4 Tips untuk Pelari Pemula dari Melanie Putria, Mantan Miss Indonesia yang Sanggup Lari 42 KM

Melanie Putria, Teman Jenius dan 6 World Major Marathoner
Sumber :
  • jenius

VIVA Lifestyle – Melanie Putria yang merupakan teman Jenius dan 6 World Major Marathoners datang ke acara Media Gathering yang diadakan oleh Jenius dari PT Bank BTPN Tbk, selaku co-title sponsor Pocari Sweat Run Indonesia, mendukung penyelenggaraan ajang lari tahunan ini melalui rangkaian acara dalam program #laribarengjenius di Crowne Plaza Bandung, Kamis 27 Juli 2023.

5 Tips untuk Mengontrol Emosi secara Efektif, Menghadapi Emosi dengan Tenang

Melanie Putria, teman Jenius dan 6 World Major Marathoner.

Photo :
  • VIVA/ Deddy Setiawan

Melanie Putria di dalam acara sempat membagikan tips bagi pelari pemula.  Nah, apa saja tips itu? Simak informasi tips lengkapnya ya!

Gibran Bagi-Bagi 1.100 Sepatu Gratis ke Siswa Miskin di Solo: Ini CSR, Bukan dari Saya

Memiliki Tujuan atau Motivasi dalam Menekuni Olahraga Lari

Tips pertama yang disebutkan oleh Melani Putrie adalah harus adanya motivasi dari dalam diri yang mau memulai menekuni olah raga lari. Ia mengungkapkannya ketika sudah menemukan motivasi baru lakukan eksekusi.

6 Tips Membuat Hidup Lebih Tenang, Pikiran Lebih Relaks

“Harus tahu tujuannya apa itu lari? Niat lari mau ngapain? Motivasi nya apa? Kuncinya memang harus ada niat motivasi, nah kemudian baru baru eksekusi,” kata dia.

Pilih Sepatu yang Dikhususkan untuk Lari

Melanie putri membeberkan tips keduanya, yaitu menggunakan gera yang baik seperti sepatu yang sudah menggunakan teknologi yang membuat nyaman kaki para pelari.

“Pakai sepatu lari dengan mempertimbangkan teknologinya yang mendukung dan dibuatkan untuk lari dan tentunya juga menyesuaikan bentuk kaki, karena bentuk kaki kan berbeda-beda,” ujarnya.

“Sepatu agak sedikit mahal gapapa, untuk kesehatan kaki juga, sepatu yang lebih murah banyak juga banyak kok ditemukan, tinggal disesuaikan saja. bijaksanalah dalam memakai uang,” kata Melanie memberikan saran.

Gunakan Smart Watch untuk Mengontrol Jarak Hingga Herat Rate

Jam tangan pintar / smartwatch.

Photo :
  • VIVA.co.id/Amal Nur Ngazis

Melani menjelaskan perlunya gera pendukung dalam berlari, sebelumnya sepatu kali ini merupakan smart watch, ia menyarankan perlunya ada “heart rate”, hal itu sangat penting bagi pelari.

“Carilah Smart watch yang memiliki fitur komplit, seperti mengukur jarak, dan sebenarnya yang paling penting adanya mengukur “heart rate”. Hal itu bisa menjadi penting buat untuk Pull Down dan Pull up lagi,” ucap Melanie.

Tentukan Eksekusi dengan Teknik Berlari yang Tepat

Melanie Putria, Teman Jenius dan 6 World Major Marathoner

Photo :

Melanie menjabarkan bagaimana menekuni bukan merupakan olahraga yang isa dilakukan secara instan dengan hasil yang diharapkan. Ia menjelaskan pentingnya menggunakan teknik-teknik berlari yang baik dan tepat digunakan untuk pemula.

“Eksekusi teknik lari olahraga ini memang sangat kompetitif, teknik cara berlari-lari dengan sedikit jinjit (tumpukannya di bola bola kaki),” imbuhnya.

Ia kemudian menjelaskan bagai pemula sebaiknya menggunakan metode Run and Walk, dengan menggunakan beberapa menit lari dan diselingi jalan.

“Gunakan metode Run and Walk, Lari mulai dari 15 menit aja (Run and walk). Misalnya lari 2 menit jalan semenit, semakin meningkat pelan pelan. Ingat, tidak ada yang instan,” pungkas Melanie.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya