Pernah Dengar Vitamin P? Bisa Kontrol Gula Darah Hingga Penyakit Jantung, Ini Daftar Makanannya

Ilustrasi buah-buahan.
Sumber :
  • Freepik/Valeria_aksakova

VIVA Lifestyle – Istilah 'Vitamin P' digunakan untuk merujuk pada sekelompok bioflavonoid, yang merupakan senyawa alami yang ditemukan pada tumbuhan yang memiliki sifat antioksidan dan memiliki beberapa manfaat kesehatan lainnya. 

Kesehatan Makin Memburuk, Istana Buckingham Perbarui Rencana Pemakaman Raja Charles III

Bioflavonoid seperti quercetin, rutin, dan hesperidin, ditemukan dalam berbagai buah, sayuran, dan makanan nabati lainnya. Semuanya diyakini menawarkan manfaat kesehatan potensial, apa saja? Yuk, scroll untuk mengetahui penjelasan lengkapnya, dilansir Times of India, Selasa 15 Agustus 2023. 

Antioksidan
Bioflavonoid memiliki efek antioksidan, yang berarti membantu melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh molekul berbahaya yang disebut radikal bebas. Dengan menetralkan radikal bebas berbahaya, senyawa ini berkontribusi pada perlindungan struktur seluler dan integritas DNA.

5 Rekomendasi Makanan untuk Ibu Menyusui Agar ASI Lancar

Antioksidan dinilai berkontribusi terhadap kesehatan secara keseluruhan dan membantu mengurangi risiko penyakit kronis seperti penyakit kardiovaskular, diabetes, dan jenis kanker tertentu. 

5 Tips Ampuh untuk Hilangkan Lemak Perut yang Bikin Susah Gerak

Anti inflamasi
Beberapa bioflavonoid memiliki sifat anti inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, yang berhubungan dengan berbagai kondisi kesehatan.

Kesehatan kardiovaskular
Senyawa tertentu seperti quercetin telah dipelajari potensinya untuk meningkatkan kesehatan jantung dengan meningkatkan fungsi pembuluh darah, mengurangi tekanan darah, dan memengaruhi metabolisme kolesterol. Konsumsi makanan yang kaya akan bioflavonoid, seperti buah jeruk, beri, dan sayuran hijau tua, sering dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung.

Meningkatkan kekebalan tubuh
Bioflavonoid memiliki efek meningkatkan kekebalan dengan mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh dan membantunya bertahan melawan infeksi dan penyakit. 

Pereda alergi
Quercetin, khususnya, telah dipelajari potensinya untuk membantu mengelola gejala alergi dengan menstabilkan sel mast, yang melepaskan histamin dan mediator proinflamasi lainnya yang bertanggung jawab atas reaksi alergi.

Mengatur gula darah
Menurut laporan kesehatan, konsumsi 300 mg flavonoid dapat mengurangi risiko diabetes sebesar 5 persen. Perannya dalam memastikan kesehatan jantung adalah alasan lain mengapa penderita diabetes atau mereka yang berisiko terkena diabetes harus mengonsumsinya setiap hari. 

Ilustrasi diabetes.

Photo :
  • Pexels/Mikhail Nilov

Makanan kaya akan vitamin P
Jenis makanan yang kaya akan flavonoid antara lain, buah jeruk, cokelat hitam, beri, apel, teh hijau, anggur merah, dan sayuran berdaun hijau, seperti bayam, kangkung dan brokoli. Sebagian besar buah dan sayuran berwarna merah, biru dan ungu juga kaya akan antosianidin. Berry merupakan buah pembangkit tenaga, yang mengandung cyanidin, delphinidin, dan peonidin. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya