Sejarah Hari Jantung Sedunia: Peringatan Penting untuk Kesehatan Jantung

Ilustrasi detak jantung.
Sumber :
  • Pixabay/Inspiredpictures

Jakarta – Setiap tahun pada tanggal 29 September dirayakan sebagai Hari Jantung Sedunia. Hari ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya menjaga kesehatan jantung dan mengedukasi masyarakat tentang risiko penyakit jantung. Namun, apa sebenarnya sejarah dari Hari Jantung Sedunia ini? Scroll ke bawah untuk simak artikel selengkapnya. 

Lebih Dari Sekadar Lezat! Alpukat Ternyata Punya Segudang Manfaat untuk Kesehatan Jantung dan Kulit

Sejarah Singkat

Ilustrasi jantung

Photo :
  • Eat This
9 Karbohidrat yang Sehat dan Aman untuk Penderita Diabetes, Bebas Khawatir Gula Darah Naik!

Sejarah Hari Jantung Sedunia dimulai pada tahun 1999 ketika Federasi Jantung Dunia (World Heart Federation) mengumumkan tanggal 29 September sebagai Hari Jantung Sedunia. Tujuan utama pembentukan Hari Jantung Sedunia adalah memberikan perhatian global pada masalah kesehatan jantung dan pembuluh darah yang semakin mendesak.

Tujuan dan Makna

Zaidul Akbar Ungkap Bahaya Sering Minum Air Dingin: Ginjal Bisa Bermasalah

Ilustrasi jantung.

Photo :
  • Pixabay

Hari Jantung Sedunia bertujuan untuk menciptakan kesadaran tentang berbagai penyakit jantung dan pembuluh darah serta mendorong upaya pencegahan. Selama beberapa dekade terakhir, penyakit jantung dan stroke telah menjadi penyebab utama kematian di seluruh dunia. Oleh karena itu, Hari Jantung Sedunia berfungsi sebagai panggung untuk mengedukasi masyarakat tentang faktor risiko, gejala, dan langkah-langkah pencegahan yang dapat diambil.

Pentingnya Kesadaran dan Pendidikan

Peringatan Hari Jantung Sedunia menjadi momen penting untuk mengingatkan kita semua tentang pentingnya menjaga kesehatan jantung. Kampanye yang dicanangkan pada hari ini mencakup promosi gaya hidup sehat, seperti makan makanan bergizi, berolahraga secara teratur, menghindari merokok, dan mengelola stres. Semua langkah ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Peran Organisasi Kesehatan Dunia

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga memainkan peran penting dalam mempromosikan Hari Jantung Sedunia. WHO menyediakan pedoman dan dukungan untuk kampanye di seluruh dunia yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi angka kematian akibat penyakit kardiovaskular.

Perkembangan Selama Bertahun-tahun

Selama bertahun-tahun, Hari Jantung Sedunia telah mengalami perkembangan dan pertumbuhan yang signifikan. Seperti lebih banyak organisasi kesehatan, pemerintah, dan masyarakat sipil yang terlibat dalam upaya untuk meningkatkan kesadaran tentang kesehatan jantung. Ini mencakup kampanye di berbagai media sosial, penelitian klinis yang lebih baik, serta inovasi dalam pengobatan penyakit jantung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya