5 Mitos Menstruasi yang Banyak Dipercaya, Gak Boleh Keramas Hingga Minum Kopi

Ilustrasi menstruasi/nyeri haid.
Sumber :
  • Pixabay/Saranya7

JAKARTA – Menstruasi yang dialami oleh para wanita setiap bulan mendatangkan berbagai mitos yang sejak lama dipercaya oleh masyarakat luas. Beberapa hal disebut menjadi pantangan selama masa menstruasi karena dapat berpengaruh buruk terhadap kondisi kesehatan.

Terpopuler: Mitos Tentang Masturbasi Hingga Tips Memilih Camilan Sehat

Akan tetapi, banyak dari kepercayaan itu yang ternyata hanya sebatas mitos atau tidak sesuai dengan fakta di dunia kesehatan. Apa saja? Yuk, scroll untuk mengetahuinya.

Mitos seputar menstruasi pertama yang paling banyak dipercaya adalah bahwa seorang wanita yang sedang dalam masa menstruasi dilarang minum kopi karena akan menyebabkan nyeri yang semakin parah. Faktanya, minum kopi diperbolehkan selama dalam batas wajar dan tidak ada kaitannya dengan nyeri haid.

10 Tips Redakan Nyeri Haid dengan Cara Alami

"Minum kopi boleh, asalkan tidak berlebihan. Sebenarnya tidak ada kaitannya ya karena kopi itu masuknya ke lambung sedangkan menstruasi terjadi di bagian rahim," jelas dokter Wisniaty Condro, saat ditemui di Sarinah, Jakarta, Jumat 23 Juni 2023.

Maknai Semangat RA Kartini, Shandy Purnamasari: Perempuan Tak Cuma Jadi Istri dan Ibu

Selain minum kopi, mitos soal minum es bisa menghentikan haid juga banyak diyakini oleh para wanita. Faktanya, belum ada penelitian khusus dan signifikan yang membuktikan haid bisa berhenti jika minum air es. Namun, minum-minuman hangat lebih disarankan karena dapat membantu meredakan rasa sakit dari kram menstruasi. 

Mitos selanjutnya adalah keramas saat haid disebut dapat membuat sakit kepala. Beberapa orang menganggap keramas saat haid justru dapat menyebabkan sakit kepala karena kondisi pori-pori kulit kepala terbuka.

"Sakit kepala saat haid sebenarnya disebabkan oleh fluktuasi hormon. Justru harus dijaga kebersihan rambut dan kulit kepalanya selama haid dengan cara keramas secara teratur," jelasnya.

Kemudian, banyak juga yang meyakini bahwa periode menstruasi harus 28 hari. Rata-rata wanita memang mengalami siklus menstruasi selama 28 hari. Namun siklus yang normal adalah berada di rentang waktu 21-35 hari. Sekalipun siklus menstruasi menjadi lebih cepat atau lama tetapi masih dalam kurun waktu tersebut, maka masih terbilang normal.

Dokter Wisniaty juga menegaskan bahwa selaput dara tidak berhubungan dengan keperawanan wanita. Sejauh ini masih banyak yang keliru bahwa ketika selaput dara robek maka orang tersebut dikatakan sudah tidak perawan lagi. 

Ilustrasi menstruasi/haid/pembalut.

Photo :
  • Freepik

"Secara media selaput dara tidak berhubungan dengan keperawanan wanita. Sebab, setiap wanita memiliki variasi selaput dara mulai dari bentuk hingga ketebalan. Jadi, hal itu bukan lah acuan atau penanda keperawanan seorang wanita," paparnya.

Di samping itu, selama masa menstruasi para wanita dianjurkan untuk selalu menjaga kebersihan area intim guna menghindari rasa gatal hingga iritasi. Salah satunya adalah dengan menggunakan pembalut yang tepat seperti yang terbuat dari bahan organik dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya