Dukung Kejagung Usut Tuntas Dugaan Kasus Timah, Pakar: Ini Megakorupsi

Jaksa Agung ST Burhanuddin
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Kasus dugaan korupsi tata niaga timah wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk tahun 2015-2022 tengah jadi sorotan publik luas. Kejaksaan Agung atau Kejagung sejauh ini sudah menetapkan lebih dari 10 tersangka dalam perkara tersebut.

Terungkap Alasan Sandra Dewi Hapus Instagram, Sakit Hati Anaknya Dibully Netizen

Pakar hukum pidana Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Prof. Hibnu Nugroho, menilai dugaan korupsi timah yang sudah menyeret beberapa tersangka itu termasuk skandal besar. Dia mendukung langkah Kejagung untuk menuntaskan perkara hingga ke akar-akarnya.

"Ini megakorupsi, baik dilihat dari jumlah kerugian dan oknum yang terlibat," kata Prof Hibnu, kepada wartawan, Selasa, 2 April 2024.

Rumah Mewah Harvey Moeis Belum Disita, Kuasa Hukum: Itu Rumah Ibu Sandra Dewi

Harvey Moeis, suami dari artis Sandra Dewi ditetapkan sebagai tersangka korupsi

Photo :
  • Antara

Hibnu menduga kasus tersebut juga melibatkan banyak pihak. Apalagi dalam kasus ini, negara disebut mengalami kerugian hingga Rp271 triliun.

KPK Geledah Ruang Kerja Sekjen DPR RI, Ada Apa?

"Ya, terlibat. Sebab, rekayasa tersebut harusnya oknum Timah mengetahui," jelasnya.

Dalam skandal korupsi ini, Kejagung dua hari lalu memeriksa Robert Bonosusatya (RBT) alias RBS, sebagai saksi. RBT jalani pemeriksaan sekitar 13 jam.

Direktur Penyidikan Jampidsus Kejagung, Kuntadi, mengatakan status RBS diperiksa untuk mendalami kaitannya dengan PT RBT, yang diduga gunakan tersangka Harvey Moeis sebagai perpanjangan tangan agar menghubungi Dirut PT Timah 2018-2019 dan mengakomodasi kegiatan pertambangan liar di wilayah IUP PT Timah.

"Yang bersangkutan kami periksa untuk memastikan keterkaitan yang bersangkutan dengan PT RBT. Apakah yang bersangkutan sebagai pengurus, apakah yang bersangkutan sebagai BO (beneficial owner), atau memang tidak ada kaitannya sama sekali," kata Kuntadi.

Sementara, Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman menduga RBT alias RBS terlibat dalam dugaan kasus timah. Hal itu RBS diduga terkait dengan tersangka Harvey Moeis dan Helena Lim untuk dugaan memanipulasi uang hasil korupsi dengan modus CSR.

Seperti diketahui, perkara dugaan korupsi timah ini membuat heboh masyarakat Tanah Air. Sebab, salah satu tersangka adalah Harvey Moeis yang merupakan suami dari aktris Sandra Dewi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya