Wanita Sering Alami Migrain, Hati-Hati Berisiko Kena Penyakit Mematikan Ini

Ilustrasi sakit kepala/demam.
Sumber :
  • Pexels/Andrea Piacquadio

JAKARTA – Pernah alami sakit kepala berdenyut yang memengaruhi sisi wajah? Jika ya, Anda perlu berhati-hati, sejumlah ilmuwan telah memperingatkan seseorang yang mengalami gejala tersebut atau disebut dengan migrain memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena kondisi kesehatan yang mematikan.

5 Tips Ampuh untuk Hilangkan Lemak Perut yang Bikin Susah Gerak

Kok bisa? Sebuah studi baru yang dipimpin oleh Cecilia Hvitfeldt Fuglsang dari Universitas Aarhus di Denmark menemukan bahwa pria dan wanita yang mengalami sakit kepala migrain juga memiliki peningkatan risiko terkena stroke iskemik. Ini adalah jenis stroke paling umum yang terjadi ketika gumpalan darah menghalangi aliran darah dan oksigen ke otak, menurut NHS, demikian melansir laman The Sun.

Ilustrasi stres/sakit kepala/pusing.

Photo :
  • Freepik/freepik
Berapa Usia Seseorang Dianggap Tua?

Gumpalan darah ini biasanya terbentuk di area di mana arteri telah menyempit atau tersumbat oleh timbunan lemak, dalam proses yang disebut aterosklerosis. Namun penelitian yang diterbitkan dalam jurnal PLOS Medicine juga menunjukkan bahwa, tidak seperti pria, wanita memiliki risiko tambahan terkena serangan jantung atau stroke hemoragik.

Stroke hemoragik juga dikenal sebagai pendarahan otak lebih jarang terjadi dibandingkan stroke iskemik dan disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah di dalam tengkorak dan mengeluarkan darah ke dalam dan sekitar otak. Penyebab utama stroke jenis ini adalah tekanan darah tinggi, yang dapat melemahkan arteri di otak dan membuatnya lebih mudah pecah atau pecah.

Mengenal Dickmorphia, Istilah Bagi Kaum Pria yang Khawatir dengan Ukuran Penis Kecil

Tim tersebut melakukan penelitian nasional terhadap catatan medis Denmark yang dikumpulkan antara tahun 1996 dan 2018, dari individu berusia 18 hingga 60 tahun. Mereka mengidentifikasi 179.680 wanita dan 40.757 pria yang didiagnosis menderita migrain berdasarkan catatan resep obat mereka. Mereka juga membandingkan risiko serangan jantung serta stroke iskemik dan hemoragik. Sebelum usia 60 tahun dengan risiko yang dihadapi oleh masyarakat umum yang tidak menderita migrain.

Temuan menunjukkan pria dan wanita yang mengalami migrain sama-sama memiliki risiko peningkatan stroke iskemik. Namun, perempuan yang menderita migrain juga mempunyai risiko sedikit lebih tinggi terkena serangan jantung dan stroke hemoragik. Dibandingkan dengan laki-laki yang menderita migrain dan masyarakat umum, penulis penelitian menyimpulkan.

Cecilia menjelaskan bahwa migrain dikaitkan dengan peningkatan risiko stroke iskemik yang serupa di kalangan pria dan wanita muda. Namun, migrain mungkin dikaitkan dengan peningkatan risiko infark miokard dan stroke hemoragik hanya pada wanita.

Ilustrasi Migrain, kewalahan, kecewa

Photo :
  • Pixabay/ RobinHiggins

Secara keseluruhan, hasil penelitian menunjukkan bahwa perempuan lebih banyak terkena dampak migrain. Terutama karena kondisi ini sebagian besar didiagnosis pada perempuan, seperti yang dibuktikan oleh catatan medis yang diperiksa para peneliti.

Para peneliti menunjukkan bahwa karena mereka menggunakan catatan resep obat untuk mengidentifikasi pasien dengan migrain. Mereka mungkin melewatkan orang-orang yang tidak dirawat karena kondisi tersebut.

Hal ini mungkin membuat tim meremehkan seberapa besar kontribusi migrain terhadap serangan jantung dan stroke. Karena serangan jantung dan stroke dapat menyebabkan kecacatan seumur hidup atau bahkan kematian. Para peneliti berpendapat bahwa sangat penting untuk mengidentifikasi orang-orang yang berisiko tinggi sehingga mereka dapat menjadi sasaran terapi pencegahan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya