Varian COVID-19 Kraken dan XBB.1.5, Mana yang Lebih Berbahaya?

Ilustrasi COVID-19/virus corona.
Sumber :
  • Pixabay/mattthewafflecat

VIVA Lifestyle – Varian baru COVID-19 terus menerus bermunculan dengan sifatnya yang berbeda dari varian sebelumnya, dengan kemungkinan risiko yang lebih fatal. Terkini, dua varian baru COVID-19 yang mendominasi di dunia pun memiliki karakteristik berbeda yakni XBB.1.5 dan BF.7. Lantas, manakah yang lebih berbahaya di antara dua varian tersebut?

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Dikutip laman The Health Site, SARS-CoV-2 yang menyebabkan infeksi COVID-19 pertama kali terdeteksi di kota Wuhan di China pada tahun 2019. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan wabah virus sebagai pandemi setelah sistem perawatan kesehatan global terguncang parah oleh transmisi masif, menyebabkan miliaran orang terinfeksi. 

Aspek paling berbahaya dari wabah ini adalah kemampuan virus untuk bermutasi dan membentuk galur baru dan lanjutan, yang juga dikenal sebagai varian. Dalam tiga tahun terakhir, virus COVID-19 telah bermutasi beberapa kali, dan setiap kali memunculkan varian baru, dunia menghadapi tantangan waktu nyata dalam mengelola laju infeksi. Saat ini, ada dua varian strain Omicron COVID-19 yang sangat bermutasi, yang mendorong gelombang baru di China dan Amerika Serikat.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Ilustrasi COVID-19/Virus Corona.

Photo :
  • pexels/Edward Jenner

XBB.1.5 Vs BF.7

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

XBB.1.5 dan BF.7 adalah dua varian COVID yang sangat mudah menular yang mendatangkan malapetaka di berbagai belahan dunia termasuk India. Keduanya merupakan produk mutasi yang terjadi pada protein lonjakan varian Omicron. Meskipun perlindungan adalah kunci untuk tetap aman dari infeksi salah satu dari dua varian Omicron ini, penting untuk memahaminya dengan cermat. Berikut cara untuk mengetahui mana yang lebih menular, dan lebih berbahaya.

Apa itu Varian XBB.1.5 Omicron?

Varian XBB.1.5 dari Omicron adalah versi yang sangat bermutasi dari sub-varian sebelumnya yang disebut XBB. XBB.1.5 merupakan strain rekombinan yang dibuat dari kombinasi BA.2.75 dan BA.2.10.1. Varian ini mampu menyerang kekebalan yang diinduksi oleh vaksin, yang jelas berarti bahwa bahkan individu yang divaksinasi penuh pun berisiko terinfeksi oleh varian ini. Para ahli menamai varian XBB.1.5 sebagai varian 'Kraken'.

Apa itu Varian BF.7 Omicron?

Di sisi lain, varian BF.7 Omicron juga dikenal sebagai BA.5.2.1.7. adalah salah satu sub-varian terbaru dari varian BA.5 Omicron. Sub-varian BA.5 pertama kali diidentifikasi di Daerah Otonomi Mongolia Dalam China Barat Laut. Varian BF.7 juga dikenal sebagai 'Omicron spawn'. Menurut laporan, varian BF.7 Omicron saat ini menjadi jenis yang dominan di China, mendorong miliaran kasus.

Ilustrasi COVID-19/virus corona

Photo :
  • Freepik

XBB.1.5 Vs BF.7: Mana Yang Lebih Berbahaya?

Sesuai penelitian, XBB lebih baik dalam menghindari vaksin atau kekebalan yang disebabkan oleh infeksi sebelumnya. Itulah sebabnya XBB.1.5 baru tampaknya lebih mudah menular dibandingkan dengan galur lain yang ada di lingkungan saat ini. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), varian XBB.1.5 menyumbang 40,5 persen dari kasus COVID-19 berurutan baru di AS.

Gejala Yang Harus Diwaspadai

Varian XBB.1.5 dan BF.7 Omicron hadir dengan serangkaian gejala yang berbeda dari yang terlihat sebelumnya dengan strain sebelumnya. Menurut para ahli, varian ini kebanyakan membuat orang mengalami gejala seperti pilek, seperti demam, batuk, sakit tenggorokan, pilek, kelelahan, mual, dan diare.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya