Jerawat Punggung Mengganggu? Lakukan 5 Hal Ini untuk Mengatasinya

Ilustrasi jerawat punggung
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA Lifestyle – Jerawat atau acne vulgaris (AV) adalah suatu kondisi peradangan kronis dari kelenjar pilosebasea yang ditandai adanya bintik merah di kulit. Salah satu bagian tubuh yang kerap ditumbuhi jerawat yakni punggung.

Daftar Harga Pangan 29 April 2024: Beras hingga Telur Ayam Naik

Secara umum, penyebab munculnya jerawat punggung tidak berbeda dengan jerawat di bagian tubuh lain. Jerawat muncul ketika folikel rambut tersumbat oleh sel kulit mati dan minyak alami kulit (sebum).

Kondisi ini tidak perlu dikhawatirkan karena jerawat punggung bisa dihilangkan. Berikut cara mengatasi jerawat di punggung:

6 Tanda Kamu Terkena DBD, Kenali Gejalanya Sejak Dini agar Tidak Makin Fatal

1. Mandi setelah olahraga

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Cara pertama untuk mengatasi atau mencegah terjadinya jerawat di punggung adalah menjaga kebersihan tubuh, terutama setelah berolahraga.

Keringat yang dihasilkan setelah berolahraga berisiko tinggi menyebabkan munculnya jerawat di punggung. Oleh karena itu, sebaiknya segeralah mandi setelah berolahraga.

2. Menjaga kebersihan handuk

Selain menjaga kebersihan kulit dan pakaian, kebersihan handuk juga perlu diperhatikan. Handuk yang jarang dibersihkan akan membuat bakteri menumpuk dan menyebabkan jerawat di punggung. Selalu cuci handuk setidaknya seminggu sekali agar selalu bersih.

Ilustrasi jerawat punggung

Photo :
  • Freepik/freepik

3. Gunakan pakaian yang mudah menyerap keringat dan tidak ketat

Setelah menjaga kebersihan tubuh dan handuk, kamu dianjurkan untuk memakai pakaian yang mudah menyerap keringat agar keringat tidak menyumbat folikel rambut dan memicu jerawat punggung.

Kamu juga disarankan untuk tidak menggunakan pakaian yang terlalu ketat. Pasalnya, hal ini bisa membuat kulit sulit bernapas dan meningkatkan produksi keringat. Keringat yang bercampur dengan minyak alami tubuh akan menyumbat pori-pori yang akhirnya menyebabkan jerawat.

4. Hindari makanan yang memiliki indeks glikemik tinggi

Cara menghilangkan jerawat punggung lainnya adalah dengan menghindari makanan yang tinggi akan indeks glikemik, seperti roti, nasi putih, kentang goreng, minuman bersoda, dan makanan cepat saji.

Mengonsumsi makanan tinggi indeks glikemik dapat merangsang pelepasan hormon insulin di tubuh. Hormon insulin yang meningkat akan memicu produksi sebum dan minyak di kulit. Inilah yang akhirnya memicu munculnya jerawat di punggung.

ilustrasi jerawat

Photo :
  • Freepik/freepik

5. Gunakan krim atau gel topikal

Jika jerawat tak kunjung menghilang, kamu bisa menggunakan beberapa jenis produk yang mengandung benzoil peroksida sebagai cara mengatasi jerawat punggung.

Saat menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung benzoil peroksida, biarkan obat tetap berada di jerawat hingga lima menit sebelum membilasnya.  

Ilustrasi memakai sunscreen

7 Tips Pakai Sunscreen yang Tepat, Dijamin Bisa Hempas Komedo

Salah satu cara untuk merawat kulit agar tetap sehat yakni dengan rutin menggunakan sunscreen, dan tak lupa re-apply sunscreen setiap 2 jam sekali, terutama saat di luar.

img_title
VIVA.co.id
29 April 2024