Tahapan Berbuka Puasa yang Tepat, Jangan Disepelekan

Ilustrasi sedang makanan.
Sumber :
  • Pexels/Rachel Claire

VIVA Lifestyle – Berbuka puasa menjadi waktu yang paling ditunggu-tunggu. Namun, seringkali banyak yang justru kalap melahap apapun karena sudah seharian menahan lapar.

Gampang Kenyang Padahal Baru Makan Sedikit Ternyata Bukan Kondisi Normal, Ini Sebabnya

Karenanya, tak sedikit yang berakhir mengalami kembung hingga kekenyangan saat berbuka. Untuk menghindari hal itu, catat tahapan dalam berbuka puasa berikut dikutip dari laman Times of India.

Minum sebelum makan

9 Karbohidrat yang Sehat dan Aman untuk Penderita Diabetes, Bebas Khawatir Gula Darah Naik!

Ilustrasi air minum.

Photo :
  • Pixabay/Bernd

Ahli nutrisi dan pelatih latihan kekuatan Rihana Qureshi mengatakan, tubuh kamu dehidrasi setelah puasa lama. Hal pertama yang harus dilakukan adalah minum air.

Zaidul Akbar Sebut Ada Bahaya Tersembunyi di Balik Kebiasaan Minum Saat Makan

"Hindari minuman aerasi karena mengandung banyak gula. Air kelapa segar, jus lemon adalah pilihan yang baik untuk mengembalikan energi tubuh. Jika tidak ada, air putih adalah pilihan terbaik. Minumlah segelas air sebelum makan (bukan saat makan) sehingga tidak menunda proses pencernaan kamu," kata dia.

Buka puasa dengan kurma

Kurma, buah yang menjadi idola di bulan Ramadan.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Ini mungkin sudah kamu lakukan. Buka puasa dengan kurma penting karena beberapa alasan. Kurma adalah sumber gula, vitamin, dan mineral alami yang bisa membantu menghilangkan lelah karena puasa. Tapi yang lebih penting, kurma adalah alkalin sehingga membantu menyeimbangkan asam di perut setelah puasa seharian. Kurma juga kaya serat yang bisa menghindari terjadinya konstipasi.

Mulai dengan protein

Ilustrasi ayam panggang.

Photo :
  • instagram

Qureshi mengatakan, saat makan besar, menjaga keseimbangan sangatlah penting. Hal pertama yang kamu makan harus merupakan sumber protein yang baik seperti ayam, dan beberapa lemak baik seperti kacang atau alpukat. Serat dan karbohidrat dari makanan seperti nasi dan sayuran hijau juga harus dikonsumsi.

Kebiasaan buka puasa buruk yang harus dihindari

Ilustrasi gorengan

Photo :
  • Pixabay/pexels

Sayangnya, kebiasaan orang Indonesia memakan gorengan masih sulit dihindari. Meski tidak masalah menikmati makanan ini sesekali, tapi hindari mengonsumsinya setiap hari. Sama halnya hindari juga makanan dari tepung seperti mi dan pasta, gula seperti manisan dan kue, serta makanan yang diproses lainnya. Menurut Qureshi, tubuh kamu membersihkan diri selama puasa. Makan makanan berat dan kue manis setelah puasa berjam-jam bisa mengganggu sistem pencernaan kamu dan menghalangi manfaat puasa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya