5 Manfaat Kurangi Asupan Garam, Kontrol Diabetes Hingga Turunkan Risiko Kanker

Ilustrasi garam.
Ilustrasi garam.
Sumber :
  • Pixabay/bykst

VIVA Lifestyle – Tubuh memang membutuhkan natrium untuk membantu menyeimbangkan kadar cairan dan mengatur fungsi otot serta saraf. Namun, konsumsi terlalu banyak juga dapat berbahaya bagi kesehatan. 

American Heart Association merekomendasikan untuk mengonsumsi kurang dari 2300 miligram sodium atau garam per hari atau sekitar satu sendok teh garam. Namun sayangnya, rata-rata orang mengonsumsi lebih dari 3.400 miligram sehari dan kemungkinan besar tidak menyadarinya. Scroll untuk mengetahui dampaknya.

Ketika Anda mengonsumsi terlalu banyak natrium atau garam, kelebihannya yang berbentuk air akan ditarik ke aliran darah, sehingga dapat meningkatkan aliran darah dan berpeluang terkena penyakit jantung

Ilustrasi serangan jantung/stroke.

Ilustrasi serangan jantung/stroke.

Photo :
  • Freepik/rawpixel.com

Oleh karena itu, disarankan untuk mengurangi asupan garam yang tidak hanya membantu menjaga kesehatan kardiovaskular tetapi juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan dalam berbagai cara. Berikut beberapa manfaat diet rendah sodium, dilansir Health Medical Plan, Sabtu 25 Maret 2023. 

Menurunkan risiko penyakit jantung
Dengan lebih sedikit natrium dalam tubuh Anda, ginjal tidak perlu bekerja ekstra untuk membuang kelebihan cairan dari tubuh. 

Membangun tulang yang lebih kuat
Terlalu banyak garam dapat menyebabkan hilangnya kalsium dari tulang. Sebaliknya, menurunkan asupan garam dapat membantu menjaga kekuatan tulang. 

Halaman Selanjutnya
img_title