Bukan 3 Kali, Penderita Diabetes Ternyata Harus Makan 5-6 Porsi Sehari

Ilustrasi diabetes.
Ilustrasi diabetes.
Sumber :
  • Pexels/Nataliya Vaitkevich

VIVA Lifestyle – Penderita diabetes tidak bisa sembarangan mengonsumsi makanan karena harus memerhatikan setiap kandungan dari asupannya. Konsumsi makanan sembarangan akan memicu lonjakan gula darah yang akan berbahaya bagi si penderita. 

Menjaga pola makan dan asupan bernutrisi membantu para penderita diabetes untuk menjaga kesehatan dan berat badan. Namun, tidak sedikit juga penderita diabetes yang harus menjalani diet untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Yuk, scroll untuk penjelasan selengkapnya.

Akan tetapi, tidak sembarangan diet bisa dilakukan oleh para penderita diabetes. Ada rumus 4J yang menjadi acuan diet para penderita diabetes, yakni jumlah, jenis, jadwal, dan jurus masak.

Ilustrasi sedang makanan.

Ilustrasi sedang makanan.

Photo :
  • Pexels/Rachel Claire

Jumlah, berarti porsi makan yang seharusnya dikonsumsi oleh penderita diabetes semasa diet. Mengonsumsi makanan sehat sekalipun, tetap harus memerhatikan jumlah atau porsinya. Sebab jika berlebihan, dikhawatirkan akan memberikan efek samping yang kurang baik. Jumlah makanan yang dikonsumsi pun harus seimbang dengan kalori yang dikeluarkan. 

"Pada dasarnya orang diabetes itu tidak ada yang mutlak ngga boleh. Misalnya ada yang merasa ngga bisa makan buah-buahan tertentu. Sebenarnya hampir semuanya boleh dimakan tapi jumlahnya mereka harus paham," kata Ahli Gizi, dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp.GK, saat Media Gathering Tokopedia di Kawasan Jakarta Selatan, Selasa 24 Januari 2023.

Menurut Dokter Juwalita, penderita diabetes sebenarnya boleh mengonsumsi makanan selayaknya orang normal pada umumnya. Tetapi, mereka harus memerhatikan porsi yang dikonsumsi supaya tidak berlebihan dan menyebabkan lonjakan gula darah.

Halaman Selanjutnya
img_title