Mengapa Serangan Stroke Sering Terjadi Saat Anda di Kamar Mandi?

Ilustrasi penderita stroke.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Stroke adalah suatu gangguan kesehatan yang terjadi ketika aliran darah ke otak terganggu, ketika arteri yang melayani otak tersumbat atau pecah. Stroke menyebabkan kematian sel-sel otak dan merupakan kondisi yang mengancam jiwa yang membutuhkan perhatian medis segera.

Istri Kenang Sosok Dorman Borisman, Bikin Haru Ungkap Hal Ini

Sebab, semakin banyak waktu berlalu tanpa pengobatan, semakin banyak sel-sel otak yang mati dan oleh karena itu semakin besar kemungkinan seseorang menderita hasil yang serius seperti kecacatan permanen atau bahkan kematian. 

Inilah sebabnya, mengapa penting untuk mengetahui metode CEPAT untuk mengidentifikasi stroke, yang melibatkan pemeriksaan untuk melihat apakah satu sisi wajah Anda terkulai ke bawah terutama ketika Anda mencoba untuk tersenyum.

Kondisi Terkini Betharia Sonata, Jalani Latihan Motorik Pasca Alami Gejala Stroke

Selain itu, coba mengangkat kedua tangan Anda dan memeriksa untuk melihat apakah salah satunya bergerak ke bawah, periksa untuk melihat apakah Anda mengalami masalah dengan ucapan Anda. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Ilustrasi stroke.

Photo :
  • U-Report
Sambil Menangis, Istri Cerita Temani Dorman Borisman di Saat-saat Terakhir

Jika hal-hal tersebut sudah coba diidentifikasi, maka bila memang mengkhawatirkan hal tersebut akan menunjukkan pentingnya waktu dan bahwa Anda harus menelepon layanan gawat darurat sesegera mungkin jika Anda mengalami tanda-tanda stroke.

Satu pertanyaan yang ditanyakan banyak orang sehubungan dengan stroke adalah mengapa stroke tampaknya selalu terjadi di kamar mandi, dengan hal yang sama berlaku untuk serangan jantung. Mungkinkah itu hanya kebetulan atau ada lebih dari yang terlihat? 

Melansir laman Bellairee, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah urutan mandi bisa menjadi penyebab stroke sering terjadi di kamar mandi.

Sebagai diketahui manusia memiliki aliran darah yang panas, ketika membasahi kepala dan rambut terlebih dahulu saat mandi akan menyebabkan tubuh Anda menyesuaikan suhunya terlalu cepat, menurut ahli di bellaireer.com.

Ilustrasi pria muda terserang stroke.

Photo :
  • U-Report

Ini akan menyebabkan darah mengalir deras ke kepala dan dapat menyebabkan pecahnya kapiler atau arteri, yang menyebabkan stroke.

Oleh karena itu, disarankan saat mandi dimulai dengan membasahi tubuh dari kaki hingga pundak secara perlahan, kemudian dilanjutkan dengan mandi seperti biasa. 

Ini sangat berguna bagi orang-orang dengan tekanan darah tinggi, kadar kolesterol tinggi, dan faktor risiko stroke lainnya, terutama saat mandi di pagi hari karena tekanan darah biasanya tinggi di pagi hari.

Namun, penting untuk menunjukkan bahwa, dalam banyak kasus, bukan mandi yang menyebabkan stroke di kamar mandi tetapi mengejan saat buang air besar, seperti yang terungkap dalam diskusi di bellaireer.com.

Ilustrasi serangan jantung/stroke.

Photo :
  • Freepik/rawpixel.com

Ini karena, ketika seseorang mengejan saat buang air besar, terutama saat sembelit, mereka menahan napas dan menahan diri secara berlebihan dalam apa yang disebut sebagai manuver Valsava. Tindakan ini dimaksudkan untuk meningkatkan tekanan perut dan mengeluarkan tinja. 

Namun, tindakan ini juga memberi banyak tekanan pada jantung dan sistem peredaran darah karena meningkatkan tekanan di dalam dada yang menyebabkan berkurangnya aliran darah ke jantung.

Menurut ahli di  mengurangi aliran darah ke jantung, memperlambat pemompaan jantung dan karenanya mengurangi jumlah darah yang dipompa ke otak. Ini dapat menyebabkan beberapa orang pingsan. 

Selain itu, begitu Anda berhenti mengejan untuk mendorong feses keluar, pelepasan yang tiba-tiba akan menyebabkan peningkatan tekanan darah secara tiba-tiba, dan jika Anda memiliki tekanan darah yang tidak terkontrol, situasi seperti itu akan menyebabkan beberapa arteri di otak Anda pecah sehingga menyebabkan terjadinya stroke.

Ini mungkin mengapa sembelit kronis dikaitkan dengan risiko stroke yang lebih tinggi dan kejadian kardiovaskular lainnya seperti serangan jantung dan serangan jantung.

Alasan lain mengapa stroke sering terjadi di kamar mandi adalah karena seseorang cenderung terpeleset dan jatuh saat mandi. Ini paling umum terjadi pada individu yang lemah atau orang tua.

Ketika seseorang jatuh, kemungkinan besar kepalanya akan terbentur yang menyebabkan pendarahan di otak, dan menyebabkan stroke. 

Melakukan tindakan pencegahan seperti memasang palang pegangan di dinding kamar mandi, membentangkan keset kamar mandi untuk menutupi permukaan yang licin, dan menggunakan bangku mandi kan membantu mencegah serangan stroke di kamar mandi.

Suhu air juga berperan dalam mengarah ke situasi di mana stroke tampaknya sering terjadi di kamar mandi, menurut para ahli di bellaireer.com.

Jika Anda tidak memiliki masalah jantung atau pembuluh darah, maka air dingin, bahkan air sedingin es akan menimbulkan bahaya bagi Anda.

Namun, jika Anda memiliki masalah seperti itu atau memiliki riwayat stroke, sebaiknya gunakan air hangat saat mandi. Ini karena, kedinginan dapat menyebabkan arteri menyempit, membatasi atau mencegah aliran darah ke organ utama seperti otak dan jantung, sehingga meningkatkan kemungkinan terkena stroke.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya