat nanti malah takutnya merangsang beruntusan atau jerawat baru lagi,” pungkasnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya