Kasus ISPA Meningkat Drastis, Lebih dari 10 Ribu Warga Palembang Terpapar

Sesak napas
Sumber :
  • Times of India

PALEMBANG – Kasus warga terpapar Inspeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) di Palembang, Sumatera Selatan, meningkat drastis di musim kemarau ini. Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Palembang, penderita ISPA kini telah menyentuh angka 10.708 kasus per September 2023.

Terpopuler: Sakit yang Diidap Parto sampai Syifa Hadju Pernah Diperingatkan oleh Raffi Ahmad

Jumlah penderita ISPA di Kota Palembang meningkat lebih dari 1.000 kasus dalam satu bulan. Di mana pada bulan Agustus 2023, terdata 9.367 kasus. Scroll untuk informasi selengkapnya.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinkes Palembang, Yudhi Setiawan, menjelaskan 10.708 kasus tersebut terjadi pada September 2023 ini. 

Parto Patrio Rela Nahan Sakit Demi Tepati Janji Liburan Keluarga ke Bali

Rinciannya pada 1 September terdapat 451 kasus, 4 September 622 kasus, 7 September 556 kasus, 11 September 652 kasus, 14 September 546 kasus, 18 September 630 kasus. Terakhir 21 September 572 kasus. 

5 Mitos Tentang Masturbasi, Benarkah Bisa Hilangkan Keperawanan?

Yudhi menuturkan, kasus ISPA di Palembang mencapai ribuan. Setiap bulan terkadang meningkat atau menurun pada kategori usia tertentu. 

"Faktor ISPA meningkat diakibatkan perubahan cuaca (pancaroba), kabut asap, banyak orang dewasa sebagai penular, imunitas anak yang menurun. Sebagian besar penyebabnya di Palembang yakni bakteri dan virus yang masuk ke dalam saluran pernapasan," ujar Yudhi.

Untuk itu, Yudhi mengimbau masyarakat agar selalu memerhatikan kesehatan anak dan orangtua, terlebih polusi udara memburuk. 

"Gunakan masker setiap hari, dan hindari keluar rumah berlebihan terutama anak-anak," tutur Yudhi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya