2 Tanda Penting Bedakan Daging Hewan Terinfeksi Antraks, Wajib Dihindari!

Ilustrasi sapi
Sumber :
  • The Human League

YOGYAKARTA – Kasus antraks yang terjadi di Kabupaten Gunungkidul, DIY, memicu kekhawatiran masyarakat luas lantaran memakan korban jiwa. Kendati begitu, infeksi antraks sendiri sebenarnya dapat dicegah sejak awal dengan memahami tanda-tanda khas pada daging hewan yang terpapar virus tersebut.

Followers TikToker Gali Loss Melejit Buntut Konten Hewan Ngaji, Polisi: Dia Tak Berpikir Panjang

Konsultan Penyakit Tropik dan Infeksi RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo, dr. Robert Sinto, mengatakan bahwa sebenarnya butuh mata yang jeli untuk mengenali daging yang terinfeksi antraks. Kecurigaan sendiri seharusnya dimulai dari penjagal atau tukang potong hewan yang dapat melihat ciri-ciri daging yang terpapar antraks. Scroll untuk informasi selengkapnya.

"Susah-susah gampang. Harus ahli yang lihat. Tapi, tukang potong bisa identifikasi kecurigaan atau bila hewan belum terdiagnosis saat pemotongan, dengan melihat daging warna lebih hitam dibanding merah darah segar," ujarnya dalam acara Hidup Sehat tvOne, Senin 10 Juli 2023.

Keberadaan Astronot Terancam, Hal Mengerikan Ini Muncul di Luar Angkasa

Warna daging yang lebih hitam itu lantaran aliran darahnya sudah tak lagi baik saat hewan tersebut masih hidup. Selain itu, akan terlihat warna hitam seperti kaki busuk pada organ limpa hewan tersebut.

5 Negara Paling Tidak Ramah Vegetarian di Asia, Ada Korea Selatan dan Jepang

"Limpa hewan akan warna lebih hitam dan bentuknya rusak. Curigai antraks. Hitamnya seperti kaki diabetes busuk, gambarannya tidak segar. Hitam pekat karena aliran darah tidak baik," jelasnya.

Antraks merupakan penyakit menular akut yang disebabkan oleh bakteri bacillus anthraxis. Bakteri ini memiliki kemampuan membentuk spora yang tahan terhadap perubahan cuaca dan mampu bertahan di tanah selama bertahan-tahun sehingga sulit untuk dieliminasi.

Proses penularan bakteri dari hewan ke manusia tidak mesti secara langsung. Tanah bekas hewan mati akibat antraks pun menjadi berbahaya. Bakteri mudah masuk ke dalam tubuh manusia melalui luka atau kulit yang mengelupas walaupun kecil. 

"Jadi penularannya bisa melalui menghirup spora di tanah bekas hewan tersebut dikubur, kontak dengan daging karena nempel di luka manusia, dan makan-makanan dari daging yang terinfeksi," imbuhnya.

Pencegahan antraks sendiri bisa dilakukan dengan memberi vaksin pada hewan ternak secara rutin. Selain itu, antraks yang menginfeksi manusia pun dapat diobati dan disembuhkan namun kerap diabaikan gejalanya hingga cenderung mengancam nyawa.

"Kita punya antibiotik. Yang sulit itu kecenderungan masyarakat untuk berobat. Keadaan ekonomi tidak memadai sehingga abai keluhan-keluhan," tandasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya