Apa Itu Menstrual Cup dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Menstrual Cup
Sumber :
  • Pixabay/PatriciaMoraleda

VIVA – Menstruasi adalah bagian alami dari kehidupan setiap wanita. Selain menggunakan pembalut, salah satu alternatif yang semakin populer adalah menggunakan menstrual cup. Jika kamu belum familiar dengan produk ini, maka akan dibahas lebih lanjut mengenai apa itu menstrual cup dan bagaimana cara menggunakannya. Scroll ke bawah untuk simak artikel selengkapnya. 

10 Tips Redakan Nyeri Haid dengan Cara Alami

Apa Itu Menstrual Cup?

Menstrual Cup

Photo :
  • Pixabay/PatriciaMoraleda
Maknai Semangat RA Kartini, Shandy Purnamasari: Perempuan Tak Cuma Jadi Istri dan Ibu

Menstrual cup adalah alat pengumpul darah menstruasi yang terbuat dari bahan medis-grade seperti silikon, karet, atau TPE (Termoplas Elastomer). Cup ini dirancang untuk digunakan berulang-ulang selama siklus menstruasi, menggantikan perluasan pembalut dan tampon sekali pakai. 

Keuntungan utama dari menstrual cup adalah keberlanjutannya dan dampak positifnya terhadap lingkungan. Mereka juga lebih hemat biaya dalam jangka panjang daripada pembalut dan tampon.

Praz Teguh Nilai Wanita dari Mata Kaki, Reaksi Netizen Pro Kontra

Cara Menggunakan Menstrual Cup

Menstrual Cup

Photo :
  • Pixabay/PatriciaMoraleda

1. Cuci Tangan

Pastikan untuk mencuci tangan dengan sabun sebelum menyentuh menstrual cup karena kebersihan menjadi sangat penting dalam hal ini. 

2. Lipat Cup

Lipat menstrual cup agar menjadi bentuk yang lebih kecil dan mudah dimasukkan. Ada berbagai jenis lipatan yang dapat kamu coba, seperti lipatan C atau lipatan segitiga.

3. Posisi yang Nyaman

Temukan posisi yang nyaman, seperti duduk di atas toilet atau berdiri dengan satu kaki di atas permukaan yang tinggi. Ini akan memudahkan kamu memasukkan cup ke dalam vagina. .

4. Masukkan Cup

Perlahan-lahan masukkan cup ke dalam vagina dengan ujung yang tumpul menghadap ke atas. Pastikan agar cup masuk dengan cukup dalam sehingga tidak terasa atau terlihat dari luar.

5. Cek Keketatannya

Pastikan bahwa cup sudah membentuk seal yang rapat dengan dinding vagina. Ini mencegah bocornya darah menstruasi.

6. Periode Menggunakan Cup

Kamu dapat menggunakan menstrual cup hingga 12 jam sebelum perlu mengosongkannya. Ini tergantung pada tingkat aliran darah yang keluar. Saat kamu merasa perlu mengosongkannya, cukup keluarkan cup, kosongkan isinya ke toilet, bilas, dan masukkan kembali jika diperlukan.

7. Pemeliharaan

Setelah siklus menstruasi selesai, sterilkan cup dengan merebusnya dalam air mendidih selama beberapa menit untuk menghilangkan kuman. Simpan cup di dalam kantong atau wadah yang bersih hingga digunakan kembali.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya