Zaidul Akbar Bongkar Rahasia Wajah Glowing Tanpa Skincare

Dokter Zaidul Akbar.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Konsultan, dan praktisi pengobatan sunah Indonesia Dokter Zaidul Akbar mengungkap rahasia kulit glowing meski tanpa menggunakan skincare. Cara-cara ini dianggap lebih praktis dan tidak ribet.

Bukan Dibakar, Begini Cara Buktikan Keaslian Madu Murni

Dalam pembahasan tersebut, Zaidul Akbar mengatakan terdapat dua bahan alami yang bisa digunakan untuk kulit glowing. Dua bahan itu juga mudah dijumpai dan aman digunakan.

Zaidul Akbar

Photo :
  • Tangkapan Layar: Instagram
5 Manfaat Menakjubkan Mengonsumsi Air Kelapa Setiap Hari, Bisa Jaga Kesehatan Jantung

“Dalam penggunaannya mungkin bisa pakai kunyit, bubuk kunyit (diberi campuran) madu, itu bisa bikin glowing juga,” ungkap Zaidul Akbar dikutip dari channel YouTube Sehat Sunnah, Selasa 18 April 2023.

Seperti diketahui, Saat ini, tidak sedikit masker wajah yang menambahkan kunyit di dalamnya. Ini karena, kunyit memiliki kandungan kurkumin dengan sifat anti radang dan antioksidan. Kedua kandungan tersebut memberikan segudang manfaat untuk kulit wajah.

Jarang Disadari, Ini 5 Manfaat Luar Biasa Daun Sirih untuk Kesehatan Tubuh

“Kan kunyit kaya antioksidan. Semakin banyak antioksidan yang kita makan maka dia akan semakin berperan sebagai radikal scavenger-nya dia ngangkat” kata pria 45 tahun itu.

Lebih lanjut, Zaidul Akbar menyarankan untuk siapapun yang menginginkan kulit bersih atau glowing untuk menjaga pola makan. Hal ini, kata dia sangat berpengaruh terhadap kecerahan kulit wajah.

Adapun, dia juga menyebutkan bahwa terdapat banyak bahan-bahan alami lainnya yang bisa digunakan untuk facial atau masker agar wajah glowing.

"Banyak sih sebenarnya facial untuk muka dari bahan alami banyak banget," ungkapnya.

Namun, lulusan Universitas Diponegoro itu menyarankan kepada jemaahnya untuk bisa mulai dengan mencoba dua bahan yang direkomendasikan tadi, yakni bubuk kunyit dan madu.

Dilansir dari studi yang dirilis Frontiers in Pharmacology (2021), kurkumin pada kunyit memiliki potensi untuk menghambat aktivitas dari enzim yang mendorong produksi melanin yang merupakan pewarna kulit alami.

Kurkumin menjadi bahan alami untuk membantu mencerahkan kulit sebab dapat menekan terbentuknya melanin di sel permukaan kulit. Semua cara kerja tersebut membantu menjadikan kulit tidak tampak kusam.

Lebih lauh, riset dari Journal of Clinical Aesthetic Dermatology (2018) memperlihatkan jika penggunaan masker kunyit selama 4 minggu bisa membantu menyamarkan noda bekas jerawat sampai 14%. Dalam studi ini menunjukkan jika kurkumin bersifat antioksidan yang dapat menurunkan paparan radikal bebas pada kulit karena jerawat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya