Sederet Tips Jitu Turunkan Demam pada Anak Secara Alami

Anak demam
Sumber :
  • Pixabay

Jakarta  – Demam pada anak tentu membuat orangtua jadi khawatir dan gelisah bukan? Mendapati hal tersebut, kita sebagai orangtua tentu ingin segera mengatasi kondisi itu dengan aman dan alami.

Bukan Hanya Menyenangkan, Ini 5 Manfaat untuk Anak Saat Main di Playground

Namun kebanyakan orangtua justru langsung lebih memilih obat-obatan yang instan dibanding menggunakan bahan-bahan alami. Pasalnya terbilang cepat dan pasti. Tapi jangan salah, sederet bahan-bahan alami rupanya juga mampu menurunkan demam pada anak lho. Seperti beberapa tips yang dapat membantu menurunkan demam pada anak secara alami berikut ini. 

Ilustrasi anak demam.

Photo :
  • U-Report
Tragedi DBD, Kisah Meninggalnya Seorang Anak di Lampung

Kompres dengan Air Hangat

Gunakan kain bersih yang direndam dalam air hangat, lalu peras dan kompreskan pada dahi dan leher anak. Air hangat membantu meredakan demam dengan cara menyebarkan panas tubuh.

Ustaz Khalid Basalamah: Orangtua Gak Wajib Kasih Nafkah ke Anak Laki-laki Jika Sudah Baliqh

Pastikan Anak Tetap Terhidrasi

Demam dapat menyebabkan dehidrasi. Berikan anak minuman yang cukup seperti air putih, jus buah, atau kaldu hangat agar cairan tubuh terpenuhi. Hindari minuman yang mengandung kafein atau gula berlebih karena dapat memperburuk dehidrasi.

Hindari Pakaian Tebal

Walau mungkin tergoda untuk membungkus anak dengan pakaian tebal, hindari melakukannya. Gunakan pakaian tipis dan longgar agar tubuhnya dapat mengatur suhu dengan lebih baik.

Ilustrasi kompres

Photo :
  • pixabay

Mandi Air Hangat

Berendam dengan air hangat dapat membantu menurunkan suhu tubuh anak. Pastikan airnya tidak terlalu dingin, karena hal itu dapat menyebabkan kedinginan yang bisa memperburuk kondisi demam.

Gunakan Kipas Angin

Menggunakan kipas angin di kamar anak dapat membantu sirkulasi udara dan membantu meredakan kepanasan tubuhnya.

Bawang Putih dan Jahe

Bawang putih dan jahe mengandung sifat anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan demam. Anda bisa menambahkan bawang putih atau jahe dalam makanan anak atau membuat minuman herbal dari keduanya.

Beristirahat yang Cukup

Pastikan anak memiliki waktu istirahat yang cukup. Saat tidur, tubuh dapat fokus untuk melawan infeksi dan membantu proses penyembuhan.

Perhatikan Suhu Tubuh

Gunakan termometer untuk memantau suhu tubuh anak secara teratur. Jika suhu tubuh terlalu tinggi atau tidak kunjung turun setelah beberapa hari, segera konsultasikan dengan dokter.

Hindari Lingkungan Berdebu dan Berpolusi

Pastikan anak berada di lingkungan yang bersih dan sehat, hindari paparan debu, asap rokok, dan polusi udara.

Jangan Menggunakan Air Es atau Alkohol untuk Mengompres

Hindari penggunaan air es atau alkohol untuk mengompres karena dapat menyebabkan kulit terlalu dingin dan merusaknya.

Ingatlah bahwa demam adalah respon alami tubuh untuk melawan infeksi. Meskipun Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk membantu menurunkan demam, penting juga untuk mencari penyebab demam tersebut dan jika diperlukan, segera konsultasikan dengan dokter untuk diagnosis dan pengobatan yang tepat. Artikel ini hanya sebagai panduan dan bukan pengganti nasihat medis profesional.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya