Sederet Cara Turunkan Kolesterol Usai Makan Daging Kurban Idul Adha 2023, Coba Konsumsi Makanan Ini

Ilustrasi makan daging kurban
Sumber :
  • U-Report

Jakarta – Setelah perayaan Idul Adha dan mungkin banyak mengonsumsi daging kurban, penting bagi kita untuk memperhatikan kesehatan dan menjaga kadar kolesterol dalam tubuh agar tetap terkendali. Seperti diketahui, kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah. 

Kesehatan Makin Memburuk, Istana Buckingham Perbarui Rencana Pemakaman Raja Charles III

Namun, dengan memilih makanan yang tepat setelah mengonsumsi daging kurban, maka akan membantu menurunkan kadar kolesterol dan tetap menjaga kesehatan. Pada kali ini akan diberikan beberapa pilihan makanan sehat yang dapat membantu menurunkan kolesterol setelah makan daging kurban yang dihimpun dari berbagai sumber. Scroll ke bawah untuk simak artikel selengkapnya. 

1. Mengandung Serat Tinggi

10 Tips Redakan Nyeri Haid dengan Cara Alami

Serat

Photo :
  • times of india

Makanan kaya akan serat seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian utuh (gandum, beras merah, dan yang lain), dan kacang-kacangan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Atau juga serat larut, seperti yang ditemukan dalam oatmeal, apel, dan barley, terbukti efektif dalam mengurangi kolesterol jahat. 

5 Tips Pilih Camilan Sehat Buat Anak, Jangan Cuma Lezat Bun!

2. Ikan Berlemak

Ikan salmon.

Photo :
  • Pixabay

Makanan selanjutnya adalah dengan mengonsumsi ikan berlemak seperti salmon, makarel, sarden, dan tuna yang kaya akan asam lemak omega-3. Karena dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL).

3. Minyak Zaitun

Ilustrasi minyak zaitun.

Photo :
  • U-Report

Kamu bisa menggantikan minyak nabati biasa dengan minyak zaitun extra virgin yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan jantung dan membantu menurunkan kadar kolesterol LDL. Selain itu, minyak zaitun juga kaya akan antioksidan yang baik untuk kesehatan secara keseluruhan.

4. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian

Photo :
  • U-Report

Selanjutnya kamu juga bisa mengonsumsi kacang-kacangan seperti almond, kacang tanah, kenari, dan biji-bijian seperti biji rami dan biji labu yang mengandung lemak sehat, serat, dan fitosterol. Semua yang disebutkan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL.

5. Teh Hijau

Teh hijau

Photo :
  • Eat This

Teh hijau mengandung senyawa antioksidan yang disebut polifenol, yang dapat membantu mengurangi kolesterol total dan LDL. Dengan meminum secangkir teh hijau hangat setelah makan dapat memberikan manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh. 

6. Bawang Putih

Bawang Putih

Photo :
  • Pinkvilla

Terakhir, ada bawang putih yang memiliki sifat antikolesterol. Mengonsumsi bawang putih mentah atau dalam bentuk suplemen dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya