Olahraga Ini Cegah Bahaya Serangan Jantung pada Diabetisi, Patut Dicoba!

Ilustrasi diabetes.
Sumber :
  • vstory

JAKARTA – Diabetes melitus atau kencing manis merupakan penyakit tidak menular yang harus mendapatkan perhatian khusus. Penyakit ini menjadi penyebab kematian tertinggi ketiga di Indonesia setelah stroke dan jantung sehingga patut dicegah atau diatasi dengan tepat sejak dini.

Pekerja Kantoran Sering Mengeluh Sakit Leher dan Pinggang? Begini Mengatasinya

Jumlah penderita diabetes di Indonesia terus meningkat dari 10,7 juta pada tahun 2019 menjadi 19,5 juta pada tahun 2021. Indonesia menduduki peringkat kelima dengan jumlah penderita diabetes terbanyak di dunia.

Diabetes adalah penyakit yang terjadi akibat insulin tidak dihasilkan atau tidak bekerja dengan baik, sehingga menyebabkan gula menumpuk di darah kita. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

Melihat kondisi tersebut, maka menerapkan pola hidup sehat merupakan kunci yang dapat meminimalisir seseorang terkena diabetes, baik di usia muda maupun usia lanjut.

Pasien diabetes

Photo :
  • Eat This
5 Manfaat Menakjubkan Mengonsumsi Air Kelapa Setiap Hari, Bisa Jaga Kesehatan Jantung

"Karena kan di Indonesia angka diabetes tinggi, bisa ikut lari dan gaya hidup sehat ini. Atau baru mau mulai ikut gaya hidup sehat dengan olahraga lari ini," ujar Senior Director and General Manager Herbalife Indonesia, Andam Dewi, dalam acara Herbalife Run 2023.

Penyakit diabetes sendiri tidak bisa disembuhkan tetapi dapat dikendalikan agar tidak terjadi komplikasi. Salah satu upaya mencegah komplikasi penyakit diabetes dengan melakukan aktivitas fisik.

Aktivitas fisik ringan seperti berjalan, menaiki tangga, hingga melakukan aerobik juga terbukti mampu menurunkan kadar gula dalam tubuh, sehingga tubuh menjadi sehat, berat badan ideal, dan sekaligus meminimalisir seseorang menderita penyakit diabetes melitus. 

Ini senada dengan Herbalife Run 2023 yang mengusung tema #25 Years of Inspiring Healthy Life yang akan berlangsung secara offline di Aloha, Pantai Indah Kapuk (PIK) 2, Jakarta Utara pada 24 September 2023.

Presentase diabetes

Photo :
  • http://www.vestyles.com/

Herbalife Run 2023 akan melombakan 5 (lima) kategori yaitu kategori Individu pria dan wanita 21Km, 10Km, 5Km, Fun Walk, dan Kids Run. 

Senior Director and General Manager Herbalife Indonesia, Andam Dewi menyatakan bahwa melalui event ini berharap dapat terus berkontribusi dan semakin menginspirasi masyarakat dan komunitas untuk menjalankan gaya hidup sehat dan aktif.

"Setelah vakum selama 3 tahun terakhir karena situasi pandemi, kami sangat bersemangat untuk kembali menyelenggarakan Herbalife Run di Indonesia. Herbalife Run 2023 kami selenggarakan sekaligus untuk merayakan Anniversary ke-25 Herbalife Indonesia hadir dan menjadi bagian masyarakat Indonesia," ujarnya.

Berlari sendiri terbukti meningkatkan sirkulasi darah, yang mengoptimalkan kapasitas pembawa oksigen dari pembuluh darah. Ini adalah berita bagus bagi penderita diabetes yang menghadapi risiko penyakit kardiovaskular seperti stroke, gagal jantung hingga serangan jantung. 

Periksa gejala diabetes.

Photo :

Berlari juga membantu meningkatkan sensitivitas insulin penderita diabetes. Maka, dengan rutin olahraga lari dapat membantu mengendalikan kondisi gula darah tinggi pada diabetisi.

Namun, hal ini patut diiringi dengan pola makan sehat dengan porsi piring seimbang.

"Sebagai sebuah perusahaan nutrisi kesehatan global, kami tentunya selalu melaksanakan inisiatif-inisiatif dengan fokus meningkatkan pengetahuan tentang nutrisi yang sehat dan kebiasaan berolahraga untuk membantu masyarakat dalam upaya meningkatkan kualitas kesehatan dan kesejahteraan mereka untuk jangka panjang," tambah Andam. 

Lebih baik mencegah daripada mengobati. Mari disiplin menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, serta lakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan apabila mengalami gejala diabetes melitus seperti buang air kecil lebih dari biasanya terutama saat malam hari, kehilangan berat badan tanpa melakukan apapun, hingga luka yang tidak pernah sembuh.

Berikut ini adalah 5 langkah sehat lainnya yang dapat mencegah seseorang menderita penyakit diabetes melitus, dikutip laman Kementerian Kesehatan.

Berhenti Merokok

Merokok merupakan salah satu kegiatan yang bukan saja tidak sehat bagi paru-paru, namun juga dapat menyebabkan seseorang terkena penyakit diabetes melitus. untuk itu, hindari penggunaan tembakau (rokok dan tembakau kunyah) serta berhenti mengkonsumsi minuman beralkohol.

Mempertahankan Berat Badan Ideal 

Mengatur pola makan dengan gizi seimbang untuk mempertahankan berat badan ideal. Kurangi konsumsi karbohidrat dan perbanyak makanan yang kaya akan serat.

Mengkonsumsi Makanan yang Sehat

Salah satu upaya untuk mencegah terkena diabetes melitus dengan konsumsi makanan yang sehat untuk mendapatkan nutrisi. Konsumsi 3-5 porsi buah dan sayur, serta mengurangi asupan gula, garam dan lemak jenuh

Rutin Periksa Gula Darah

Memeriksa gula darah atau HbA1c secara rutin merupakan salah satu cara untuk mendeteksi sedini mungkin kandungan gula darah dalam tubuh, sehingga apabila seseorang terpapar diabetes, akan lebih cepat mendapatkan penanganan.

Mengelola stres

Stres merupakan salah satu penyebab diabetes yang mungkin jarang diketahui oleh masyarakat. Pasalnya ketika tubuh mengalami stres, produksi seretonin akan terganggu, sehingga menyebabkan kemampuan tubuh dalam menciptakan insulin akan berkurang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya