Mencukur Bulu Bikin Tumbuh Lebat? Ini Faktanya!

Ilustrasi pria bercukur
Sumber :
  • Pixabay/ Sammy-Sander

VIVA Lifestyle – Banyak orang merasa risih dengan bulu yang tumbuh di area tubuh, seperti wajah, kaki, ketiak dan di sekitar area genital. Cara mudah untuk menghilangkan bulu-bulu tersebut yakni dengan mencukurnya.

5 Mitos Tentang Masturbasi, Benarkah Bisa Hilangkan Keperawanan?

Terkait kegiatan mencukur rambut, sudah lama beredar di masyarakat bahwa mencukur rambut bisa membuatnya menjadi makin lebat. Hingga kini, mitos tersebut masih terus dipercayai oleh beberapa orang.

Lantas benarkah hal tersebut?

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Faktanya, mencukur bulu tidak membuat rambut tumbuh lebih lebat atau tebal. Ini adalah mitos umum yang telah beredar selama bertahun-tahun. Sebab, proses mencukur hanya mempengaruhi bagian luar rambut, tidak mempengaruhi akar atau folikel rambut di bawah kulit.

3 Skincare Ini Jadi Paling Diandalkan oleh Penggunanya

Ketika mencukur, kamu hanya memotong bagian yang terlihat dari rambut di atas kulit. Itu sebabnya rambut yang baru tumbuh terasa lebih tajam dan kasar. Dalam fase ini, kadang kamu akan merasa iritasi, gatal, atau benjolan merah yang menyakitkan.

Jika kamu ingin mencapai efek penampilan rambut yang lebih lebat atau tebal, mencukur tidak akan menjadi metode yang efektif. Sebaliknya, faktor genetik dan hormonal lah yang mempengaruhi pertumbuhan rambut.

Terlalu sering cukur kulit menghitam?

Ilustrasi pria bercukur.

Photo :
  • Pixabay

Selain mitos kalau sering mencukur bikin bulu tambah lebat, ada juga yang percaya sering mencukur bisa membuat ketiak atau bagian tubuh tertentu jadi lebih gelap. 

Lagi-lagi, hal ini hanya mitos belaka. Yang membuat ketiak menghitam bukanlah cukuran, melainkan penumpukan sel kulit mati atau bahan kimia tertentu dari deodorant.

Sehabis mencukur, kamu mungkin melihat warna kulit jadi gelap. Ini sebenarnya disebabkan oleh folikel yang masih ada di bawah permukaan kulitmu. 

Karena tidak ikut dicukur atau dicabut, folikel yang “tersembunyi” ini membuat kulit seolah lebih gelap. Pasalnya, warna kulit kamu sendiri tak bisa menutupi folikel dengan sempurna.

Dampak terlalu sering mencukur bulu

Cawalkot Solo Gibran Rakabuming Cukur Rambut di Pasar Tradisional

Photo :
  • VIVA/ Fajar Sodiq

Setelah mengetahui bahwa sering bercukur tak akan membuat bulu tumbuh lebih lebat atau kulit jadi gelap, bukan berarti kamu bisa sembarangan mencukur.

Terlalu sering mencukur bulu dapat menyebabkan beberapa dampak negatif pada kulit dan rambut. Berikut adalah beberapa bahayanya bagi kulit:

Iritasi Kulit

Mencukur terlalu sering, terutama dengan tekanan atau gerakan kasar, dapat menyebabkan iritasi kulit. Ini dapat muncul dalam bentuk kemerahan, gatal, atau bahkan luka kecil.

Penebalan Akar Rambut yang Terpotong

Meskipun mencukur tidak mempengaruhi pertumbuhan rambut dari akar, terkadang akar rambut yang terpotong dapat terlihat lebih tebal dan kasar saat mereka tumbuh kembali.

Resiko Infeksi

Jika alat cukur tidak bersih atau kulit tidak disiapkan dengan baik sebelum mencukur, ada risiko infeksi bakteri atau jamur.

Manusia Berjenggot

Photo :
  • http://www.onvsoff.com/2014/05/unik-kejuaraan-jenggot-dan-kumis-terbaik-di-dunia/

Rasa gatal

Jika rambut tumbuh kembali, mereka bisa menimbulkan sensasi gatal atau ketidaknyamanan.

Perubahan warna kulit

Mencukur berlebihan dapat menyebabkan perubahan pigmentasi pada kulit, terutama pada orang dengan kulit gelap. Hal ini dapat mengakibatkan bintik-bintik gelap atau hiperpigmentasi.

Risiko ingrown hair

Mencukur terlalu sering dapat meningkatkan risiko rambut tumbuh ke dalam kulit atau ingrown hair, yang bisa menyebabkan benjolan, kemerahan, dan rasa sakit.

Kulit Kering dan Kusam

Jika tidak ada langkah-langkah perawatan kulit yang tepat setelah mencukur, kulit dapat menjadi kering dan kusam.

Ilustrasi masturbasi.

Terpopuler: Mitos Tentang Masturbasi Hingga Tips Memilih Camilan Sehat

Mitos-mitos seputar masturbasi ternyata disukai pembaca. Berita ini pun sukses bertengger di deretan terpopuler, khususnya kanal Lifestyle VIVA. Lalu, ada berita apalagi?

img_title
VIVA.co.id
28 April 2024