5 Manfaat Olahraga Angkat Beban, Turunkan Berat Badan Hingga Cegah Penyakit Kronis

ilustrasi angkat beban
Sumber :
  • nakaridore/freepik

JAKARTA – Budaya olahraga di gym sedang sangat ramai digandrungi oleh kalangan dewasa muda dan remaja di Indonesia. Salah satu jenis olahraga yang cukup digemari adalah angkat beban

10 Tips Redakan Nyeri Haid dengan Cara Alami

Olahraga angkat beban diketahui dapat meningkatkan massa otot Anda pada usia berapa pun. Berikut beberapa manfaat melakukan olahraga angkat beban, dilansir Mayo Clinic, Minggu 9 Juli 2023. Yuk, scroll untuk tahu informasi selengkapnya.

Mengembangkan tulang yang kuat
Dengan memberikan tekanan pada tulang Anda, latihan ini dapat meningkatkan kepadatan tulang dan mengurangi risiko osteoporosis. 

5 Tips Ampuh untuk Hilangkan Lemak Perut yang Bikin Susah Gerak

Mengontrol berat badan
Latihan angkat beban dapat membantu seseorang mengelola bahkan membantu menurunkan berat badan. Olahraga ini mampu meningkatkan metabolisme untuk membantu Anda membakar lebih banyak kalori. 

Pekerja Kantoran Sering Mengeluh Sakit Leher dan Pinggang? Begini Mengatasinya

Meningkatkan kualitas hidup
Olahraga angkat beban dapat meningkatkan kualitas hidup dan meningkatkan kemampuan Anda untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Latihan ini juga dapat melindungi persendian dari cedera. Membangun otot juga dapat berkontribusi pada keseimbangan yang lebih baik dan dapat mengurangi risiko jatuh. Ini dapat membantu Anda mempertahankan kemandirian seiring bertambahnya usia. 

Mengelola kondisi kronis
Latihan angkat beban dapat mengurangi tanda dan gejala dari banyak kondisi kronis, seperti artritis, nyeri punggung, obesitas, penyakit jantung, depresi dan diabetes

Asah kemampuan berpikir
Beberapa penelitian menunjukkan, latihan angkat beban dan aerobik secara teratur dapat membantu meningkatkan keterampilan berpikir dan belajar untuk orang dewasa yang lebih tua.

Kompetisi angkat beban
Magnus Iron Games, kompetisi angkat beban terbesar di Jakarta yang telah dihelat sejak 2017, kembali digelar. Tahun ini, Magnus Iron Games 2023 sukses digelar di Cilandak Town Square pada 17 dan 18 Juni 2023 lalu. 

Ini merupakan tahun ke-4 dari Magnus Iron Games. Di tahun ini, ada total 157 peserta yang ikut berkompetisi. Para peserta bertanding di dua kategori. Pertama, ada kategori Powerlifting yang memiliki 10 sub-kategori, yakni Male U74, Male U83, Male U93, Male Open, Female U57, Female Open Class, Big Deal Male dan Big Deal Female.

Kedua, ada kategori Functional Fitness yang memiliki 8 sub-kategori, yakni Male RX, Male Intermediate, Male Scaled, Masters Male, Female RX, Female Intermediate, Female Scaled, Masters Female.

Total, ada 24 pemenang di perhelatan Magnus Iron Games 2023. Semua pemenang dinilai oleh tiga Game Director, yakni atlet Andre Yoga, Yulius Tedjo, dan Sandi Yonathan. Pemenang dinilai berdasarkan waktu dan total angkatan berat yang digabungkan. Semakin rendah nilai diperoleh, semakin tinggi peringkatnya.

Hans Krisna, Chief Director sekaligus pendiri Magnus & GymFitnessIndo, merasa, perhelatan ini penting untuk dunia olahraga Indonesia. Ia berharap, acara ini bisa meningkatkan animo masyarakat untuk lebih menyukai olahraga angkat beban.

"Kami sangat bangga dapat menyelenggarakan Magnus Iron Games sebagai dukungan terhadap olahraga angkat beban dengan standar tertinggi," ujar Hans dalam keterangannya. 

"Melalui kompetisi rutin ini, kami berharap bisa memberikan wadah bagi pecinta olahraga ini untuk berkompetisi, sehingga mereka memiliki tujuan dan motivasi untuk terus berlatih," sambungnya.

Hans pun senang, dengan berbagai kekurangan yang terjadi, acara bisa berlangsung dengan baik dan penuh kesan. Demi meningkatkan minat masyarakat Indonesia di cabang olahraga angkat beban, Magnus Iron Games rencananya akan terus diadakan secara rutin setiap tahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya