Chelsea Islan Hingga JFC Bakal Parade di Jalan Protokol Kampanye Peduli Kanker Payudara

Konferensi pers Indonesia Goes Pink 2023.
Sumber :
  • Istimewa

JAKARTA – Lovepink, sebuah organisasi nirlaba yang berfokus pada kegiatan sosialisasi deteksi dini dan pendampingan bagi perempuan dengan kanker payudara, tahun ini kembali dengan kegiatan tahunan yang ketujuh dalam rangka Breast Cancer Awareness Month, yaitu Indonesia Goes Pink (IGP) 2023. Rangkaian kegiatan yang berlangsung sepanjang bulan Oktober 2023 nanti akan mengangkat tema ”Make the Change, Be the Change”. 

Mengenal Penyakit Radang Usus, Bisa Sebabkan Kanker Usus Besar Jika Dibiarkan

“Tema yang diangkat tahun ini merupakan sebuah semangat ajakan kepada seluruh pihak untuk terlibat aktif dalam pergerakan menuju Indonesia bebas kanker payudara stadium lanjut 2030. ‘Make The Change, Be The Change’ adalah seruan untuk membuat perubahan dengan mengingatkan, dan menjadi perubahan dengan melakukan,” papar Dede Gracia, Ketua Pelaksana Indonesia Goes Pink 2023.

Untuk merealisasikan ajakan ini, IGP 2023 akan hadir dengan dua kegiatan utama. Kegiatan yang pertama adalah SHE The Forum, sebuah acara komprehensif dalam satu hari, terdiri dari beberapa kegiatan interaktif dengan fokus pada konsep SHE (Share, Heal, & Empower), yang akan berlangsung pada hari Sabtu, 7 Oktober 2023 di Function Hall A-D Level 2 Plaza Indonesia. Forum ini akan menghadirkan seminar edukatif seputar masa depan pengobatan kanker payudara, metode pemulihan lewat musik, dan kisah inspiratif dari para warriors dan survivors yang merupakan pelaku kreatif di bidang masing-masing.

Jokowi Bersyukur Angka Stunting Turun dari 37 Persen Menjadi 21 Persen

Konferensi pers Indonesia Goes Pink 2023.

Photo :
  • Istimewa

Narasumber yang diundang adalah Dr. Jeffry B. Tenggara, Sp.PD-KHOM (Medical Oncologist), Maya Hasan (Harpist, Actress, Practitioner), dan Merry Riana (Entrepreneur, Investor, Content Creator). Selain itu, ada Gerakan 10.000 USG Payudara Gratis yang diperuntukkan bagi perempuan Indonesia dengan keterbatasan finansial. Lovepink juga memberikan sarana untuk mempromosikan aktivitas bisnis UMKM para warriors dan survivors melalui THE PINK MARKET. Siapapun yang berminat untuk ikut serta dalam SHE The Forum dapat melakukan pembelian tiket di https://bit.ly/SHETheForum . 

Melahirkan Berulang Kali Dapat Menjadi Risiko Kanker Serviks, Benarkah?

Kegiatan kedua adalah PINK CARNIVAL, yaitu kampanye peduli kanker payudara berwujud parade di jalan protokol, sekaligus sebuah perayaan kehidupan bersama para Breast Cancer Warriors & Survivors, dengan mengenakan kostum dan atribut serba pink yang meriah. Acara akan berlangsung pada hari Minggu, 15 Oktober 2023 di Thamrin Lobby Plaza Indonesia.

Acara ini didukung dengan penampilan spesial Jember Fashion Carnaval (JFC) yang memeriahkan parade jalan bersama Chelsea Islan, peserta UI Fashion Week, 2ICONS, dan Reza Andriyanto (L-Men of the Year 2022). Lalu, ada olahraga bareng Riana Bismarak (Founder Geng Gobyos), dan penampilan SADARI dance oleh RDC Dancers. Akan ada door prize menarik dan games berhadiah. Mari ikut ramaikan PINK CARNIVAL, dengan mendaftar langsung ke sini: https://bit.ly/PendaftaranPinkCarnivalIGP2023

Dalam penyelenggaraan IGP 2023, Lovepink mendapatkan dukungan public figure dari berbagai latar belakang, di antaranya Chelsea Islan (Actress & Caregiver),  Bubah Alfian (Make Up Artist, Director Jember Fashion Carnaval), dan Anggi Wirya Diputra (Founder dan Creative Director 2ICONS).

Pemeriksaan USG Payudara Gratis untuk 10.000 Perempuan dengan keterbatasan finansial

Tahun ini Lovepink kembali mengadakan USG Payudara Gratis untuk mendorong peningkatan kesadaran masyarakat melakukan deteksi dini yang dapat mengurangi potensi paparan kanker payudara stadium lanjut. Sampai akhir Agustus  2023, Gerakan 10.000 USG Payudara bekerja sama dengan beberapa rumah sakit, sudah dilakukan di wilayah Padang, Banjarbaru, Jabodetabek, Yogyakarta, Bandung, Jember, Surabaya dan Malang.

Untuk pemeriksaan payudara secara klinis, yang dirujuk berdasarkan data lokasi masing-masing peserta dan telah berlangsung sejak Oktober 2021, sudah menjangkau lebih dari 8200 perempuan. Secara berkala, Lovepink akan meningkatkan target penerima manfaat agar semakin banyak perempuan dengan keterbatasan finansial di Indonesia yang mendapatkan akses untuk melakukan deteksi klinis.

Gerakan ini sejalan dengan WHO Global Breast Cancer Initiative yang bertujuan mengurangi angka kematian  akibat kanker payudara global sebanyak 2,5 persen antara 2020 sampai 2040 dengan melakukan deteksi dini melalui SADARI dan SADANIS (Periksa Payudara secara Klinis), diagnosis tepat waktu, dan manajemen kanker payudara yang menyeluruh. Tahun ini, Plaza Indonesia hadir sebagai Official Venue Indonesia Goes Pink 2023, dan seluruh rangkaian acara juga didukung penuh oleh United Tractors dan Tupperware. 

“Kami menyadari bahwa kesadaran terhadap pentingnya pencegahan kanker payudara tidak cukup dilakukan oleh satu pihak saja. Oleh karena itu, Plaza Indonesia merasa antusias dan bangga menebar semangat bersama Lovepink untuk membuat dan menjadi perubahan melalui Indonesia Goes Pink 2023. Kami percaya, dari rangkaian kegiatan yang berlangsung di Plaza Indonesia ini, mampu mengajak para pengunjung yang berasal dari berbagai kalangan untuk terlibat aktif dalam mewujudkan Indonesia bebas kanker payudara stadium lanjut 2030,” kata Tommy Utomo, PR & Marketing Communication Plaza Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya