Partikel Polusi Udara Terkecil Bisa Tembus Saluran Nafas, Pakar Ungkap Cara Proteksi Diri

Masker Polusi Udara
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

JAKARTA – Polusi udara di Jakarta yang buruk belakangan ini membuat publik semakin waspada. Sebab, kondisi udara di Jakarta berada di angka 150 atau melebih batas ambang aman yang telah ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

5 Penyakit yang Rentan Menyerang Kucing Peliharaan

Di tengah polusi udara yang buruk di Jakarta, masyarakat dihimbau untuk menggunakan masker ketika berada di luar ruangan. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Namun seperti diketahui partikel udara yang berukuran lebih kecil dari atau sama dengan 2.5 mikrometer ini bisa menembus masker dan paru-paru.

Ramalan Kiamat Dapat Sindiran Keras Gegara Timbulkan Hal Mengerikan Ini

Lantas bagaimana solusinya? Masker jenis apa yang bisa membantu masyarakat untuk mencegah polusi udara masuk dalam tubuh?

Ilustrasi polusi udara

Photo :
Dukung Kejagung Usut Tuntas Dugaan Kasus Timah, Pakar: Ini Megakorupsi

Terkait hal itu, Spesialis Paru & Pernafasan Konsultan Paru Kerja & Lingkungan, Dr. dr. Feni Fitriani Taufik, Sp.PKR, Subps.PKL, M.Pd.Ked RS Pondok Indah - Bintaro Jaya, menjelaskan bahwa saat ini jenis apapun masker bisa digunakan untuk melindungi diri ketika berada di luar rumah daripada tidak sama sekali menggunakan masker. 

"Masker ini susah-susah gampang. Patokannya memakai masker jenis apapun di kondisi seperti ini jauh lebih baik dibandingkan tidak menggunakan masker. Melindungi saluran nafas kita dengan menggunakan masker tentu lebih baik daripada tidak menggunakan masker ketika berada di luar," kata dia dalam virtual exclusive interview dengan awak media, Jumat 11 Agustus 2023.

Namun ketika dintaya seberapa efektif kalau merujuk kondisi ideal, masker yang tersedia dan efektif di kalangan masyarakat itu masker N95 yang sangat ketat, protektif disebut mampu melindungi dari paparan polusi termasuk PM 2.5 mirkogram masuk ke dalam tubuh.

"Tapi untuk mendapatkan proteksi yang ideal dari N95 ada syaratnya cara pakainya tidak boleh bocor. Makin ideal suatu masker makin tidak nyaman digunakan. Masker yang ideal sampai saat ini N95 yang respirator. Makin besar perlindungannya itu berkaitan dengan ketidaknyamanan pemakaian dan tentu juga harga yang tidak ekonomis," kata dia.

Ancam Kesehatan, Jakarta Darurat Polusi Udara

Photo :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Namun Feni kembali menegaskan, bahwa masker non medis juga digunakan dan ternyata bisa memberikan perlindungan.

Dia menyebut, sebuah penelitian menunjukkan bahwa pada polisi lalu lintas menggunakan masker kondisi kesehatannya masih lebih baik dibanding yang tidak menggunakan masker. 

"Himbauannya karena kita belum tau kondisi polusi dalam waktu dekat, tetap dihimbau ketika outdoor baiknya menggunakan masker," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya