9 Cara Mengatasi Kulit Berminyak, No 6 Harus Dihindari

Ilustrasi wanita/kulit wajah.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Kulit berminyak adalah kondisi kulit yang terjadi karena produksi sebum berlebihan oleh kelenjar minyak kulit. Hal ini dapat menyebabkan wajah tampak berkilau, pori-pori terlihat lebih besar, dan dapat meningkatkan risiko timbulnya jerawat. Pada kali ini akan dijelaskan beberapa cara mengatasi kulit berminyak yang dihimpun dari berbagai sumber. Scroll ke bawah untuk simak artikel selengkapnya. 

Rahasia Memilih Model Rambut, Tampil Menawan Sesuai Bentuk Wajah

1. Rajin Cuci Muka

Wanita cuci muka.

Photo :
  • http://3.bp.blogspot.com
Abu Vulkanik Gunung Ruang Bahayakan Kesehatan, BMKG Imbau Warga Pakai Masker

Cara mengatasi kulit berminyak yang pertama adalah rajin melakukan pembersihan pada wajah. Bersihkan wajah dua kali sehari dengan pembersih yang lembut dan cocok untuk kulit berminyak. Pembersih ini akan membantu mengangkat kotoran, minyak berlebih, dan sisa-sisa make-up yang bisa menyumbat pori-pori.

2. Hindari Produk Cuci Muka yang Berbusa

Lebih Dari Sekadar Lezat! Alpukat Ternyata Punya Segudang Manfaat untuk Kesehatan Jantung dan Kulit

Wanita cuci muka.

Photo :
  • U-Report

Pencuci wajah yang berbusa umumnya mengandung bahan-bahan yang dapat membuat kulit menjadi lebih kering. Kondisi ini dapat memicu kelenjar minyak kulit untuk memproduksi lebih banyak minyak sebagai reaksi alami untuk mengatasi kekeringan. Pilihlah pembersih wajah bebas sabun atau berbahan dasar gel yang lembut.

3. Gunakan Toner

Pentingnya Toner Untuk Kulit Wajah

Photo :
  • U-Report

Toner membantu menyeimbangkan pH kulit dan mengurangi minyak berlebih. Pilih toner yang mengandung bahan-bahan seperti asam salisilat atau witch hazel yang membantu mengontrol produksi minyak.

4. Gunakan Pelembap Ringan

Ilustrasi wanita mengaplikasikan krim wajah

Photo :
  • Freepik/senivpetro

Meskipun kulit berminyak memproduksi minyak alami, tetap diperlukan pelembap ringan untuk menjaga kelembapan kulit. Pilih pelembap yang berlabel "non-comedogenic" atau "oil-free," yang berarti tidak akan menyumbat pori-pori.

5. Gunakan Produk Matifying

Bedak wajah

Photo :
  • inmagine.com

Produk matifying seperti bedak tabur atau kertas minyak dapat membantu menyerap kelebihan minyak dari wajah sepanjang hari.

6. Hindari Produk yang Mengandung Minyak

Ilustrasi minyak/serum/skincare/minyak esensial.

Photo :
  • Freepik/awesomecontent

Pastikan untuk menghindari produk-produk perawatan kulit atau kosmetik yang mengandung minyak tambahan. Pilihlah produk yang berlabel "oil-free" atau "non-comedogenic."

7. Gunakan Masker Lumpur atau Masker Tanah Liat

ilustrasi menggunakan masker wajah alami (Foto: Istimewa)

Photo :
  • U-Report

Masker ini membantu menyerap minyak berlebih dari wajah dan membersihkan pori-pori. Gunakan masker ini secara teratur, tapi jangan terlalu sering karena bisa menyebabkan kulit menjadi kering.

8. Lindungi Kulit dari Matahari

Ilustrasi memakai sunscreen

Photo :
  • Michael Kurzman, MD

Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat merangsang kelenjar minyak dan memperburuk kulit berminyak. Gunakan tabir surya dengan SPF yang sesuai setiap kali beraktivitas di luar ruangan.

9. Perhatikan Pola Makan

Wanita konsumsi makanan sehat.

Photo :
  • U-Report

Cara mengatasi kulit berminyak yang terakhir adalah memperhatikan pola makan. Kebiasaan makan juga bisa mempengaruhi kondisi kulit. Kurangi konsumsi makanan berlemak tinggi dan makanan olahan, serta pastikan untuk mengonsumsi cukup air setiap hari. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya