Dampak Buruk Hipertensi, Ini Cara Mengatasinya dari WHO!

Ilustrasi hipertensi.
Sumber :
  • Pixabay/rawpixel

JAKARTA – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) baru- baru ini merilis laporan pertamanya mengenai dampak buruk tekanan darah tinggi secara global, serta rekomendasi mengenai cara untuk memenangkan pertarungan melawan penyakit yang sangat berbahaya ini. Laporan tersebut menunjukkan sekitar 4 dari setiap 5 penderita hipertensi tidak mendapat pengobatan yang memadai, namun jika di semua negara dapat meningkatkan cakupannya, 76 juta kematian dapat dicegah antara tahun 2023 dan 2050. 

5 Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Darah Tinggi, dari Buah Beri sampai Yogurt

Hipertensi mempengaruhi 1 dari 3 orang dewasa di seluruh dunia. Kondisi umum dan mematikan ini menyebabkan stroke, serangan jantung, gagal jantung, kerusakan ginjal dan banyak masalah kesehatan lainnya.

Jumlah penderita hipertensi (tekanan darah 140/90 mmHg atau lebih tinggi atau mengonsumsi obat hipertensi) meningkat dua kali lipat antara tahun 1990 dan 2019, dari 650 juta menjadi 1,3 miliar. Hampir separuh penderita hipertensi di seluruh dunia saat ini tidak menyadari kondisinya. Lebih dari tiga perempat orang dewasa penderita hipertensi tinggal di negara-negara berpendapatan rendah dan menengah.

WHO: Imunisasi Global Menyelamatkan 154 Juta Jiwa Selama 50 Tahun Terakhir

Usia yang lebih tua dan faktor genetik dapat meningkatkan risiko terkena tekanan darah tinggi, namun faktor risiko yang dapat dimodifikasi seperti mengonsumsi makanan tinggi garam, tidak aktif secara fisik, dan terlalu banyak minum alkohol juga dapat meningkatkan risiko hipertensi.

Deretan Negara yang Ternyata Penduduknya Paling Cepat Meninggal Dunia

Perubahan gaya hidup seperti makan makanan yang lebih sehat, berhenti merokok dan menjadi lebih aktif bergerak dapat membantu menurunkan tekanan darah. Beberapa orang mungkin memerlukan obat-obatan yang dapat mengendalikan hipertensi secara efektif untuk mencegah komplikasi terkait. 

Pencegahan, deteksi dini dan pengelolaan hipertensi yang efektif merupakan intervensi yang paling hemat biaya dalam layanan kesehatan dan harus diprioritaskan oleh negara-negara sebagai bagian dari paket manfaat kesehatan nasional yang ditawarkan di tingkat layanan primer. Manfaat ekonomi dari program pengobatan hipertensi yang lebih baik melebihi biayanya sekitar 18 berbanding 1. 

“Hipertensi dapat dikontrol secara efektif dengan pengobatan yang sederhana dan berbiaya rendah, namun hanya sekitar satu dari lima penderita hipertensi yang dapat mengendalikannya.” Kata Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus, Direktur Jenderal WHO, melansir laman resmi WHO, Jumat 22 September 2023.

“Program pengendalian hipertensi masih terbengkalai, kurang diprioritaskan, dan sangat kekurangan dana. Memperkuat pengendalian hipertensi harus menjadi bagian dari perjalanan setiap negara menuju cakupan kesehatan universal, berdasarkan sistem kesehatan yang berfungsi dengan baik, adil dan tangguh, yang dibangun di atas landasan layanan kesehatan primer," jelasnya.

Peningkatan jumlah pasien hipertensi yang diobati secara efektif ke tingkat yang diamati di negara-negara dengan kinerja tinggi dapat mencegah 76 juta kematian, 120 juta stroke, 79 juta serangan jantung, dan 17 juta kasus gagal jantung antara saat ini dan tahun 2050.

“Sebagian besar serangan jantung dan stroke di dunia saat ini dapat dicegah dengan obat-obatan yang terjangkau, aman, mudah diakses, dan intervensi lain, seperti pengurangan natrium,” kata Michael R. Bloomberg, Duta Global WHO untuk Penyakit Tidak Menular dan Cedera. 

“Mengobati hipertensi melalui layanan kesehatan primer akan menyelamatkan nyawa, sekaligus menghemat miliaran dolar per tahun," imbuhnya.

Hipertensi dapat dengan mudah diobati dengan obat generik yang aman, tersedia secara luas, dan berbiaya rendah menggunakan program seperti HEART. Paket teknis HEART WHO untuk pengelolaan penyakit kardiovaskular di layanan kesehatan primer dan pedoman pengobatan farmakologis hipertensi pada orang dewasa memberikan langkah-langkah yang terbukti dan praktis untuk memberikan perawatan hipertensi yang efektif di rangkaian layanan kesehatan primer.

Manajemen tekanan darah yang efektif di tingkat komunitas dan negara dapat dicapai di negara-negara dengan semua tingkat pendapatan. Lebih dari 40 negara berpendapatan rendah dan menengah, termasuk Bangladesh, Kuba, India dan Sri Lanka, telah memperkuat perawatan hipertensi mereka dengan paket HEARTS, dan mendaftarkan lebih dari 17 juta orang ke dalam program pengobatan. Negara-negara seperti Kanada dan Korea Selatan melaksanakan program pengobatan hipertensi nasional yang komprehensif, dan kedua negara tersebut telah melampaui angka 50?lam pengendalian tekanan darah pada orang dewasa yang menderita hipertensi. Program pengendalian hipertensi nasional yang sistematis dan berkelanjutan dapat berhasil dan pengendalian tekanan darah tingkat tinggi berarti lebih sedikit stroke dan serangan jantung, serta hidup lebih lama dan lebih sehat. 

https://www.who.int/news/item/19-09-2023-first-who-report-details-devastating-impact-of-hypertension-and-ways-to-stop-it

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya