Influencer Rutin Pakai Darah Haidnya di Wajah, Klaim Bikin Wajah Kinclong dan Suburkan Tanaman

Riley Ayn.
Sumber :
  • TikTok

VIVA Lifestyle – Riley Ayn menjadi viral di TikTok karena mengaku menggunakan darah haid di wajahnya dan bahkan menyirami tanamannya. Pengguna TikTok itu mengklaim bahwa darah haid memberi manfaat luar biasa untuk tanaman serta kulit wajahnya dalam jangka panjang.

Kisah Influencer Kota Malang Maju Jadi Calon Wakil Wali Kota Pakai Uang Nikah

Ketika momen datang bulan tiba, kebanyakan wanita berharap darah menstruasi berakhir secepat mungkin. Namun bagi Riley Ayn, tampaknya dia tidak bisa lebih bahagia saat mengalami menstruasi.

Dikutip laman Daily Star, Riley menjadi viral di TikTok karena menjadi sosok yang menggunakan darah menstruasi daripada membuang darah seperti yang biasa dilakukan wanita. Ia pun membagikan 'tips' kepada 27.000 pengikut untuk memanfaatkan darah menstruasi.

Bingung Pilih Skincare Lokal atau Luar? Begini Saran Dokter

Riley Ayn.

Photo :
  • TikTok

Seiring dengan mengikuti tren masker menstruasi (facial darah haid), influencer spiritual ini memiliki berbagai cara yang dia suka untuk menerapkan cairan tubuhnya ke dalam gaya hidupnya. Dalam sebuah klip yang ditonton ribuan kali, Riley menjelaskan bahwa menutrisi tanamannya dilakukan saat menstruasi.

5 Manfaat Lakukan Facial, Tingkatkan Sirkulasi Darah Hingga Jaga Kesehatan Kulit

"Ini semua yang saya lakukan dengan darah menstruasi saya, saya mendapat begitu banyak komentar tentang orang-orang yang ingin tahu apa lagi yang saya lakukan dengan darah menstruasi saya, jadi ini dia," katanya membuka video singkat.

"Nomor satu, saya pikir kita sudah tahu ini, saya menyirami tanaman saya dengan itu. Saya mengencerkannya dengan air, menyirami tanaman saya - mereka menyukainya," ungkapnya

Di sisi lain, Riley tak segan menyirami wajahnya dengan darah menstruasi bulanannya. Hal itu diklaim mampu membuat kulit tubuhnya semakin sehat dan glowing.

"Hal lain yang saya sangat senang adalah begitu banyak orang tahu tentang ini, ya untuk perawatan kulit. Beberapa orang mungkin aneh, jujur Anda bisa merasa aneh, saya memakai darah menstruasi untuk masker wajah," bebernya.

Mengganti lotion yang dibeli di toko dengan darah bukanlah satu-satunya metode alternatif yang dimiliki Riley. Darah menstruasinya juga dianggap sebagai terapi penyembuhan yang baik dan alami.

Ilustrasi pendarahan vagina

Photo :
  • Times of India

"Terkadang saya akan memakai tato baru untuk membantu penyembuhan", klaimnya.

"Bisa dioleskan ke luka, bisa dioleskan ke luka karena sel punca (mesenchymal stem cell) itu luar biasa untuk penyembuhan dan regenerasi serta kecantikan kulit," imbuhnya.

Pengguna TikTok itu juga sedikit kreatif dengan darah haidnya dan menggunakannya untuk melukis juga. Menurutnya, darah haid memiliki manfaat untuk melukis hal yang disukai.

"Hal lain yang bisa Anda lakukan adalah melukis dengannya. Anda dapat melakukannya seperti getaran cat air dan mencampurnya dengan air untuk memberikan warna yang lebih terang atau Anda dapat langsung mencelupkan kuas ke dalam apa pun yang telah Anda kumpulkan dan cat. Ini sangat menyenangkan," terangnya.

"Hal lain yang dapat Anda lakukan adalah jika Anda tidak benar-benar siap untuk mengolesi semuanya di wajah Anda, Anda dapat mengambil sebagian dari darah dan mengolesi di daerah dahi Anda," kata dia.

Ilustrasi menstruasi/haid/pembalut.

Photo :
  • Freepik

Meskipun memiliki pengalaman menggunakan darah haidnya dalam beberapa cara, dia bukan ahli kesehatan yang berkualitas sehingga apa yang dia katakan harus coba dicerna. Cigdem Kemal Yilmaz, Ahli Kimia dan pendiri Skin Masterclass, telah memperingatkan orang-orang untuk menjauhi tren ini.

"Saya pasti tidak akan menyarankan ini. Saya yakin tren ini dimulai sebagai opsi DIY untuk pengobatan PRP (plasma kaya trombosit) yang dilakukan di lingkungan klinis dalam kondisi steril. PRP disiapkan dengan proses yang dikenal sebagai sentrifugasi diferensial di mana seluruh darah melewati sentrifugasi awal untuk memisahkan sel darah merah (RBC) diikuti dengan sentrifugasi kedua untuk memekatkan trombosit, yang tersuspensi dalam volume plasma akhir terkecil," terangnya.

Cigdem Kemal Yilmaz melanjutkan bahwa terapi PRP mengandung kemokin, sitokin, dan tujuh faktor pertumbuhan protein dasar, yang dapat berkontribusi pada percepatan penyembuhan, pertumbuhan jaringan, dan pembentukan asam hialuronat. Teknik ini sebenarnya terbukti secara medis, tetapi harap dicatat bahwa tidak ada bukti ilmiah atau klinis yang mengatakan bahwa mengoleskan darah menstruasi di wajah Anda dapat memberikan dampak yang menguntungkan pada kulit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya