Jadi Penyebab Taufik Lala Meninggal, Ini Pencegahan Dini Asam Lambung

Taufik Lala, Pemeran Sinetron Islam KTP Dikabarkan Meninggal Dunia
Sumber :
  • Instagram @lalataufik

JAKARTA – Aktor sekaligus komedian, Taufik Hidayat atau yang lebih dikenal dengan nama Taufik Lala meninggal dunia pada Rabu, 26 Juli 2023, sekitar pukul 12.40 WIB. Mendiang Taufik sendiri meninggal dunia usai bersepeda lantaran mengeluh asam lambungnya naik.

Viral, Pria Gorontalo Temani Jenazah Ayah di Dalam Keranda untuk Terakhir Kali

Ketika sedang bersepeda, Taufiq merasa ada yang tidak beres dengan sepedanya kemudian dibawa ke bengkel. Sesampainya di bengkel, Taufik ngobrol dengan teman-temannya sambil istirahat. Scroll untuk info selengkapnya

Lalu, sekitar pukul 12.00 WIB, Taufik Lala ingin minum, orang di bengkel itu menawarkan teh, Taufik Lala menolak dengan alasan asam lambungnya sedang naik. Lalu ia meminum air putih yang dibawa. 

5 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi oleh Penderita Asam Lambung, Apa Saja?

Lalu setelah minum air putih, Taufik batuk dan tersedak sampai akhirnya pingsan. Orang-orang yang ada di bengkel langsung panik dan membawa Taufik Lala ke rumah sakit. Sampai akhirnya, ketika dibawa ke RS, Taufik meninggal dunia. 

40 Ribu NIK KTP Warga Jakarta yang Sudah Meninggal Dinonaktifkan

Kabar duka Taufik Lala lantas membawa keprihatinan bagi banyak orang dengan menyoroti faktor penyebabnya yaitu asam lambung. Lantas, apa saja gejalanya dan pencegahan tepat? Berikut ulasannya.

Asam ini secara ilmiah dikenal sebagai cairan di lambung. Ini dikenal seperti superhero pH yang memainkan peran penting dalam pemecahan dan pencernaan makanan. Memahami peran asam lambung dan dampaknya terhadap kesehatan pencernaan sangat penting untuk menjaga sistem pencernaan berfungsi dengan baik. 

Sementara kadar asam lambung yang tepat dapat membantu pencernaan, kadar asam lambung yang tinggi dapat merusak kesehatan pencernaan. Seseorang dengan asam lambung tinggi mungkin mengalami gejala tidak nyaman seperti refluks asam, mulas dan gangguan pencernaan. 

Dengan kata lain, ketika asam lambung Anda berlebihan, itu merusak lapisan halus lambung dan kerongkongan. Produksi asam yang berlebihan dapat menyebabkan terbentuknya ulkus, yang dapat menimbulkan rasa sakit dan memerlukan intervensi medis.

Health Shots mengutip Dr Deepak Lahoti, Direktur Senior, Gastroenterologi, Hepatologi dan Endoskopi, Rumah Sakit Khusus Super Max, Patparganj, New Delhi untuk mengetahui lebih banyak tentang asam lambung tinggi.

Ilustrasi sakit perut

Photo :
  • Pexels/sora shimazaki

Apa itu asam lambung tinggi?

Asam lambung, juga dikenal sebagai asam lambung, adalah cairan pencernaan yang diproduksi di lambung untuk membantu memecah makanan. Ketika asam lambung terlalu tinggi, dapat menyebabkan berbagai gejala tidak nyaman bahkan berbahaya.

Ini terutama terdiri dari asam klorida (HCl), bersama dengan enzim dan lendir lainnya. Sifat asam lambung sangat penting untuk menciptakan lingkungan yang optimal untuk pencernaan dan penyerapan nutrisi, jelas sang ahli. 

Asam lambung juga berfungsi sebagai mekanisme pertahanan kritis terhadap patogen. PH asam lambung yang rendah membantu membunuh atau menghambat pertumbuhan bakteri, virus, dan parasit berbahaya yang dapat masuk ke sistem pencernaan melalui makanan atau minuman yang dicerna.

Gejala asam lambung tinggi

Berikut adalah tanda dan gejala asam lambung tinggi yang paling umum, seperti yang dijelaskan oleh Dr Lahoti. 

Maag

Ketidakseimbangan produksi asam lambung atau sekresi asam yang berlebihan dapat menimbulkan berbagai gejala. Salah satu gejala yang paling umum dari asam lambung tinggi adalah mulas. Ini adalah sensasi terbakar yang dimulai di dada dan bergerak ke tenggorokan dan disebabkan oleh refluks asam di kerongkongan.

Mual

Apakah Anda merasa mual setelah makan? Keduanya merupakan gejala umum asam lambung tinggi. Rasa mual akibat asam lambung tinggi berkisar dari ringan hingga berat.

Ilustrasi perut kembung.

Photo :
  • U-Report

Kembung

Jika Anda sering merasa kembung atau tidak nyaman setelah makan, bisa jadi asam lambung Anda tinggi. Kembung adalah gejala lain dari peningkatan asam lambung, dan ini bisa mengakibatkan rasa kenyang dan tidak nyaman setelah makan.

Gejala lainnya

Selain gejala umum tersebut, asam lambung tinggi juga bisa menyebabkan muntah, gangguan pencernaan, dan sakit perut. Ini juga dapat menyebabkan perubahan nafsu makan, seperti penurunan nafsu makan atau peningkatan keinginan untuk makan.

Bagaimana cara mencegah produksi asam lambung yang tinggi?

Asam lambung yang tinggi dapat disebabkan oleh berbagai hal yang berbeda dan dapat diobati dengan obat-obatan atau perubahan gaya hidup. Dalam beberapa kasus, perubahan gaya hidup mungkin cukup untuk mengurangi kadar asam lambung dan meredakan gejala, menurut Dr Lahoti. 

Berikut adalah beberapa perubahan yang harus Anda lakukan dalam hidup Anda jika Anda menderita asam lambung

Jaga berat badan Anda karena orang gemuk atau kelebihan berat badan lebih cenderung memiliki asam lambung. Cobalah untuk menghindari makan-makanan pedas karena dapat memperparah gejalanya.

Tinggikan kepala Anda sekitar 30 derajat untuk melawan gejala keasaman. Jangan makan berlebihan karena juga dapat memperburuk kondisi. Makan lebih sedikit, misalnya, jika Anda makan tiga kali sehari, bagi menjadi 5-6 porsi kecil.

Minum obat secara berkala untuk menjaga kesehatan pencernaan Anda. Jangan stres karena masalah atau secara umum karena dapat memperburuk keadaan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya