Viral Usai Dimakan Lina Mukherjee, Sains Ungkap Bahaya Kesehatan Daging Babi

Lina Mukherjee makan daging babi
Sumber :
  • TikTok @lilumukerji

VIVA Lifestyle – Lina Mukherjee menjadi sasaran hujatan netizen lantaran menampilkan konten dengan mengonsumsi daging babi, yang secara teorinya haram dikonsumsi bagi muslim sepertinya. Hal ini pun mengungkapkan fakta baru dari sains yang menemukan dampak berbahaya bagi kesehatan terkait asupan daging babi tersebut.

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

Dengan penuh percaya diri, sosok TikTokers bertubuh montok ini membuat konten makan daging babi yang dibagikannya melalui akun TikTok pribadinya. Imbas dari aksinya yang dinilai sengaja itu pun langsung membuat wanita berusia 32 tahun tersebut banjir komentar pedas hingga hujatan dari sejumlah warganet. 

Dikutip kaman ZME Science, konsumsi daging babi dikaitkan dengan risiko signifikan beberapa kondisi kronis termasuk diabetes, penyakit kardiovaskular, dan beberapa jenis kanker.

Mengenal Penyakit Radang Usus, Bisa Sebabkan Kanker Usus Besar Jika Dibiarkan

Lina Mukherjee makan daging babi

Photo :
  • TikTok @lilumukerji

“Saya tidak akan pernah merekomendasikan makan produk hewani, apalagi daging babi,” kata Dana Hunnes, asisten profesor di UCLA Fielding School of Public Health.

Jokowi Bersyukur Angka Stunting Turun dari 37 Persen Menjadi 21 Persen

Hampir semua pedoman diet merekomendasikan tidak lebih dari 500 gram (1,1 pon) daging merah seminggu - bukan hanya daging babi. Sementara itu, orang-orang kerap mengkonsumsi dua kali lipat, dan jumlahnya terus bertambah.

“Babi dianggap sebagai daging merah, dan mengandung lemak jenuh tingkat tinggi, dan semua senyawa protein hewani lainnya yang merusak kesehatan. Daging babi bukanlah daging putih," kata Hunnes kepada ZME Science.

Alasan utama, tetapi bukan satu-satunya) mengapa daging babi buruk bagi Anda adalah kandungan lemak jenuh dan kolesterolnya yang tinggi. Namun jauh lebih dalam, daging babi memberi dampak yang kurang baik bagi tubuh. Berikut deret dampaknya bagi kesehatan.

Usia Lebih Pendek

Pada tahun 2012, sebuah penelitian besar terhadap lebih dari 100.000 orang menemukan bukti kuat bahwa konsumsi daging merah terkait dengan hidup yang lebih pendek dan kurang sehat. Buktinya kuat, meskipun daging babi tidak dianalisis secara khusus - ini sering terjadi pada penelitian semacam itu, mereka mengklasifikasikan semua daging merah menjadi satu.

Daging babi.

Photo :
  • Freepik/topntp26

“Penelitian ini memberikan bukti jelas bahwa konsumsi daging merah secara teratur, terutama daging olahan, berkontribusi besar terhadap kematian dini,” menurut Dr. Frank Hu, salah satu ilmuwan senior yang terlibat dalam penelitian dan seorang profesor nutrisi di Harvard School of Kesehatan masyarakat.

Risiko kanker

Pada 2015, Badan Internasional untuk Penelitian Kanker menyimpulkan bahwa daging merah mungkin bersifat karsinogenik bagi manusia. Beberapa jenis kanker telah dikaitkan dengan daging babi. Misalnya, analisis tahun 2011 menemukan bahwa untuk setiap tambahan 100 gram daging merah (baik babi atau sapi) per hari, risiko kanker kolorektal meningkat sebesar 17%. Korelasi juga diamati untuk kanker pankreas dan prostat, meskipun hubungannya tidak sekuat itu.

“Asupan daging merah dan olahan yang tinggi dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker kolorektal, usus besar, dan rektal yang signifikan,” studi tersebut menyimpulkan.

Bahkan asupan daging babi dalam jumlah sedang dapat meningkatkan risiko kanker, demikian temuan studi lain. Studi yang dilakukan pada tahun 2019 menemukan bahwa bahkan konsumsi daging merah sesuai dengan pedoman yang ada mengarah pada peningkatan risiko kanker usus: 20 persen dengan setiap tambahan irisan ham atau bacon per hari. Ini sangat penting karena menunjukkan bahwa risikonya tetap signifikan meskipun pola makan orang mungkin telah berubah selama bertahun-tahun.

Sebuah meta-analisis 2013 menemukan bahwa risiko kanker lambung juga meningkat dengan konsumsi daging merah, meskipun penulis meminta lebih banyak penelitian untuk mengklarifikasi hubungan ini. Tinjauan literatur tahun 2016 menemukan bahwa untuk 100g atau lebih daging merah per hari, risiko kanker payudara meningkat sebesar 11%, 17% untuk kanker kolorektal, dan 19% untuk kanker prostat.

ilustrasi kanker

Photo :
  • U-Report

Sementara itu, tinjauan tahun 2017 menemukan banyak karsinogen potensial dalam produk daging merah, termasuk hidrokarbon aromatik polisiklik, dan amina heterosiklik. Produk daging merah, terutama yang telah diproses, memiliki berbagai macam molekul karsinogenik yang diketahui dapat meningkatkan risiko kanker kolorektal, simpul penelitian tersebut.

Bahaya obesitas

Bukan rahasia lagi bahwa dunia (dan terutama negara maju) sedang menghadapi krisis obesitas. Beberapa dekade yang lalu, pelakunya dianggap gemuk, sedangkan dalam beberapa tahun terakhir, gula juga muncul sebagai isu utama. Namun, menurut sebuah penelitian baru-baru ini, daging juga turut berperan.

"Dalam analisis prevalensi obesitas di 170 negara, kami menemukan bahwa ketersediaan gula di suatu negara menjelaskan 50% variasi obesitas sementara ketersediaan daging 50% lainnya. Setelah mengoreksi perbedaan kekayaan negara (Produk Domestik Bruto), konsumsi kalori, tingkat urbanisasi dan aktivitas fisik, yang semuanya merupakan kontributor utama obesitas, ketersediaan gula tetap menjadi faktor penting, berkontribusi secara independen 13%, sementara daging berkontribusi 13% lagi. % terhadap obesitas,” kata Profesor Maciej Henneberg, kepala Unit Riset Antropologi Biologi dan Anatomi Komparatif, dan salah satu penulis penelitian.

Sekali lagi, efek dari masing-masing daging tidak dihitung, tetapi secara keseluruhan, ketersediaan daging yang tinggi berkorelasi dengan obesitas. Perlu juga dicatat bahwa bukan hanya lemaknya, tetapi juga protein dalam daging yang berkontribusi terhadap obesitas.

BAHAYA OBESITAS

Photo :
  • U-Report

Hepatitis E

Namun jika menyangkut daging babi, hati mungkin merupakan organ yang berisiko. Di negara maju, hati babi adalah penular hepatitis E berbasis makanan teratas, virus yang menginfeksi 20 juta orang setiap tahun dan dapat menyebabkan penyakit akut (demam, kelelahan, sakit kuning, muntah, nyeri sendi dan sakit perut), pembesaran hati dan terkadang gagal hati dan kematian.

Sebagian besar kasus hepatitis E diam-diam tanpa gejala, tetapi wanita hamil dapat mengalami reaksi keras terhadap virus, termasuk hepatitis fulminan (gagal hati onset cepat) dan risiko tinggi kematian ibu dan janin. Faktanya, ibu yang terinfeksi selama trimester ketiga menghadapi tingkat kematian hingga 25% (5).

Dalam kasus yang jarang terjadi, infeksi hepatitis E dapat menyebabkan miokarditis (penyakit jantung inflamasi), pankreatitis akut (radang pankreas yang menyakitkan), masalah neurologis (termasuk sindrom Guillain-Barré dan amyotrofi saraf), kelainan darah, dan masalah muskuloskeletal, seperti peningkatan creatine phosphokinase, menunjukkan kerusakan otot, dan nyeri multi-sendi (dalam bentuk poliarthralgia).

Infeksi Yersinia

Daging babi berisiko pada jenis infeksi yang berbeda yakni yersiniosis, yang disebabkan oleh bakteri Yersinia. Di AS saja, Yersinia menyebabkan 35 kematian dan hampir 117.000 kasus keracunan makanan setiap tahun. Rute masuk utamanya pada manusia? Daging babi yang kurang matang.

Gejala akut Yersiniosis cukup berbahaya seperti demam, nyeri, diare berdarah. Tetapi konsekuensi jangka panjangnya adalah apa yang seharusnya menjadi peringatan. Korban keracunan Yersinia menghadapi risiko artritis reaktif 47 kali lebih tinggi, sejenis penyakit radang sendi yang dipicu oleh infeksi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya